Comscore Tracker

Hati-hati! Ini 13 Risiko Berbahaya yang Bisa Dialami Sama Kamu Para Pekerja Kantoran!

Yang terakhir sih paling serem!

Kalau bekerja di depan komputer selama sejam atau dua jam mungkin gak masalah ya. Tapi buat kamu yang bekerja di depan komputer selama delapan jam atau lebih, harus paham banget sama beberapa penyakit ini.

1. Nyeri punggung bawah.

Hati-hati! Ini 13 Risiko Berbahaya yang Bisa Dialami Sama Kamu Para Pekerja Kantoran!Sumber Gambar: herbaneka.com

Menurut sebuah penelitian, nyeri punggung merupakan alasan utama para karyawan untuk mangkir dari pekerjaan. Duduk selama delapan jam dengan posisi yang salah dapat membahayakan kesehatan. Posisi duduk yang benar adalah duduk dengan membagi beban berat tubuh sehingga tidak hanya bertumpu pada pinggang.

2. Memicu Penyakit Jantung.

Hati-hati! Ini 13 Risiko Berbahaya yang Bisa Dialami Sama Kamu Para Pekerja Kantoran!Sumber Gambar: mayoclinic.org

Salah satu pemicu menumpuknya kolesterol di dalam darah yang menyebabkan penyakit jantung adalah memiliki gaya hidup salah, yaitu kebiasaan hidup seseorang jarang beraktivitas fisik atau berolahraga. Walaupun kamu duduk selama delapan jam sehari, sempatkan olahraga ya. Supaya jantungmu tetap sehat.

3. Penyakit diabetes.

Hati-hati! Ini 13 Risiko Berbahaya yang Bisa Dialami Sama Kamu Para Pekerja Kantoran!Sumber Gambar: egginfo.co.uk

Penyakit diabetes berpeluang diderita oleh orang yang sering duduk di atas delapan jam setiap harinya. Bahkan, sekalipun Anda membiasakan diri dengan aktif berolahraga selama minimal 30 menit tiap hari, kemudian masih duduk selama berjam-jam dalam tiap harinya, resiko terjangkit penyakit ini tetap tinggi.

4. Sindrom karpal tunel.

Hati-hati! Ini 13 Risiko Berbahaya yang Bisa Dialami Sama Kamu Para Pekerja Kantoran!Sumber Gambar: athletico.com

Gejala sindrom ini adalah nyeri, rasa kesemutan, serta sakit di jari tangan. Gangguan ini bisa timbul karena penekanan mekanis yang berulang dan ritmis, seperti mengetik. Untuk mencegahnya, lakukan peregangan ringan untuk mengendurkan tegangan di pergelangan tangan.

5. Nyeri pada panggul.

Hati-hati! Ini 13 Risiko Berbahaya yang Bisa Dialami Sama Kamu Para Pekerja Kantoran!Sumber Gambar: aksi.teruslah.com

Bagi yang punya dompet tebal, jangan bangga dulu. Jangan biasanya menyimpan dompet di saku belakang selama kamu duduk dan bekerja. Itu bisa memberikan tekanan terhadap saraf panggul kamu.

6. Masalah pada sendi.

Hati-hati! Ini 13 Risiko Berbahaya yang Bisa Dialami Sama Kamu Para Pekerja Kantoran!Sumber Gambar: planetsehat.com

Tubuh manusia diciptakan untuk bergerak. Kalau kamu hanya duduk dan tidak menggerakkan sendi selama delapan jam maka sendi akan tegang. Karena itu, secara teratur berdiri dan berjalan-jalanlah di sela waktu kerja.

7. Mata lelah.

Hati-hati! Ini 13 Risiko Berbahaya yang Bisa Dialami Sama Kamu Para Pekerja Kantoran!Sumber Gambar: ahlinyaobatherbal.com

Menatap layar komputer terlalu lama bisa membuat penglihatan terganggu dan mata sensitif. Menurut Mayo Clinic, gejala-gejala seperti mata kering, berair, sakit kepala, atau sakit leher, bisa digolongkan sebagai gejala mata lelah (eyestrain). Untuk mencegahnya, besarkan ukuran huruf di layar komputer sehingga Anda tidak perlu terlalu sering berkedip. Selain itu, kurangi pancaran sinar dari layar komputer dan istirahatkan mata secara berkala dengan cara menatap ke arah lain.

8. Bakteri di meja kerja.

Hati-hati! Ini 13 Risiko Berbahaya yang Bisa Dialami Sama Kamu Para Pekerja Kantoran!Sumber Gambar: imaniadesain.com

Nah, buat kamu yang meja kerjanya udah kayak peti harta karun, coba deh mulai rutin dibersihin. Dibongkar lagi fosil-fosil yang gak berguna, misal sisa makanan, paperclip yang udah karatan itu bisa jadi pemicu lahirnya bakteri. Kata ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona, Dr Charles Gerba, meja kerja dalam hal kandungan bakterinya, ternyata lebih banyak dan lebih kotor dibanding toilet.

9. Situasi stres.

Hati-hati! Ini 13 Risiko Berbahaya yang Bisa Dialami Sama Kamu Para Pekerja Kantoran!Sumber Gambar: 43rdmedical.com

Satu dari enam pekerja di Amerika mengatakan, rasa kesal dan marah di kantor bisa menimbulkan dampak buruk. Sekitar dua atau tiga persen mengatakan, mereka pernah menampar atau memukul rekan kerjanya. Selain itu, 22 persen pekerja mengaku pernah menangis akibat rasa stres di tempat kerja. Waw, jangan sampai hal ini terjadi padamu ya. Setelah delapan jam bekerja, usahakan tetap bahagia sepulang bekerja ya guys.

10. Meningkatkan obesitas.

Hati-hati! Ini 13 Risiko Berbahaya yang Bisa Dialami Sama Kamu Para Pekerja Kantoran!Sumber Gambar: kumpulan.info

Tidak banyak gerak, berlama-lama duduk, menurut sejumlah pakar gizi dapat menyebabkan obesitas, atau kerap disebut dengan penyakit kegemukan. Dalam beberapa jurnal kesehatan, disebutkan bahwa duduklah dengan porsi yang cukup, yakni maksimal 1,5 jam dan kemudian diselingi dengan waktu berdiri atau bergerak yang agak lama.

11. Kolesterol tinggi.

Hati-hati! Ini 13 Risiko Berbahaya yang Bisa Dialami Sama Kamu Para Pekerja Kantoran!Sumber Gambar: paleoaholic.com

Setelah satu tahun duduk di tempat kerja, kamu pelan-pelan bisa mengalami kolesterol tinggi. Duduk dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan dalam fungsi metabolisme yang mengakibatkan peningkatan kadar trigliserida plasma, menolak kadar high density lipoprotein kolesterol.

12. Kerusakan saraf.

Hati-hati! Ini 13 Risiko Berbahaya yang Bisa Dialami Sama Kamu Para Pekerja Kantoran!Sumber Gambar: stopnervepainfast.com

Neuropati juga bisa disebabkan karena gaya hidup yang tak aktif dan berada pada posisi yang sama dalam waktu berjam-jam. Jangan sampai kamu tidak mengubah posisi duduk selama delapan jam ya guys. Kamu kan masih sayang sama urat-urat saraf kamu.

13. Kematian dini.

Hati-hati! Ini 13 Risiko Berbahaya yang Bisa Dialami Sama Kamu Para Pekerja Kantoran!Sumber Gambar: dornob.com

Secara gamblang, sebuah hasil penelitian di Kanada menyebutkan bahwa mereka yang memiliki kebiasaan duduk lama (lebih dari 23 jam seminggu) memiliki resiko kematian 63 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang duduk kurang dari 11 jam per minggunya.

Hal sepele ini tapi berdampak besar. Buat kamu yang kerjaannya menuntut untuk duduk selama delapan jam atau bahkan lebih, kamu harus rajin-rajin olahraga. Sempatkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan kecil selama berkerja yang dapat membuat otak dan ototmu menjadi sedikit rileks. Stay health yaaa..

Topic:

Just For You