Comscore Tracker

Kamu Akan Mengenal PBB Lebih Dekat dengan Fakta-fakta Singkat Berikut

Kamu pasti sudah sering mendengar United Nations (UN) atau ketika di sekolah, kamu lebih mengenalnya dengan sebutan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB). Memang kalau kamu gak terlalu mengikuti berita politik luar negeri, kamu mungkin hanya mendengar United Nations melalui mata pelajaran sejarah saat di sekolah dan bisa jadi kamu sudah lupa sebagian besar informasi tentangnya.

Kamu Akan Mengenal PBB Lebih Dekat dengan Fakta-fakta Singkat Berikutun.org

Peran PBB sangat penting dalam mempersatukan negara-negara yang tergabung sebagai anggota di dalamnya. Gak jarang kita mendengar konflik antar negara dan semakin terbatasnya sumber daya alam, maka bukan gak mungkin kamu akan melihat lebih banyak lagi konflik antar negara ke depannya.

Kamu Akan Mengenal PBB Lebih Dekat dengan Fakta-fakta Singkat Berikutun.org

Sebelum itu terjadi, yuk mengenal kembali PBB dalam beberapa informasi singkat!

Video kurang dari 2 menit berikut akan membantumu mengenal United Nations dalam beberapa fakta singkat.

Video singkat ini disebarkan ke publik untuk membantu mereka mengenal PBB secara dasarnya terlebih dahulu. Detailnya sebagaimana yang telah kita pelajari pada mata pelajaran sejarah.

Tahun 2015 lalu United Nations berusia 70 tahun.

Kamu Akan Mengenal PBB Lebih Dekat dengan Fakta-fakta Singkat Berikutallianceabroad.com

United Nations didirikan pada tahun 1945 oleh sejumlah 51 negara. Anggotanya menjadi 193 negara ketika Sudan Selatan dimasukkan pada tahun 2011.

Trygve Lie asal Norwegia menjadi sekretaris jenderal PBB yang pertama.

Kamu Akan Mengenal PBB Lebih Dekat dengan Fakta-fakta Singkat Berikutun.org

Sekretaris Jenderal saat ini, Ban Ki-moon, adalah orang kedelapan di posisi tersebut. Ban Ki-moon akan menyelesaikan tugasnya pada tahun 2017.

Hingga saat ini, belum pernah ada wanita yang menempati jajaran atas PBB.

Kamu Akan Mengenal PBB Lebih Dekat dengan Fakta-fakta Singkat Berikutmashable.com

Namun dengan lepasnya jabatan Ban Ki-moon tahun depan, beberapa wanita telah ada dalam kandidat untuk menggantikannya. Ini juga menyesuaikan dengan salah satu isu sosial yang diangkat belakangan ini, yaitu women empowerment.

Baca Juga: Hanya Ada 1% Orang yang Tergolong Pengenal Super di Dunia. Ikut Tesnya di Sini!

Dewan Keamanan PBB melangsungkan pertemuan pertamanya pada tahun 1946.

Kamu Akan Mengenal PBB Lebih Dekat dengan Fakta-fakta Singkat Berikutlowyinterpreter.org

Pertemuan perdana Dewan Keamanan PBB dilakukan dalam jangka waktu setahun dari pertama kali dibentuknya badan tersebut. Dengan anggota yang masih berjumlah 51 negara itu, pertemuan perdana tersebut sudah cukup untuk membentuk kesepakatan-kesepakatan dasar dalam mencapai visi bersama organisasinya.

PBB telah memperjuangkan perdamaian negara seluruh dunia sejak dibentuk, mulai dari El Savador sampai Korea Selatan.

Kamu Akan Mengenal PBB Lebih Dekat dengan Fakta-fakta Singkat Berikutippjournal.wordpress.com

Tugas utama PBB sebagai pemersatu bangsa-bangsa seluruh dunia adalah menjamin perdamaian. Sayangnya perdamaian yang dijamin oleh PBB adalah perdamaian yang ada di negara-negara yang tergabung sebagai anggota saja. Ini karena keputusan suatu negara untuk bergabung atau gak dengan PBB merupakan hak mereka masing-masing.

Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia akhirnya diterapkan pada tahun 1948.

Kamu Akan Mengenal PBB Lebih Dekat dengan Fakta-fakta Singkat Berikutun.org

Dokumen tercetak tersebut menjamin hak asasi manusia (HAM) di seluruh dunia. Sejak adanya peresmian dokumen tersebut, banyak pelanggaran HAM akhirnya terkuak dan ditindak dengan tegas sesuai peraturan yang disepakati.

World Health Organization (WHO) juga dibentuk dan diluncurkan ke publik pada tahun 1948.

Kamu Akan Mengenal PBB Lebih Dekat dengan Fakta-fakta Singkat Berikutblogs.palmer.edu

Sejak saat itu, PBB memonitor dan mengampanyekan kesehatan secara global melalui WHO. Jika ada suatu kondisi penyakit ataupun kelainan yang dianggap cukup berbahaya dan mampu berdampak secara global, WHO akan membantu menangani dan mensosialisasikan cara menghadapinya kepada masyarakat seluruh dunia.

Pada tahun 2015, PBB mulai mengembangkan Tujuan Pembangunan Berkesinambungan.

Kamu Akan Mengenal PBB Lebih Dekat dengan Fakta-fakta Singkat Berikutunas.org.sg

Ada total sebanyak 17 tujuan yang akan PBB capai dalam aktivitasnya selama 25 tahun ke depan di seluruh dunia. PBB memiliki banyak anak organisasi untuk melaksanakan misi-misi tersebut. Sebagaimana visi PBB untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik secara sosial untuk dihuni, anak-anak organisasinya akan mengarahkan segala aktivitasnya menuju ke sana.

Kamu Akan Mengenal PBB Lebih Dekat dengan Fakta-fakta Singkat Berikutbibliotecapleyades.net

Harapan kita semoga semua tujuan PBB terdapai dengan lancar. Semua yang mereka lakukan adalah demi persatuan seluruh dunia. Kita pun bisa membantu mereka dengan mendaftar menjadi relawan atau bekerja di dalamnya. Kalaupun gak bisa, kita bisa mulai beraksi sekecil-kecilnya sesuai tindakan yang akan dilakukan PBB demi dunia.

Baca Juga: 7 Kebijaksanaan yang Harus Dimiliki Semua Umat Beragama Demi Kedamaian

Topic:

Berita Terkini Lainnya