Comscore Tracker

5 Pakaian Ini Terlihat Sama, Tapi Fungsinya Sangat Berbeda

Yuk, belajar tentang kostum-kostum penting di dunia

Dalam dunia sains, kesehatan, dan olahraga biasanya seorang ahli yang terjun di dalamnya dapat mengenakan kostum atau pakaian khusus untuk menunjang kegiatannya.

Banyak di antara kostum dan pakaian tersebut terlihat mirip, namun ternyata memiliki jenis bahan, cara pembuatan, dan fungsi yang sangat berbeda.

Inilah lima kostum atau pakaian khusus yang terlihat mirip, padahal memiliki fungsi yang jauh berbeda. Apa saja ya?

1. Kostum khusus untuk pebalap MotoGP

5 Pakaian Ini Terlihat Sama, Tapi Fungsinya Sangat Berbedamotogp.com

MotoGP adalah olahraga balap motor yang sangat disukai oleh banyak kalangan. Dengan kecepatan mencapai 350 km/jam tentu seorang rider atau pebalap profesional dituntut memiliki stamina dan keahlian yang mumpuni.

Atlet balap motor dalam MotoGp dilengkapi dengan pakaian atau kostum khusus. Seperti ditulis dalam boxrepsol.com, setiap kostum atau pakaian yang digunakan dalam perlombaan memiliki beberapa lapis keamanan, salah satunya airbag yang dapat mengembang dan meminimalisir efek dari benturan.

Bahan yang digunakan juga tahan terhadap panas, sehingga diharapkan akan mengurangi risiko cedera yang diakibatkan oleh paparan panas dari api. Helm yang dipakai oleh atlet dibuat dari bahan khusus yang dapat menahan benturan keras, sehingga risiko cedera kepala dapat dikurangi.

2. Hazmat suit, kostum khusus untuk melindungi diri dari paparan virus dan bakteri

5 Pakaian Ini Terlihat Sama, Tapi Fungsinya Sangat Berbeda3dexport.com

Belakangan ini kamu tentu sering melihat kostum atau pakaian khusus ini bukan? Ya, kostum khusus ini digunakan untuk menangkal virus dan bakteri yang biasanya digunakan oleh ilmuwan, dokter, perawat, dan pihak militer dalam kasus-kasus karantina dan penyebaran wabah.

Hazmat adalah singkatan dari hazardous materials, pakaian ini sudah ada sejak abad ke-16 di mana kostum khusus ini digunakan oleh dokter-dokter yang bertugas di Inggris. Namun bentuk kostum zaman dulu tentunya sangat berbeda dengan kostum antivirus modern.

Laman howitworksdaily.com menjelaskan bahwa hazmat suit lapisan luar dapat melindungi tubuh dari paparan biologis dan kimia. Dilengkapi dengan tabung khusus untuk pernapasan, membuat kostum ini dapat dengan aman digunakan dalam paparan gas beracun.

Baca Juga: Lebih Kalem! Ini Cara Bikin Kain Jumputan Palembang dari Pewarna Alami

3. Kostum khusus pemadam kebakaran

5 Pakaian Ini Terlihat Sama, Tapi Fungsinya Sangat Berbedayankodesign.com

Salah satu pekerjaan atau profesi paling berbahaya di dunia adalah pemadam kebakaran. Selain medan yang berbahaya, pekerja pemadam kebakaran akan berhadapan langsung dengan panasnya api yang bahkan dapat mencapai suhu yang sangat mematikan.

Pakaian khusus atau kostum untuk pemadam kebakaran dibuat sesuai standar keselamatan yang tinggi, minimal bisa menahan panas dalam takaran yang dapat ditoleransi.

Bahkan pihak NASA juga berkontribusi dalam membantu departemen pemadam kebakaran di Amerika untuk membuat kostum khusus yang tahan api. Dengan bobot yang tidak begitu berat, membuat para pemadam dapat bergerak dengan leluasa tanpa mengganggu tugas utama mereka.

4. Kostum khusus atlet balap Formula 1

5 Pakaian Ini Terlihat Sama, Tapi Fungsinya Sangat Berbedaautosport.com

Selain MotoGP ada satu lagi olahraga balap yang sangat digandrungi oleh kebanyakan orang, yakni Formula 1. Sama dengan MotoGP, olahraga ini menuntut seorang pengemudi untuk selalu dalam keadaan bugar dan siap akan segala risikonya.

Itu sebabnya atlet yang terlibat dalam kejuaraan Formula 1 dilengkapi dengan berbagai macam perlengkapan keamanan. Bukan hanya kendaraannya saja yang dibuat secara detail dalam hal keamanan, pakaian mereka juga dibuat sesuai dengan standar keamanan tinggi.

Mulai dari helm, kostum atau baju, sarung tangan, sampai sepatu, semuanya dibuat dengan detail dan tentunya mengurangi risiko cedera yang dialami jika terjadi kecelakaan fatal. Dengan kendaraan canggih dan kostum yang mahal, membuat olahraga ini menjadi salah satu olahraga termahal yang ada di muka bumi.

5. Kostum khusus astronaut

5 Pakaian Ini Terlihat Sama, Tapi Fungsinya Sangat Berbedabusinessinsider.sg

Di antara semua kostum khusus dan canggih yang ada di dunia, mungkin kostum buatan NASA khusus untuk astronaut bisa dikatakan sebagai kostum paling mahal dan canggih yang pernah ada.

NASA dalam laman resminya menjelaskan bahwa kostum luar angkasa terdiri dari banyak bagian penting. Mulai dari lapisan tahan panas, lapisan tahan dingin, ventilasi, bahan yang tahan radiasi, sampai sirkuit untuk komunikasi radio dan komputer.

Kostum astronaut juga dilengkapi dengan beberapa peralatan digital untuk memonitor kondisi kesehatan astronaut. Saat ini bahkan NASA tengah menyiapkan proyek khusus untuk membuat baju atau kostum astronaut yang lebih canggih lagi.

Itulah lima kostum khusus yang terlihat mirip namun memiliki fungsi yang jauh berbeda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu, ya!

Baca Juga: Yuk Cari Tahu 8 Jenis Kerah Kemeja, Biar Gak Salah Kostum

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya