Comscore Tracker

Tahukah Kamu, Harga 5 Rempah-rempah Ini Ada yang Seharga Mobil

Kok mahal amat ya?

Rempah-rempah adalah bahan-bahan dasar yang tersedia di alam bebas, yang biasanya digunakan untuk masakan, bumbu dapur, obat herbal, maupun kosmetik kecantikan. Tentu kita sudah sering melihat dan mengetahui keberadaan rempah-rempah karena negara kita kaya akan rempah.

Namun tahukah kamu jika di dunia ini ternyata ada rempah-rempah yang harganya gak main-main, bahkan bisa setara harga sebuah mobil. Nah, kira-kira apa saja ya?

1. Mahlab

Tahukah Kamu, Harga 5 Rempah-rempah Ini Ada yang Seharga Mobilsavoryspiceshop.com

Mahlab atau mahleb merupakan rempah yang sangat langka. Rempah-rempah mahlab berasal dari biji cherry St Lucie yang hanya bisa tumbuh di Mediterania, Eropa Selatan, sebagian Eropa Timur, dan sebagian Timur Tengah. Mahlab dijual dengan kisaran harga 2 jutaan Rupiah perkilogramnya.

2. Jintan hitam

Tahukah Kamu, Harga 5 Rempah-rempah Ini Ada yang Seharga Mobilthevalueplace.com

Jinten item/jintan hitam biasanya digunakan sebagai bahan dasar atau bumbu memasak di India, Mesir, dan Iran. Dibanding jinten biasa, aroma jintan hitam jauh lebih kuat dan khas. Harganya bisa mencapai Rp1 juta perkilogramnya.

3. Vanilla Madagaskar

Tahukah Kamu, Harga 5 Rempah-rempah Ini Ada yang Seharga Mobilsapiens.org

Vanilla Madagaskar juga merupakan rempah yang berharga tinggi di dunia, apalagi jenis rempah ini terkenal musiman dan hanya tumbuh di Madagaskar, Meksiko, dan beberapa negara Afrika lainnya. Namun hanya Madagaskar lah yang mampu menyuplai vanilla dalam jumlah paling banyak. Harga perkilogramnya bisa mencapai Rp9 juta.

Baca Juga: 4 Rempah Rahasia dalam Masakan Arsik Ikan Mas

4. Long pepper

Tahukah Kamu, Harga 5 Rempah-rempah Ini Ada yang Seharga Mobilworldspice.com

Long pepper sepintas mirip dengan lada hitam, namun aroma dan rasa dari long pepper jauh lebih menyengat. Tanaman rempah ini tumbuh di Nepal dan Pakistan. Harganya bisa mencapai Rp1,2 juta perkilogramnya.

5. Saffron

Tahukah Kamu, Harga 5 Rempah-rempah Ini Ada yang Seharga Mobilhamiast.com

Saffron adalah rempah termahal didunia, harganya bisa mencapai Rp150 juta perkilogramnya. Kenapa bisa begitu mahal? Karena untuk 100-300 gram Saffron dibutuhkan 50.000-70.000 bunga, dan bunga itu hanya diambil menggunakan tangan, tidak boleh menggunakan alat.

Belum lagi proses pengeringannya yang harus ekstra hati-hati. Saffron bukan hanya digunakan sebagai rempah masakan, melainkan juga digunakan untuk bahan parfum-parfum kelas atas.

Nah, gimana, sudah tau kan rempah-rempah yang harganya setara dengan sebuah mobil?

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Saffron Bagi Kecantikan Kulit Wajah, Kamu Sudah Tahu?

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You