Comscore Tracker

5 Cara yang Harus Dilakukan Saat Bertemu Si Seniman

Jiwa artsy memang beda

Pernahkan kamu memiliki teman seorang seniman atau yang suka sekali dengan seni? Atau bahkan kamu punya gebetan yang jiwanya seni banget? Terkadang memang orang yang memiliki jiwa seni itu memiliki sifat yang agak sedikit berbeda atau bisa dibilang ‘nyentrik’. Iya gak sih? 

Nah, kali ini IDN Times mau kasih tahu tips dan trik untuk membuat momen menyenangkan bersama orang yang berjiwa seni. Apa saja itu? Yuk, scroll ke atas! 

1. Ajak ngobrol kesenian yang dia suka

5 Cara yang Harus Dilakukan Saat Bertemu Si SenimanDua pria yang merasa cocok dengan dunia musik (Pexels/Anna Pou)

Siapa sih yang gak suka kalau kita ngobrolin apa yang orang lain gemari? Boleh deh kamu tanya-tanya ke dia tentang seni yang dia suka. Misalkan tentang lukisan. Kamu bisa tanyakan lukisan seperti apa yang disukai? Apa ada pelukis yang karyanya keren banget akhir-akhir ini? Dan lain sebagainya. 

Atau yang paling umum kamu bisa membuka obrolan yang paling umum dengan menanyakan lagu-lagu yang sedang didengar saat ini. Mulai dari pertanyaan-pertanyaan kecil seperti ini, tentu akan jadi ngobrol yang sangat mengasyikkan. Setidaknya untuk temanmu yang seniman ini.

Baca Juga: 15 Dokumenter tentang Seniman, Seni Murni hingga Kontemporer

2. Paling suka ngobrolin mulai dari hal receh hingga serius

5 Cara yang Harus Dilakukan Saat Bertemu Si SenimanSekelompok pria yang sedang berbincang (Pexels/Helena Lopes)

Nah, salah satu stereotip karakter seorang seniman tuh kadang bisa petakilan atau bahkan serius banget. Kamu bisa tuh mulai obrolan-obrolan kecil-kecil yang di atas tadi, lalu menanggapi hal-hal receh yang ada di sekitarmu.

Lalu setelah ngomongin hal-hal yang gak penting itu, biasanya semakin lama pembicaraan akan membawa di tingkat menengah seperti ngomongin update kehidupan masing-masing. Hingga sampai pada akhirnya tentang bagaimana kelanjutan ekonomi negara ini? Pernah merasakannya? 

3. Main tebak-tebakan dan teka-teki

5 Cara yang Harus Dilakukan Saat Bertemu Si SenimanDua pria yang sedang mencari sebuah kepastian (Pexels/Pavel Danilyuk)

Hal receh itu bisa juga main tebak-tebakan atau teka-teki. Eits, bukan sembarang tebak-tebakan, biasanya kamu dan temanmu yang seniman itu bisa mendapatkan inspirasi baru. 

Kamu bisa main tebak-tebakan yang berbau kesenian. Misalnya nih: “Lukisan apa yang sering banget dandan?”. Jawabannya, “Mongalisah (alias monalisa)”. Hiya. Gimana oke ‘kan? Atau tentang lagu-lagu, “Nasi, nasi apa yang bikin kangen?”. Jawabannya, “When Nasi your face~”. Lumayan ya ‘kan? Kamu pasti lebih banyak punya tebak-tebakan yang lain dan menggelitik perut.    

4. Ajak buat momen seru-seruan? Why not!

5 Cara yang Harus Dilakukan Saat Bertemu Si SenimanSekelompok pria yang sedang bersenang-senang (Pexels/Diva Plavalaguna)

Ya namanya bertemu seniman masa kita gak bikin sesuatu? Mungkin dengan adanya smartphone di era ini sangat membantu kita semua untuk berkreasi. Bisa banget nih kamu buat momen seru-seruan atau karya bareng. 

Misalkan seperti bikin video TikTok dengan menggambar, bikin atau cover lagu, melukis tapi di timelapse, atau bikin prakarya bareng-bareng yang kecil-kecilan seperti origami. Jangan lupa direkam ya! Selain untuk kenang-kenangan bisa juga kamu upload ke akun kamu. Because why not? 

5. Ajak ke tempat baru sambil mencari inspirasi

5 Cara yang Harus Dilakukan Saat Bertemu Si SenimanSeorang pria mencari inspirasi dengan suasana baru (Pexels/Cahyo Rizki Pramudya)

Last but not least, salah satu yang paling seru juga adalah mengajak jalan-jalan mencari inspirasi bersama. Boleh ke tempat-tempat yang artsy, mencoba kedai kopi lokal baru, ke suatu wilayah yang belum didatangi sebelumnya dan lain sebagainya. 

Karena terkadang dengan mengunjungi tempat baru membuat kita bisa mendapatkan inspirasi baru bahkan sebuah kebajikan yang datang begitu saja. Seperti melihat orang lalu lalang di jalan, pedagang kaki lima yang sumringah menjajakan makanannya, hingga dua sejoli yang sedang mesra. 

Kira-kira apa lagi yang bisa dilakukan bersama teman-teman yang seniman? Kamu bisa share di kolom komentar, ya! (WEB)

Baca Juga: Ini 6 Seniman asal Jogja, Siapa Favoritmu?

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya