Comscore Tracker

7 Kisah Cinta Tokoh Nasional Indonesia Ini Punya Cerita Menarik

Gak melulu happy ending

Sejak jaman dulu hingga saat ini, kisah cinta memang tak pernah usai di bahas. Selalu ada sisi menarik yang dapat diceritakan mengenai kisah percintaan para tokoh. Berikut akan kita bahas 7 kisah singkat percintaan para tokoh nasional Indonesia.

Simak, yuk!

1. Ir. Soekarno

7 Kisah Cinta Tokoh Nasional Indonesia Ini Punya Cerita MenarikHarianSejarah.id/TemanSejarah

Sebagai Presiden pertama Republik Indonesia, Bung Karno memang terkenal memiliki kharisma dan intelektual yang tinggi. Sifat sopan serta hangatnya juga membuat banyak wanita jatuh hati. Ditambah dengan kegemaran beliau melemparkan pujian-pujian bagi para wanita. Terbukti semasa hidupnya beliau tercatat memiliki 9 istri dengan kisah cinta yang berbeda keunikannya masing-masing.

2. Mohammad Hatta

7 Kisah Cinta Tokoh Nasional Indonesia Ini Punya Cerita Menariknasional.kompas.com/Bayugalih

Berbeda dengan kharisma yang dimiliki Sang Presiden dalam kepiawaiannya berpidato, Sang Wakil Presiden ini justru merupakan laki-laki yang pemalu dan tak pandai berpidato. Namun kepintarannya tak dapat diragukan. Sifat dingin dan acuhnya terhadap wanita justru membuat banyak wanita penasaran. Namun beliau memilih untuk tetap melajang hingga usia 40 tahunan.

Beliau memang berikrar tak mau menikah sebelum Indonesia merdeka. Hingga akhirnya, beliau menikahi seorang gadis Bandung setelah Indonesia Merdeka dengan mas kawin sebuah buku hasil pemikirannya yang dituangkan selama beliau dalam masa pembuangan di Boven Digul. Kisah pernikahannya pun terkenal adem ayem dan saling setia dalam suka duka hingga ajal memisahkan.

3. B. J. Habibie

7 Kisah Cinta Tokoh Nasional Indonesia Ini Punya Cerita MenarikRepublika/Yogi Ardhi

Siapa yang tak kenal dengan kisah cinta Habibie & Ainun? Kisah cinta penuh kebahagiaan dan keromantisan itu bahkan sudah diabadikan dalam sebuah film dengan judul yang sama. Kedua orang yang saling mencintai ini harus terpisah oleh ajal yang lebih dulu menjemput sang istri, Ainun. Namun tak lantas melunturkan rasa cinta Habibie terhadap sang Istri yang divonis memiliki penyakit kanker ovarium.

"Walau raga telah terpisah oleh kematian, namun cinta sejati akan selalu abadi di relung hati." Begitu salah satu ungkapan cinta beliau saat kehilangan sang Istri. Beliau bahkan dengan sengaja telah mempersiapkan lahan kosong di sebelah makam sang Istri yang dipersiapkan untuk dirinya kelak.

4. Jendral Soedirman

7 Kisah Cinta Tokoh Nasional Indonesia Ini Punya Cerita Menariksukrisnosantoso.com/sukrisnosantoso

Di tengah hiruk pikuknya perang, ternyata seorang Jendral Soedirman dikenal memiliki kasih yang besar pula terhadap istri dan anak-anaknya. Beliau masih sempat memberikan hadiah kepada istrinya yaitu sebuah bungkusan berisi bedak dan pakaian, serta jepit rambut yang hingga ajalnya masih disimpan oleh sang Istri. Sang istri pun rela menjual segala perhiasan serta harta bendanya demi bekal Sang Panglima Besar di medan peperangan.

Baca Juga: Demi Angkat Sejarah, Nama Jalan Pahlawan di Kota Madiun Bakal Diganti

5. Cut Nyak Meutia

7 Kisah Cinta Tokoh Nasional Indonesia Ini Punya Cerita Menariksyauqiridha.blogspot/syauqiridha

Beliau merupakan salah satu dari sedikit perempuan yang merupakan penyumbang strategi yang ulung saat peperangan melawan penjajah Belanda. Jiwa petarungnya yang sangat kuat akhirnya membawanya pada tiga kisah cinta yang tragis.

Suami pertamanya menyerah dan cenderung bersikap bersahabat terhadap Belanda, sedangkan Cut Meutia sebaliknya, pantang menyerah dan kalah terhadap musuh. Pernikahan atas perjodohan kedua orang tuanya itupun tak bertahan lama karena perbedaan visi misi.

Pernikahan keduanya dengan Teuku Chik Tunong juga harus berakhir tragis. Keduanya benar-benar saling jatuh hati, serta sama-sama memiliki jiwa petarung yang kuat dalam melawan penjajahan. Hingga pada akhirnya Teuku Chik Tunong ditangkap dan mendapat hukuman mati oleh Belanda saat Cut Meutia dalam keadaan hamil tua. Sebelum di eksekusi mati, Teuku Tunong memberikan wasiat kepada Cut Meutia agar melanjutkan jihadnya dalam peperangan dan mau menikah dengan karibnya sendiri, Pang Nanggroe. Atas dasar kesetiaannya terhadap suami, Cut Meutia menerima dan akhirnya menikah dengan Pang Nanggroe. Keduanya kembali berperang melawan penjajahan hingga ajal menjemput.

6. Pierre Tendean

7 Kisah Cinta Tokoh Nasional Indonesia Ini Punya Cerita MenarikYouTube.com/ Fuha Daniah

Kapten Pierre Tendean dikenal memiliki wajah yang tampan, hingga memikat hati banyak gadis. Namun beliau rupanya bukan tipe playboy yang memanfaatkan wajah rupawan demi memikat hati wanita. Beliau benar-benar jatuh hati dan terpikat oleh kelemah lembutan Rukmini, seorang gadis dari Medan.

Ketika menjabat sebagai ajudan Jendral A.H Nasution, Kapten Pierre Tendean memantapkan hatinya untuk melamar sang pujaan hati. Gayung bersambut, setelah melamar Rukmini secara resmi, hari pernikahan telah ditentukan. Namun tragis, kisah cinta tak berujung pada pernikahan. Kapten Pierre Tendean tewas di tangan komplotan Letkol Untung, pada 1 Oktober 1965, sebulan sebelum waktu pernikahannya. Rukmini, si calon istripun sempat terguncang hebat mendengar calon suaminya terbunuh. Butuh waktu cukup lama baginya untuk mengikhlaskan dan bangkit kembali.

7. Tan Malaka

7 Kisah Cinta Tokoh Nasional Indonesia Ini Punya Cerita Menarikhistoria.id/historia

Kisah percintaannya tak berujung pada pelaminan. Hingga akhir hayatnya beliau tetap melajang. Menurut kisah yang berkembang, saat remaja beliau pernah jatuh hati pada seorang gadis teman sekelasnya. Namun cintanya kandas ketika beliau dihadapkan pada dua pilihan antara dinobatkan sebagai Datuk atau menikahi gadis pilihan orang tuanya. Beliau memilih yang pertama dan melanjutkan sekolahnya ke Belanda.

Perpisahan dengan si gadis pujaan harus terjadi hingga berakhir pada kabar pernikahan si gadis dengan lelaki lain. Sejak itu, beliau memilih untuk hidup melajang. Meskipun sempat beberapa kali beliau memiliki hubungan dengan beberapa gadis, namun tak ada yang berujung pada pernikahan. Kegiatan politik jauh lebih menyita perhatiannya daripada hubungan asmara. Hingga pada akhirnya Tan Malaka tewas di ujung senapan tentara Indonesia.

Itu tadi kisah-kisah percintaan tokoh nasional di Indonesia. Menarik, ya?

Selain punya sisi romantis, nyatanya ada pula yang harus berakhir dengan tragis. Bagaimana dengan kisah cintamu?

Baca Juga: Bagaikan Pahlawan Pangan, Ini Kisah Generasi Milenial di Bali

Dewi Yulia Photo Writer Dewi Yulia

IG/Twitter ~ @dewiiy_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya