Comscore Tracker

5 Negara Penghasil Minyak Kepala Sawit Terbesar di Dunia

Indonesia urutan berapa ya?

Minyak kelapa sawit merupakan bahan pokok utama di berbagai belahan dunia, yang terkenal untuk keperluan rumah tangga. Selain itu bahan utama dari minyak goreng ini dapat pula di gunakan untuk keperluan lainnya, seperti biofuel. Di sisi lain, tanaman kelapa sawit tidak dapat tumbuh di sembarang tempat, di mana hanya dapat dibudidayakan di area beriklim tropis saja.

Namun tahukah kamu negara mana saja yang menghasilkan minyak goreng atau kelapa sawit terbesar di dunia. Nah, buat kalian yang pingin tahu apa saja negaranya, maka langsung saja simak beberapa negara pemroduksi minyak kelapa sawit terbesar berikut ini.

1. Nigeria

5 Negara Penghasil Minyak Kepala Sawit Terbesar di Duniamtfc.crenov8.com

Nigeria adalah salah satu produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia yang berada di posisi ke lima. Negara tropis di Afrika ini mampu menghasilkan minyak kelapa sawit hingga sebesar 1.015.000 metric ton pada tahun 2019. Maka dari itu negara di sub sahara Afrika ini juga menjadi pemain besar dalam industri kelapa sawit, dengan mampu mengekspor 600.000 metric ton.

Di samping itu, Nigeria memiliki luas lahan kelapa sawit terbesar ke tiga di dunia yang seluas 2,5 juta hektare. Akan tetapi produksinya hanya mampu berada di urutan ke-5 karena rendahnya produktivitasnya.

2. Kolombia

5 Negara Penghasil Minyak Kepala Sawit Terbesar di Duniatelesurenglish.net

Kolombia juga menjadi pemain besar dalam industri kelapa sawit, di mana negara ini mampu bertengger di posisi ke empat mengungguli Nigeria. Produksi minyak kelapa sawit di Kolombia mampu mencapai 1.680.000 metric ton, dengan tingkat pertumbuhan yang begitu pesat hingga sampai 3.38 persen tiap tahunnya. 

Negara di Amerika Selatan ini menjadi pemrpduksi mintak kelapa sawit terbesar di Benua Amerika, meskipun hanya memiliki luas lahan sebesar 260.000 hektare saja. Selain itu pemerintah setempat juga mendukung peningkatan produksi minyak kelapa sawit usai pemberontak FARC membubarkan diri di tahun 2016.

Baca Juga: 5 Negara dengan Usia Pensiun Termuda di Dunia, Indonesia Termasuk

3. Thailand

5 Negara Penghasil Minyak Kepala Sawit Terbesar di Duniaen.vietnamplus.vn

Pada posisi ketiga terdapat negara Thailand yang menjadi salah satu penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Jumlah produksi negeri Gajah Putih ini mampu mencapai angka 3 juta metric ton, dengan pertumbuhan yang mencapai rata-rata 3,45 persen per tahun. Sedangkan luas lahan perkebunan kelapa sawit di Thailand hanya sebesar 810 ribu hektare. 

Menariknya produksi kelapa sawit yang ada di Thailand berbeda dibandingkan di negara lain, yang mana industri ini dikuasai oleh petani setempat bukan perusahan besar. Meskipun juga tetap berdampak besar terhadap alih guna lahan yang ada di sana.

4. Malaysia

5 Negara Penghasil Minyak Kepala Sawit Terbesar di Duniaasia.nikkei.com

Berikutnya terdapat negara Malaysia yang juga memiliki produksi minyak kelapa sawit terbesar kedua di dunia, yang mampu mencapai angka 21 juta metric ton, tapi pertumbuhan produksinya cukup rendah yang hanya rata-rata 0,96 persen per tahun. Luas lahan perkebunan sawit di Malaysia juga sangat besar yang mencapai 5,35 juta hektare dan menjadi yang terbesar kedua di dunia. 

Meski berada di posisi kedua dan menjadi salah satu pengekspor besar minyak kelapa sawit di seluruh dunia. Ternyata Malaysia juga tidak jauh dari permasalahan lingkungan dan deforestasi yang disebabkan oleh perkebunan kelapa sawit ini. 

5. Indonesia

5 Negara Penghasil Minyak Kepala Sawit Terbesar di Duniastraitstimes.com

Terakhir dan yang paling ditunggu-tunggu adalah yang terbesar, yakni ada Indonesia yang menjadi penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Besaran hasil produksi minyak kelapa sawit di Indonesia mampu mencapai angka 43 juta metric ton pada tahun 2019, pertumbuhan produksinya juga semakin meningkat dari tahun ke tahun yang mencapai 3,61 persen. Sedangkan luas lahan perkebunan kelapa sawit di Indonesia juga jadi yang terluas di seluruh dunia yang seluas 11,75 juta hektare. 

Indonesia juga mengekspor 75 persen dari produksi kelapa sawitnya dan menjadi komoditas utama di negeri ini. Akan tetapi industri kelapa sawit di Indonesia banyak dikuasai oleh pengusaha besar dan terkait erat dengan isu kerusakan lingkungan serta penggundulan hutan pada beberapa area Hutan Hujan Tropis di Indonesia. 

Nah, pastinya kalian sudah tahu kan negara mana saja yang mempunyai produksi minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Bagaimana pandangan kalian tentang produksi kelapa sawit ini?

Baca Juga: IMS 2020: Mari Elka Pastikan Kelapa Sawit Tidak Selalu Negatif

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya