Comscore Tracker

Orang Berjiwa Kreatif Punya 5 Pemikiran Ini Sebelum Usia 25 Tahun

Ingat, you only live once lho guys!

Hai kamu para generasi Z! Kamu pasti sadar ‘kan, tiap tahun usiamu bakalan terus bertambah. Begitu juga dengan mindset dan kedewasaan bersikap. FYI nih, nanti di usia ke-25 tahun, kamu akan mengalami stage “Life Quarter Crisis” lho.

Di fase ini, pada umumnya kamu akan mengalami berbagai kekhawatiran mulai dari masalah percintaan, relasi, karier, finansial sampai ke kehidupan sosial juga. Makanya, kamu harus aware mulai dari sekarang dan coba mulai lakukan lima aktivitas ini sebelum usia 25 tahun.

Tapi kalau IDN Times boleh tebak, biasanya generasi Z yang dikenal sebagai generasi penuh kreativitas, biasanya punya lima pemikiran berikut ini. Benarkah?

1. Traveling keliling Indonesia

Orang Berjiwa Kreatif Punya 5 Pemikiran Ini Sebelum Usia 25 TahunMillennial sedang traveling (Shutterstock/Gatot Adri)

Kamu wajib bersyukur dan bangga bisa lahir, besar dan tinggal di Indonesia. Berbagai pulau punya point of interest masing-masing. Mulai dari pesona budaya, keindahan pantai, laut, gunung, flora dan fauna. Kalau dikulik pasti gak ada habisnya deh!

Nah, pengalaman berkeliling Indonesia ini bisa kamu mulai dari sekarang. Mumpung masih banyak waktu dan tenaga. Bisa dimulai dengan bertahap kok, misalnya traveling atau backpacker tipis-tips ke kota sekitar tempat tinggalmu. IDN Times yakin, kamu bisa.

2. Eksplorasi hobi, siapa tahu bisa jadi cuan

Orang Berjiwa Kreatif Punya 5 Pemikiran Ini Sebelum Usia 25 TahunSeorang pria sedang bermain warna untuk karya lukisannya (Pexels/cottonbro)

Jangan sepelekan hobi guys, apapun aktivitasnya kalau ditekuni dengan serius bisa jadi hal yang menguntungkan lho! Misalnya, kamu punya hobi main games dan punya skill yang terasah, bukan hal yang mustahil kamu bisa jadi seorang pro player.

Sebagai gambaran, hobi melukis, fotografi, menulis, memasak, bikin ilustrasi, buat barang diy, musik, bikin video, dan lainnya bisa jadi bukti hobi bisa jadi cuan. Apalagi sekarang platform media sosial bisa jadi tools promosi gratis. Yuk, gas bestie!

3. Mencoba experience hal-hal yang baru

Orang Berjiwa Kreatif Punya 5 Pemikiran Ini Sebelum Usia 25 TahunMillennial sedang mencoba virtual reality (Shutterstock/Makistock)

IDN Times yakin kamu pernah dengar dengan quotes “experience is the best teacher”. Meski kalimat ini sederhana, tapi maknanya luar biasa lho. Berbagai pengalaman hal-hal yang baru wajib kamu coba sebelum usia 25 tahun. Agar nantinya, kamu bisa belajar dari berbagai pengalaman untuk bekal di kemudian hari.

Oke, kalau udah yakin mau eksplor hal yang baru, IDN Times bakal challenge kamu buat coba pengalaman nonton music performance di bawah laut atau berenang sambil nikmatin karya seniman Indonesia. Caranya gampang banget, kamu bisa kunjungi “Underwater World”, dunia virtual full 3D pertama di Indonesia.

Yuk, ajak semua bestie-mu buat rasakan pengalaman seru yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Siapa tahu di “Underwater World” ini kamu bisa menemukan banyak inspirasi dari musisi dan seniman Indonesia.

4. Bikin happy orangtua sebelum terlambat

Orang Berjiwa Kreatif Punya 5 Pemikiran Ini Sebelum Usia 25 TahunIlustrasi seorang pria merindukan keluarganya (Pexels/Eren Li)

“Harta yang paling berharga adalah keluarga” potongan lirik dari soundtrack film Keluarga Cemara ini memang benar adanya ya. Tanpa support dari keluarga, mungkin kamu gak bisa seperti sekarang. Meski kamu sering dilarang ini itu atau dimarahi karena hal-hal sepele, percayalah itu semua demi kebaikanmu.

Membalas semua effort orangtua yang sudah merawat dan mendidikmu sejak kecil bisa dilakukan dengan banyak hal. Gak melulu tentang materi, kamu bisa membahagiakan dan membuat mereka bangga dengan prestasi dan pencapaian lho!

5. Perluas dan perbanyak circle pertemanan

Orang Berjiwa Kreatif Punya 5 Pemikiran Ini Sebelum Usia 25 Tahun​​Tiga orang pria sedang berlibur (Pexels/cottonbro)

Bukannya mau menakut-nakuti. Tapi faktanya seiring bertambahnya umur circle pertemanan bakalan menyempit dan sedikit. Hal itu wajar terjadi kok, soalnya waktu yang kamu punya juga makin terbatas. Gak punya banyak waktu buat sekedar nongkrong bareng.

So, selagi masih muda dan punya banyak waktu, kamu bisa perluas circle pertemanan dengan siapa pun ya. Gak ada salahnya menjalin tali silaturahmi dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Semakin banyak teman, semakin banyak hal seru yang bisa terjadi lho.

Perlu kamu ingat, waktu gak bakal bisa terulang lagi. Kalau kamu baca artikel ini sampai habis, yuk mulai bikin plan dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat. Sebelum semuanya terlambat! (WEB)

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti
  • Anastasia Desire
  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya