Comscore Tracker

Sederhana, 6 Cara Agar Bukumu Awet dan Tahan Lama

Bukumu sering jadi sarang serangga ya? Udah saatnya kamu membaca ini

Buku merupakan jendelanya ilmu. Manfaaat sebuah buku tidak akan lekang oleh waktu jika kau dapat menyimpannya lebih lama. Dengan begitu kamu bisa memberikan buku-buku koleksimu ke orang lain atau bahkan sampai ke anak-anakmu kelak ketika kamu telah menikah.

Namun, buku yang kamu punya tidak selamanya bertahan dalam keadaan baik. Terutama jika buku itu terlanjut di makan rayap. Sehingga banyak bagian buku terpotong dan tidak bisa dibaca utuh. Agar buku yang kamu koleksi dapat awet dan tahan lama, sepertinya kamu perlu membaca tips-tips berikut ini.

1. Bersihkan buku dua minggu sekali.

Sederhana, 6 Cara Agar Bukumu Awet dan Tahan Lamasites.google.com

Kamu perlu mengecek kebersihan buku yang bisa saja terpapar debu atau kotoran lain. Bersihkan dengan cara mengelap bagian luar dan beberapa bagian isi buku dengan tisu kering. Cek juga kondisi rak buku kamu apakah ada debu yang menempel atau tidak.

2. Sesekali kamu perlu jemur di terik matahari.

Sederhana, 6 Cara Agar Bukumu Awet dan Tahan Lamapintuilmukami.wordpress.com

Buku-buku memang tidak bisa terhindar dari serangan rayap. Maka dari itu kamu perlu menjemur buku ketika matahari sedang terik-teriknya untuk membasmi rayap yang kemungkinan menempel di sana.

3. Hindari menekuk dan melipat buku.

Sederhana, 6 Cara Agar Bukumu Awet dan Tahan Lamapustakahanan.com

Selain karena buku menjadi tidak enak dipandang, menekuk dan melipat bagian buku bisa menarik bagian kertas. Sehingga lama-kelamaan lem akan terkelupas dan sobek. Kalau hanya ingin menandai halaman, kamu bisa gunakan pembatas halaman yang bisa kamu buat sendiri.

4. Taruhlah kamper di rak buku.

Sederhana, 6 Cara Agar Bukumu Awet dan Tahan Lamaid.aliexpress.com

Jika kamu kurang punya waktu untuk membersihkan buku, bisa gunakan kamper sebagai langkah alternatif menghindari serangga-serangga kecil yang bisa merusak buku koleksimu.

5. Jangan simpan buku di tempat yang lembab.

Sederhana, 6 Cara Agar Bukumu Awet dan Tahan Lamahendriadi.wordpress.com

Tempat yang lembab dapat jadi sarang serangga dan membuat kualitas kertas bukun menurun. Cari tempat yang kira-kira terpapar sinar lampu atau simpan di samping jendela yang kemungkinan terkena sinar matahari. Tapi ingat, jangan terpapar matahari secara langsung untuk menghindari buku menguning dan bergelombang.
 

6. Sebelum memegang buku, pastikan tanganmu bersih.

Sederhana, 6 Cara Agar Bukumu Awet dan Tahan Lamaprelo.co.id

Terkadang kamu tidak sadar kalau sebelumnya tanganmu sudah memegang benda lain yang berpotensi merusak buku. Tangan yang kotor bisa meninggalkan bekas terutama jika tanganmu habis makan gorengan.

Itulah tips simpel yang bisa segera kamu praktikkan. Yuk dicoba! 
 

Daffa Ardhan Photo Verified Writer Daffa Ardhan

Daffa Ardhan adalah Blogger, Freelance Writer dan Kontributor Penulis di IDNTimes.com. anda dapat membaca tulisan lainnya di www.daffaardhan.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You