Comscore Tracker

5 Negara Paling Optimistis di Dunia, Ternyata Indonesia Masuk

Wah patut bangga dong!

Di dunia ini ternyata ada banyak negara yang memiliki indeks optimistis yang cukup tinggi. Dan ternyata tingginya angka optimistis tersebut tidak selalu berbanding lurus dengan kesejahteraan sebuah negara.

Meskipun masih didominasi oleh negara-negara maju, ternyata ada beberapa negara berkembang yang juga memiliki indeks optimisme yang sangat tinggi.

Inilah lima negara dengan tingkat optimistis tertinggi di dunia, mana saja?

1. Australia

5 Negara Paling Optimistis di Dunia, Ternyata Indonesia MasukUnsplash/Dan Freeman

Negeri Kanguru Australia merupakan salah satu negara paling optimis di dunia. Bukan tanpa sebab, mayoritas warga Australia merupakan warga mapan dengan pendapatan dan pendidikan tinggi.

Dalam laman resminya, OECD menjelaskan bahwa Australia menempati urutan atas dalam keterlibatan warga sipil berkaitan dengan kepuasan bernegara, termasuk di dalamnya adalah kepuasan terhadap pemerintah, pendidikan, pendapatan, dan layanan kesehatan.

Rasa optimisme mayoritas warga Australia didasarkan pada fakta bahwa kesejahteraan dalam suatu negara dapat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan seluruh penduduknya.

2. Indonesia

5 Negara Paling Optimistis di Dunia, Ternyata Indonesia MasukUnsplash/Iswanto Arif

Negeri indah dan kaya, Indonesia ternyata masuk dalam daftar negara paling optimistis di dunia. Dengan keanekaragaman budaya, adat, dan kekayaan alamnya, mayoritas warga di negara berpenduduk 269 juta ini bisa menjaga rasa optimisnya dari waktu ke waktu.

Menurut Financial Times, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan jumlah orang kaya terbanyak di Asia, bahkan berada di atas Tiongkok dan Korea Selatan. Namun sebetulnya hal ini bukan satu-satunya bukti tentang rasa optimisme kebanyakan rakyat Indonesia.

Tentu kita juga ingat bahwa Indonesia pernah dinobatkan sebagai negara paling santai di dunia, meskipun beberapa kali negeri ini juga pernah dihantam berbagai macam krisis. Sifat kebanyakan orang Indonesia yang tidak mudah stres inilah yang membuat indeks optimisme di Indonesia juga cukup tinggi.

Baca Juga: 10 Negara Pemilik Bahasa Terbanyak di Dunia, Kebaragaman yang Indah!

3. Uni Emirat Arab

5 Negara Paling Optimistis di Dunia, Ternyata Indonesia MasukUnsplash/Arsalan Cheema

Tentu saja Uni Emirat Arab masuk dalam daftar negara paling optimistis di dunia. Dengan kekayaannya yang luar biasa, ditambah dengan kondisi politik yang cukup stabil, membuat kebanyakan warga Uni Emirat Arab sangat puas dan optimis terhadap masa depannya di kawasan kaya minyak tersebut.

Forbes dalam lamannya menulis bahwa Uni Emirat Arab merupakan sebuah kawasan terkaya di dunia, dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi. Bukan hanya warga asli saja yang memiliki kepuasan dan optimisme tinggi, banyak warga asing yang bekerja di Uni Emirat Arab juga memiliki perasaan yang sama.

4. India

5 Negara Paling Optimistis di Dunia, Ternyata Indonesia MasukUnsplash/Pavan Gupta

Negara berpenduduk lebih dari 1,3 miliar jiwa ini juga merupakan negara dengan mayoritas penduduknya yang memiliki rasa optimisme tinggi. Secara internasional, India diakui sebagai salah satu negara berpengaruh di Asia dan bahkan dunia.

Ada beberapa kota dan kawasan yang miskin dan kumuh terdapat di India. Tingkat kemiskinan di negeri ini juga cukup tinggi, mengakibatkan ketimpangan sosial yang cukup lebar.

Namun ternyata optimisme sebuah negara tidak selalu sejalan dengan tingkat kesejahteraan yang tinggi. Kebanyakan warga India sudah membuktikan bahwa optimisme bisa dibawa di mana saja dan dalam kondisi apa saja.

5. Amerika Serikat

5 Negara Paling Optimistis di Dunia, Ternyata Indonesia MasukUnsplash/Frank Mckenna

Melansir PR Newswire dalam lamannya, ada sebuah studi ilmiah yang memberikan kesimpulan bahwa kebanyakan warga Amerika memiliki sikap optimisme tinggi meskipun berada di tengah kesulitan.

Menurut survei yang pernah dilakukan, sebanyak lebih dari 85 persen warga Amerika memiliki harapan dan optimisme tentang kehidupan mereka di masa yang akan datang.

Dengan adanya kejadian-kejadian buruk yang pernah dialami negara ini, salah satunya krisis ekonomi yang berdampak pada kehidupan personal, nyatanya mayoritas warga Amerika masih optimis dan puas dengan kehidupan di Negeri Paman Sam tersebut.

Itulah lima negara paling optimis di dunia. Semoga artikel ini dapat menginspirasi sekaligus menambah wawasan kamu, ya!

Baca Juga: 7 Negara dengan Tingkat Pengangguran Terendah di Dunia, Mana Saja?

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya