Comscore Tracker

Gunakan 6 Pengganti Sedotan Plastik Ini untuk Bumi yang Lebih Baik

Sayangi lingkunganmu, tinggalkan sedotan plastik

Gerakan #NoStrawMovement semakin gencar di berbagai negara. Seattle adalah salah satu kota di US yang sudah memberlakukan pelarangan penggunaan sedotan plastik sejak bulan Juli 2008. Gerakan serupa juga diikuti oleh perusahaan lain seperti McDonald's dan Starbucks. McDonald's di Irlandia dan Inggris pada September tahun ini sudah tidak menggunakan sedotan plastik pada produk minumannya. Sedangkan Starbucks akan menghentikan penggunaan sedotan plastik pada tahun 2020 nanti. Sementara itu, KFC Indonesia juga sudah mengkampanyekan #NoStrawMovement pada beberapa cabangnya di seluruh Indonesia.

Gerakan #NoStrawMovement ini dilatar belakangi oleh dampak negatif yang ditimbulkan terhadap lingkungan. Kenyataan bahwa sedotan plastik sulit terurai, sulit didaur ulang, dan dampaknya yang mencemari perairan di dunia membuat para pemerhati lingkungan mendorong penghentian penggunaannya.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena kamu masih bisa menggunakan sedotan kok. Berikut ini disajikan 6 alternatif jenis sedotan yang ramah terhadap lingkungan.

1. Sedotan berbahan kertas

Gunakan 6 Pengganti Sedotan Plastik Ini untuk Bumi yang Lebih Baikinstagram.com/skinnygirlfatfood

Dibandingkan dengan sedotan plastik, sedotan berbahan kertas lebih mudah terurai. McDonald's dan Starbucks di Jepang akan menggantikan produk sedotan plastiknya menjadi sedotan kertas pada tahun 2020. Sedangkan di Indonesia, sebuah terobosan dari perusahaan Tetra Pak pada akhir tahun ini akan meluncurkan produk sedotan kertas. Tapi kamu tidak perlu khawatir jika ingin menggunakannya dari sekarang karena banyak toko maupun online shop yang sudah menjual jenis sedotan berbahan kertas ini.

2. Sedotan berbahan stainless steel

Gunakan 6 Pengganti Sedotan Plastik Ini untuk Bumi yang Lebih Baikinstagram.com/yam_yoga

Sedotan berbahan stainless steel sudah banyak ditemui di toko-toko. Jenis sedotan ini ramah terhadap lingkungan karena dapat digunakan berulang. Kamu juga tidak perlu khawatir karena saat ini tersedia juga sikat khusus untuk membersihkan sedotan tersebut. Kamu bisa membawa sedotan stainless steel ini kemana pun kamu pergi.

3. Sedotan berbahan bambu

Gunakan 6 Pengganti Sedotan Plastik Ini untuk Bumi yang Lebih Baikinstagram.com/wearesuperu

Sedotan bambu dianggap lebih ramah lingkungan karena dibuat dari bahan alami dan bahannya juga mudah terurai. Sedotan ini lebih ringan dibandingkan sedotan berbahan stainless steel. Selain itu jenis sedotan bambu juga bersifat reusable, dapat dicuci dan digunakan kembali. Namun penggunaannya untuk bayi dan anak-anak perlu diperhatikan karena sedotan bambu ini mudah pecah jika digigit dan serat pecahannya berisiko melukai bibir.

Baca Juga: Stop Pakai Sedotan Plastik! 6 Tindakan Nyata Ini Bisa Selamatkan Bumi

4. Sedotan berbahan kaca

Gunakan 6 Pengganti Sedotan Plastik Ini untuk Bumi yang Lebih Baikinstagram.com/bestrawesome

Sedotan berbahan kaca juga bersifat reusable. Partikel kaca memiliki sifat lebih mudah di daur ulang dibandingkan sedotan plastik. Sedotan jenis ini juga memiliki kelebihan sifatnya yang transparan sehingga dapat terlihat dengan jelas jika kondisinya kotor. Namun penggunaannya perlu berhati-hati karena berisiko pecah.

5. Sedotan berbahan akrilik

Gunakan 6 Pengganti Sedotan Plastik Ini untuk Bumi yang Lebih Baiketsy.com

Sedotan jenis ini memiliki kemiripan dengan sedotan berbahan kaca yang juga beresiko mudah pecah. Sedotan akrilik bersifat reusable dan dapat digunakan secara berulang. Namun dari segi harga relatif lebih murah dibandingkan dengan sedotan berbahan kaca.

6. Sedotan berbahan silikon

Gunakan 6 Pengganti Sedotan Plastik Ini untuk Bumi yang Lebih Baikinstagram.com/ctrlchange

Sedotan ini bersifat seperti karet dengan tekstur mirip seperti dot bayi. Karena berbahan silikon maka lebih lembut dan tidak beresiko melukai rongga mulut. Sedotan jenis ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk anak-anak. Selain itu, sedotan berbahan silikon dapat digunakan secara berulang dengan dibersihkan dan juga disterilkan.

Nah, mulai saat ini kamu sudah bisa menentukan jenis sedotan mana yang akan kamu pakai. Ayo, implentasikan penggunaannya dari sekarang untuk lingkungan yang lebih baik.

Baca Juga: Hentikan Penggunaan Sedotan Plastik! Ini 5 Fakta yang Kamu Harus Tahu

Dita Anitya I Photo Verified Writer Dita Anitya I

I love minimalism!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya