Comscore Tracker

Yakin E-commerce Favoritmu Terbaik di Kelasnya? Cek 5 Kriterianya! 

“Good apps, good service!”

Jakarta, IDN Times  - Setiap kali ada bunyi notifikasi dari smartphone, kamu pasti gercep deh buat buka. Tapi ternyata bukan dari gebetan nih, melainkan dari e-commerce. Kesel gak sih? Eits tergantung juga, siapa tahu notifikasi itu berisi informasi tentang promo hari ini. Wah, bakal tertarik buat klik dong pastinya!

IDN Times yakin, kamu pasti punya e-commerce favorit. Ya, meskipun faktanya aplikasi e-commerce yang kamu install lebih dari satu. Tapi, apakah kamu yakin e-commerce favoritmu itu sudah jadi yang terbaik di kelasnya? Kalau kamu penasaran coba cek dulu yuk kriterianya!

1. E-commerce favoritmu termasuk yang paling direkomendasikan pengguna

Yakin E-commerce Favoritmu Terbaik di Kelasnya? Cek 5 Kriterianya! Shutterstock/Odua Images

Efek dari PSBB, PSBB Transisi dan sekarang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, membuat kamu sebagai konsumen semakin terbiasa berbelanja melalui e-commerce. Tak tinggal diam, e-commerce yang melihat peluang ini langsung ‘gercep’ ambil bagian. 

Buktinya mereka menambah variasi produk yang dijual, seperti bahan makanan, bumbu-bumbu dapur, sampai makanan dan minuman cepat saji. Berdasarkan hasil survei, Tokopedia menduduki urutan pertama, disusul Shopee dan Lazada sebagai platform e-commerce yang paling direkomendasikan para konsumen. Setuju gak nih guys?

2. Sohibnya para UMKM, selalu support mereka nih

Yakin E-commerce Favoritmu Terbaik di Kelasnya? Cek 5 Kriterianya! Shutterstock/Vasin Lee

Banyaknya bisnis yang ‘jatuh’ selama pandemi, berdampak pada nasib karyawan yang terkena PHK. Akibatnya mereka harus memutar otak agar tetap bisa memenuhi kebutuhan. Salah satunya dengan berjualan di e-commerce, sebagai reseller atau membuka bisnis baru.

Beberapa e-commerce menyambut dengan baik para ‘newbie’ yang ingin berjualan di platform mereka. Caranya dengan mengadakan kampanye produk secara offline maupun online, seperti yang dilakukan Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Berdasarkan hasil survei, Tokopedia berhasil menempati urutan pertama yang paling suportif mendukung UMKM lho!

3. Jagoan deh kalau soal promosi!

Yakin E-commerce Favoritmu Terbaik di Kelasnya? Cek 5 Kriterianya! Shutterstock/little star

Kira-kira ada gak sih salah satu orang di bumi ini yang gak suka sama promosi? Kayaknya sih jarang atau hampir gak ada ya. Soalnya, promosi memang salah satu jurus marketing paling ampuh! Coba deh bayangkan, saat kamu menolak sebuah promosi barang. Dijamin auto nyesel kalau gak jadi beli. 

Nah, kalau di e-commerce sendiri, promo flash sale, cashback, free ongkir, dan kampanye tematik dan tanggal cantik biasanya jadi momen yang paling ditunggu ya! Kalau e-commerce sering mengadakan promosi ini, sudah pasti konsumen bakal loyal juga lho. Berdasarkan hasil survei, Shopee menempati urutan pertama disusul dengan Tokopedia dan Lazada, sebagai e-commerce yang paling sering mengadakan program promosi.

4. Kenyamanan visual dan kemudahan penggunaan aplikasi, paling juara!

Yakin E-commerce Favoritmu Terbaik di Kelasnya? Cek 5 Kriterianya! Shutterstock/StudioByTheSea

Bagi penjual dan pembeli, tampilan visual yang nyaman dan mudah digunakan jadi salah satu pertimbangan penting! Soalnya, dengan tampilan visual yang simpel dan bersih membuat konsumen jadi nyaman saat berbelanja. Bayangkan kalau tampilan e-commerce penuh dengan banner, pasti akan bikin mata terganggu.

Hasil survei menyebutkan Tokopedia berada di urutan pertama e-commerce yang dinilai punya tampilan visual terbaik, disusul dengan Bukalapak dan JD.ID. Bahasa keren dalam istilah pemrograman disebut UI dan UX. Nah, dari ketiga e-commerce tersebut, ada gak nih favoritmu?

5. E-commerce yang punya fitur terkeren untuk penjual

Yakin E-commerce Favoritmu Terbaik di Kelasnya? Cek 5 Kriterianya! Shutterstock/sitthiphong

Simbiosis mutualisme antara penjual dan e-commerce memang dibutuhkan ya. Pasalnya, mereka memang ditakdirkan untuk saling melengkapi nih. Seperti kisah hubunganmu sama si dia yang selalu memberikan support satu sama lain. 

Salah satu dukungan yang dilakukan e-commerce untuk para penjual, yaitu dasbor penjual yang canggih dan lengkap untuk mendapatkan wawasan perilaku konsumen. Dalam survei online yang dilakukan IDN Times, para penjual mengaku sangat terbantu dengan dasbor penjual yang mempermudah mereka melakukan analisis nih. Berdasarkan hasil survei, Tokopedia, Shopee, dan Lazada adalah platform e-commerce yang menduduki peringkat tertinggi. 

Setuju gak guys sama lima kriteria best e-commerce di atas? E-commerce favoritmu termasuk yang terbaik gak nih, coba share di kolom komentar yuk! (CSC)

Baca Juga: Rahasia Belanja Online Terkuak! Ini 5 Faktanya 

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya