Comscore Tracker

Unik! Inilah 7 Sebutan Terasi di Negara Asia Lainnya

Sudah tahu belum?

Doyan banget makan sambal terasi? Atau sering menambahkan terasi di beberapa masakan agar cita rasanya lebih lezat? Ternyata, bukan cuma Indonesia saja lho yang punya terasi.

Bahan makanan yang terbuat dari fermentasi udang, ikan dan kadang ditambah sayuran ini, populer juga di beberapa negara Asia lainnya. Ada yang wujudnya mirip, dan ada juga yang berbeda jauh tapi sama dari segi pembuatannya.

Penasaran apa sebutan lain terasi di 7 negara Asia ini? Mari simak satu per satu.

1. Sidol (Bangladesh).

Unik! Inilah 7 Sebutan Terasi di Negara Asia Lainnyawikipedia.org

Di Bangladesh ada beberapa sebutan berbeda untuk pasta udang alias terasi. Masyarakat di sekitar Perbukitan Chittagong, Bangladesh menyebut pasta udang ini sebagai Sidol. Tapi warga di daerah Jumma, memberi sebutan Nappi untuk makanan berupa kari rebung yang dimasak dengan terasi.

2. Kapi (Thailand).

Unik! Inilah 7 Sebutan Terasi di Negara Asia Lainnyashesimmers.com

Masakan Asia memang banyak yang berbahan dasar makanan laut, atau olahan setengah jadi seperti terasi. Tak terkecuali Thailand yang menyebut terasi dengan sebutan Kapi. Terasi Thailand ini berwarna lebih muda dan pucat. Biasanya dicampurkan dalam sambal untuk dimakan bersama sayuran kukus, makarel, atau pada tumisan daging.

3. Belacan (Malaysia).

Unik! Inilah 7 Sebutan Terasi di Negara Asia Lainnyaseriouseats.com

Kalau nama yang satu ini pasti tidka terlalu asing di telingan kita. Masakan yang menggunakan belacan di Indonesia cukup mudah ditemukan, salah satu yang populer adalah Tumis Kangkung Belacan. Di Malaysia, terasi disebut sebagai belacan. Penggunaannya pun tak berbeda jauh dengan Indonesia, dicampurkan dalam sambal atau beberapa masakan tertentu.

4. Mam Ruoc (Vietnam).

Unik! Inilah 7 Sebutan Terasi di Negara Asia Lainnyatholovesfood.wordpress.com

Vietnam juga memiliki bahan makanan berupa pasta udang yang disebut Mam Ruoc. Ada juga yang menyebutnya dengan Mam Tom dan Mam Tep, tergantung dari jenis udang yang digunakan sebagai bahan dasar. Mam Ruoc biasanya dibuat sambal untuk cocolan buah dan sayur segar, atau makanan lain. Bisa juga dicampurkan dalam masakan.

5. Saewoo Jeot (Korea).

Unik! Inilah 7 Sebutan Terasi di Negara Asia Lainnyamaangchi.com

Meski bentuknya sangat jauh berbeda, Saewoo Jeot asli Korea dibuat dengan cara menyerupai terasi. Saewoo Jeot dibuat melalui proses fermentasi udang rebon dengan garam. Hasilnya berupa asinan udang yang biasanya disantap bersama sayuran rebus atau dicampurkan dalam masakan. Korea memang terkenal dengan beberapa bahan makanan yang dibuat asinan, seperti kimchi yang merupakan asinan sayuran.

6. Bagoong Alamang (Filipina).

Unik! Inilah 7 Sebutan Terasi di Negara Asia Lainnyabigbag.com

Di Filipina, terasi justru digunakan sebagai teman makan mangga muda. Terasi Filipina bernama Bagoong Alamang yang dibuat dari campuran udang segar dan garam, sehingga warnanya cenderung merah muda. Selain dijadikan cocolan untuk mangga muda, bagoong alamang juga dicampurkan pada pembuatan Kare-kare, sejenis sop buntut yang dicampuri kacang.

7. Ngapi (Myanmar).

Unik! Inilah 7 Sebutan Terasi di Negara Asia Lainnyapinterest.com

Tak berbeda jauh dari negara tetangganya, Thailand, Myanmar menyebut terasi di sana dengan Ngapi. Atau ada juga yang menyebutnya sebagai Ngapi Yay. Terasi Myanmar ini warnanya hijau keabu-abuan dan teksturnya kental. Pembuatannya berbeda dengan di Indonesia, di Myanmar ngapi yay dibuat dengan merebus ikan atau udang bersama bawang, tomat, merica, dan rempah lainnya. Hasilnya jadi seperti sambal cocol.

Bagi warga kelas bawah di Burma, ngapi yay menjadi sumber protein yang wajib ada di meja makan. Aneka sayur dan buah segar dicocolkan ke dalam ngapi yay lalu disantap. Sepertinya lezat, ya?

Nah, sebagai pecinta terasi, kalian patut bangga dengan bahan makanan yang satu ini. Meski di Indonesia terasi sering disebut sebagai makanan murahan dan kampungan, rasanya justru sangat lezat lho! Tuh, lihat negara lain saja punya terasinya masing-masing.

Arthasalina Photo Verified Writer Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya