Comscore Tracker

Bangga! Ini 9 Prestasi Indonesia Sepanjang Tahun 2017

#REPLAY2017 Semoga tahun depan banjir prestasi lagi!

Penghujung tahun 2017 sudah di depan mata. Sebelum buru-buru berpindah ke tahun yang baru, sudahkah kalian tahu deretan prestasi putra putri Indonesia di kancah dunia sepanjang tahun 2017? Indonesia tidak hanya menyabet gelar juara di satu ajang kompetisi lho, melainkan berbagai kompetisi tingkat internasional. Yuk, kita intip satu persatu!

1. Ajang Miss International 2017.

Bangga! Ini 9 Prestasi Indonesia Sepanjang Tahun 2017http://kabarsiar.id/

Sungguh prestasi yang membanggakan! Kevin Liliana, perwakilan Indonesia dalam ajang Miss International 2017 dinobatkan sebagai pemenang menggantikan Miss International 2016, Kylie Verzosa. Kevin berhasil mengalahkan tujuh puluh kontestan dari berbagai negara dan membawa pulang prestasi kemenangan pertama bagi Indonesia di ajang kecantikan ini.

Selain menjadi juara pertama, Kevin juga menyabet penghargaan Miss Best Dresser berkat gaun rancangan desainer kondang Ivan Gunawan.

2. Kompetisi Video Pariwisata UNWTO 2017.

https://www.youtube.com/embed/O4yc069cPiw

Keren, kan videonya? Video ini adalah pemenang kompetisi video pariwisata UNWTO (United Nations World Tourism Organization) 2017 yang dihelat di Tiongkok pada September 2017 lalu. Video perwakilan Indonesia ini berhasil menjadi juara mengalahkan 63 video dari berbagai negara. Kemenangan ini juga yang pertama, lho bagi Indonesia.

Video pariwisata Wonderful Indonesia yang berjudul "The Journey of a Wonderful World" juga memenangkan dua kategori sekaligus. Yaitu Winner UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan People's Choice Award 2017. Sudah jelas, kan kalau video ini memang berkualitas dengan terpilihnya video ini sebagai yang terbaik versi dewan juri dan kalangan publik melalui sistem vote.

Video ini menampilkan indahnya pariwisata Indonesia yang diwakili oleh Yogyakarta, Bali, Lombok, Jakarta, Toraja, Raja Ampat, serta Wakatobi. Suara Louis Amstrong dalam lagu "What a Wonderful World" semakin menciptakan efek magis dalam video yang berdurasi sekitar tiga menit ini.

Semoga kemenangan ini dapat semakin meningkatkan kualitas pariwisata Indonesia ya, guys!

3. Ajang Miss Grand International 2017.

Bangga! Ini 9 Prestasi Indonesia Sepanjang Tahun 2017http://infobudayaindonesia.com/

Itu baju asli lho, bukan sekedar lukisan! Baju inilah yang menghantarkan Dea Rizkita menyabet penghargaan Best National Costume di ajang bergengsi Miss Grand International 2017 di Vietnam November lalu. Kostum perwakilan Indonesia ini berhasil mengalahkan kesembilan kontestan lain termasuk negara tuan rumah.

Kostum yang sangat artistik ini adalah karya Maya Ratih Couture yang berkolaborasi dengan Morphacio Body Art. Tidak tanggung-tanggung, berat kostum yang dikenakan oleh Dea ini mencapai 27 kilogram! Desain cantik gaun ini juga mengandung makna tersendiri.

Warna biru laut yang mendominasi sengaja dipilih untuk melambangkan Indonesia sebagai negara Maritim. Lima kristal biru pada lingkaran menggambarkan lima sila dasar negara Indonesia. Gaun ini juga sengaja dibuat dengan menggunakan lima kain tekstil khas nusantara yang berbeda lho untuk menggambarkan keragaman budaya Indonesia.

Ternyata bobot nilai yang terkandung memang setara, ya dengan bobot gaun yang harus ditopang Dea selama perhelatan?

4. Lomba Tembak ASEAN Army Rifle Meet (AARM) ke-27.

Bangga! Ini 9 Prestasi Indonesia Sepanjang Tahun 2017https://tniad.mil.id/

Dunia militer Indonesia juga berhasil mempersembahkan prestasi yang membanggakan, lho pada bulan November lalu. TNI AD berhasil menjadi juara umum dalam lomba tembak ASEAN Army Rifle Meet (AARM) ke-27 yang diselenggarakan di Singapura dengan perolehan 9 trofi, 31 medali emas, 10 medali perak, dan 10 medali perunggu.

Kontingen Indonesia yang totalnya berjumlah 62 orang berhasil mengalahkan sembilan peserta lain yang merupakan negara-negara ASEAN. Selain membuktikan kualitas para prajurit militer Indonesia, kemenangan ini juga sekaligus membuktikan kualitas industri persenjataan Indonesia yang dikelola oleh PT. Pindad.

Pendidikan yang keras dan super disiplin memang tidak pernah sia-sia ya, guys!

5. International Open Memory Championship 2017.

Bangga! Ini 9 Prestasi Indonesia Sepanjang Tahun 2017https://i0.wp.com/

Siapa yang paling tidak suka pelajaran hafalan? Eits! Jangan buru-buru benci ya, karena ternyada ada lho kejuaraan hafalan tingkat internasional. Seperti yang dihelat di Kuala Lumpur, Malaysia pada Juli 2017 lalu. Kompetisi daya ingat ini menjadi ajang bagi kontingen Indonesia untuk mengukir prestasi membanggakan sebagai juara umum dengan total perolehan 29 medali dengan rincian enam medali emas, dua belas medali perak, dan sembilan medali perunggu.

Untuk kategori anak, juara pertama dan kedua diraih oleh Rania Azzahra (12 tahun) dan Aulia Nadia (11 tahun) yang masing-masing berasal dari Tolitoli dan Tangerang. Lebih hebat lagi, pada kategori remaja, Indonesia menyabet tiga juara sekaligus dengan urutan juara Shafa Annisa (13 tahun), Fakhri Shafly (17 tahun), dan Aisha Nadine (13 tahun) dari Yogyakarta, Jakarta, dan Tangerang.

Juara hafalan yang diraih dalam perlombaan ini tidak main-main lho! Para peserta benar-benar mampu mengingat hal-hal seperti 220 gambar acak, 208 urutan angka, 43 wajah dan nama, dan 71 urutan kata acak dalam waktu 5 menit saja.

Sepertinya ujian biologi atau sejarah tidak akan lagi jadi hal yang sulit ya, guys saat daya ingat sudah terlatih sehebat itu.

6. Musica Eterna Roma International Festival & Competition 2017.

Bangga! Ini 9 Prestasi Indonesia Sepanjang Tahun 2017https://kompas.id/

Kalian para pecinta dunia tarik suara kategori paduan suara mungkin sudah tidak asing dengan nama The Resonanz Children’s Choir (TRCC). TRCC merupakan kelompok paduan suara anak asal Jakarta yang memang kerap bergaung namanya berkat berbagai perolehan prestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

Salah satu prestasi mereka yang membanggakan adalah perolehan juara umum dalam kompetisi paduan suara international Musica Eterna Roma International Festival & Competition 2017. Lomba paduan suara yang dihelat di Italia pada Juli 2017 lalu juga menobatkan TRCC sebagai juara dalam kategori Children's Choir dan kategori Gospel and Spirituals. Anak-anak dalam tim TRCC berhasil menjadi juara dan mengalahkan kontestas dari dua belas negara lain, lho.

Kecil-kecil cabe rawit ya?

7. Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCSHRC).

Bangga! Ini 9 Prestasi Indonesia Sepanjang Tahun 2017https://obs.line-scdn.net/

Geser sedikit dari bidang seni, sekarang kita intip dunia robotik. Indonesia juga punya lho prestasi di bidang robotik, yaitu sebagai juara umum dalam Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest yang berlangsung April 2017 lalu di Trinity College, Hartford, Amerika Serikat (AS). Tim indonesia diwakili oleh para mahasiswa Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Masing-masing tim menorehkan prestasi yang berbeda. Tim PENS berhasil menyabet tiga juara sekaligus dalam kategori robot pemadam api beroda serta meraih posisi ketiga dalam kategori robot pemadam api berkaki. Sedangkan tim UMM berhasil menyabet juara satu dan dua kategori robot pemadam api berkaki dan jawara poster terbaik. Luar biasa! Indonesia benar-benar menyabet keseluruhan tiga juara dalam dua kategori robot pemadam api!

Jadi, sekarang percaya kan kalau bukan hanya Jepang yang jago dalam dunia robotik?

8. Po Leung Kuk 20th Primary Mathematics World Contest (PMWC).

Bangga! Ini 9 Prestasi Indonesia Sepanjang Tahun 2017http://www.voa-islam.com/

Duh, gemasnya! Sudah imut, jago matematika pula! Adek-adek ini adalah para jawara ketiga dalam kejuaraan internasional matematika Po Leung Kuk 20th Primary Mathematics World Contest lho. Tim perwakilan Indonesia ini berisikan empat orang anggota, yaitu Luthfi Bima Putra, Aditya Ilham Khairullah Seger, Haidar Prayata Wirasana, dan Axel Giovanni Hartanto.

Meski hanya menduduki peringkat ketiga pada kompetisi yang berlangsung pada Juli 2017 lalu di Hongkong, tim Indonesia bersaing dengan tim negara-negara maju lain seperti Amerika dan Cina. Dan lebih hebatnya lagi, kompetisi matematika ini adalah kompetisi untuk siswa setingkat sekolah dasar! Hebat ya prestasi mereka di usia semuda itu.

9. Deloitte SEA Tax Challenge 2017.

Bangga! Ini 9 Prestasi Indonesia Sepanjang Tahun 2017https://ugm.ac.id/

Jangan terkejut, pajak juga ada ajang kompetisinya lho. Salah satunya adalah ajang Deloitte SEA Tax Challenge yang berlangsung pada Februari 2017 lalu di Singapura. Indonesia juga termasuk dalam peserta lomba ajang internasional ini dengan perwakilan dari mahasiswa Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Tak tanggung-tanggung, Wikan Karis Basutama sang perwakilan Indonesia langsung berhasil meraih juara pertama dan mendapat hadiah senilai seribu dolar Amerika. Dalam Deloitte SEA Tax Challenge ini, kemampuan perpajakan para peserta diuji dengan pemberian kasus perpajakan untuk diselesaikan dalam waktu 90 menit.

Tidak berhenti sampai disitu, peserta juga harus mempresentasikan materinya dan menjawab pertanyaan para dewan juri. Prestasi juara satu yang diraih Wikan ia peroleh dengan menyisihkan tiga finalis lain yang masing-masing berasal dari Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Nah, sekarang jadi lebih tahu, kan betapa hebatnya putra putri Indonesia lewat segudang prestasinya? Semoga kalian jadi salah satu dari mereka di tahun 2018 mendatang, ya!

Dian Lestari Wilianingtyas Photo Community Writer Dian Lestari Wilianingtyas

Numpang nulis buat lepas penat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You