Comscore Tracker

6 Transportasi Jadul & Unik yang Sempat Eksis di Jakarta

Sekarang keberadaannya semakin langka

Sebelum bus Transjakarta, kereta bandara, atau mungkin LRT, di Jakarta dulu pernah eksis tranportasi-transportasi darat yang unik. Sebagai nostalgia, ini deretan transportasi umum yang sempat beredar di jalanan ibukota.

1. Bemo

6 Transportasi Jadul & Unik yang Sempat Eksis di Jakartawebsta.org

Buat kamu yang mengaku generasi 1990-an, pasti sudah familiar dengan angkutan ini. Yup, bemo adalah kendaraan roda tiga yang sempat hits di era tersebut.

Rilis pada 1960-an, bemo dihadirkan untuk menggantikan becak karena sanggup menempuh jarak lebih jauh. Sayangnya, saat ini, bemo semakin sulit ditemui. Namun, di kawasan Benhil, kabarnya masih ada beberapa unit bemo roda tiga.

2. Bajaj

6 Transportasi Jadul & Unik yang Sempat Eksis di Jakartaimgrumweb.com

Kalo yang ini, generasi milenial juga pasti kenal. Bajaj adalah transportasi umum yang seolah telah menjadi simbol Jakarta, meski ada juga yang mengaspal di Banjarmasin dan Pekanbaru.

Bajaj meluncur ke Indonesia pada dekade 1970-an. Kendaraan ini sangat mirip bemo, baik rodanya yang berjumlah tiga dan suaranya yang berisik. Punya bodi kecil, Bajaj mampu melibas kemacetan. Hingga sekarang, kendaraan ini masih bisa dijumpai di Jakarta.

3. Helicak

6 Transportasi Jadul & Unik yang Sempat Eksis di Jakartaoppositelock.kinja.com

Merupakan akronim dari helikopter dan becak. Pasalnya, desain transportasi ini memang merupakan gabungan dari dua kendaraan tersebut.

Helicak sendiri pernah wara-wiri di jalanan ibukota pada era 1970-an. Saat dirilis pada April 1971, ada sekitar 400 unit helicak, yang memakai mesin dari skuter Lambretta.

Baca Juga: Ini Kecurangan yang Sering Terjadi pada Transportasi Online 

4. Bus Tingkat

6 Transportasi Jadul & Unik yang Sempat Eksis di Jakartainstagub.com/profile/busklasik

Angkutan umum ini pertama kali tersedia di jalanan Indonesia sekitar tahun 1968. Kala itu, selain Jakarta, kota-kota besar yang menyediakan layanan bus tingkat adalah Solo, Semarang, dan Surabaya.

Sempat populer pada tahun 1990-an, sayangnya perlahan bus tingkat semakin jarang ditemui dan hilang dari peredaran. Sekarang, bus tingkat lebih difungsikan sebagai bus wisata, seperti di Bandung dan Solo.

5. Oplet

6 Transportasi Jadul & Unik yang Sempat Eksis di Jakartaimgrumweb.com

Kalo kamu sempat menonton sinetron Si Doel Anak Sekolahan, pasti sudah gak asing lagi dengan kendaraan ini. Yup, oplet adalah transportasi umum yang menjadi usaha babe Si Doel.

Seperti helicak, oplet juga sempat menjamur di jalanan Jakarta pada 1970-an. Hadir dengan warna biru atau merah, bodi opelet dibangun dari bahan kayu, dengan kapasitas sekitar 10 penumpang.

6. Trem Batavia

6 Transportasi Jadul & Unik yang Sempat Eksis di Jakartainsta-stalker.com/profile/potretlawas

Tranpsortasi ini pernah eksis di Jakarta pada awal tahun 1900-an. Kala itu, trem Batavia dikelola langsung oleh Batavia Electrische Tram Maatschappij (BETM).

Seperti namanya, trem ini menggunakan tenaga listrik. Trem Batavia menjadi favorit warga setempat untuk bepergian saat jalanan Jakarta masih belum semacet sekarang. Setelah 59 tahun, trem ini berhenti beroperasi tanpa alasan yang jelas.

Baca Juga: Aturan Baru Transportasi Online, Akankah Menguntungkan Semua?

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya