Comscore Tracker

9 Fakta Mencengangkan Boneka Barbie yang Jarang Diketahui Publik

Penggemar barbie, mana suaranya?

Boneka barbie tentunya sudah menjadi nama mainan yang tidak asing lagi di telinga kita. Barbie merupakan sebuah boneka yang diluncurkan oleh perusahan mainan Mattel pada tahun 1959. Ruth Handler yang pertama kali membuat boneka barbie melihat anak perempuannya yang bernama Barbara sedang bermain dengan boneka kertas.

Pada saat itu Ruth Handler menyadari bahwa boneka untuk anak-anak hampir semuanya berbentuk bayi. Ruth kemudian menyampaikan ide untuk membuat sebuah boneka dengan bentuk perempuan dewasa pada suaminya yang berkerja sebagai co-founder Mattel. Setelah melewati proses yang cukup panjang, boneka barbie akhirnya diperkenalkan pada tanggal 9 Maret 1959 dalam acara American International Toy Fair di New York sebelum akhirnya mendunia seperti sekarang ini.

Dibalik kesuksesannya, boneka yang banyak digemari anak perempuan ini ternyata memiliki beberapa fakta yang jarang diketahui oleh publik. Apa saja? Yuk kita simak.

1. Barbie punya riwayat hidup yang unik

9 Fakta Mencengangkan Boneka Barbie yang Jarang Diketahui Publikmakers.com

Tahukah kamu, bahwa Barbie sebenarnya hanyalah nama panggilan. Barbie memiliki nama asli Barbara Millicent Roberts dan lahir pada tanggal 9 Maret 1959, sesuai dengan perilisan perdananya di American International Toy Fair. Selain itu Barbie juga diceritakan tinggal di sebuah kota fiksi bernama Willows yang berada di daerah Wisconsin.

2. Barbie berasal dari keluarga besar lho

9 Fakta Mencengangkan Boneka Barbie yang Jarang Diketahui Publiktoytriangle.com

Barbie dikisahkan lahir dari pasangan suami-istri bernama George dan Margaret Roberts. Meskipun tampak sangat populer, tapi Barbie bukanlah anak tunggal. Barbie memiliki 6 saudara, yaitu Skipper Roberts, si kembar Todd & Stacie, Kelly Robertson, Krissy Roberts dan juga Chelsea.

Sayangnya 'adik' Barbie yang bernama Krissy Roberts ditarik dari peredaran pada tahun 2001 karena dianggap kurang populer oleh Mattel.

3. Memiliki kisah asmara yang rumit

9 Fakta Mencengangkan Boneka Barbie yang Jarang Diketahui Publikbaltana.com

Selain riwayat hidup, mattel juga tidak tanggung-tanggung membuat kisah percintaan yang dimiliki oleh Barbie. Mattel mengisahkan bahwa Barbie memiliki seorang kekasih yang bernama lengkap Ken Carson, atau biasa dipanggil Ken.

Barbie dan Ken memulai hubungan sebagai sepasang kekasih pada tahun 1961. Namun pada tahun 2004, Mattel menyatakan bahwa Barbie dan Ken memutuskan untuk berpisah karena hubungan keduanya sering diwarnai dengan putus nyambung. Dua tahun kemudian Mattel menyatakan bahwa Barbie dan Ken telah memulai hubungan lagi sebagai sepasang kekasih.

4. Boneka barbie termahal

9 Fakta Mencengangkan Boneka Barbie yang Jarang Diketahui Publikcanturi.com

Rekor boneka barbie termahal saat ini masih dipegang oleh Stefano Canturi Barbie. Seri boneka barbie yang satu ini didesain oleh seorang perancang perhiasan bernama Stefano Canturi. Barbie Stefano Canturi didesain mengenakan gaun hitam serta memakai kalung dan cincin berlian sehingga terlihat sangat elegan.

Kalung yang dipakaikan pada boneka ini terdiri dari berlian putih senilai 3 karat dan berlian pink emerald 1 karat. Tidak heran jika harga boneka ini mencapai Rp4 miliar. Namun meskipun memiliki harga yang selangit, boneka ini sebenarnya dibuat untuk penggalangan dana bagi Breast Cancer Research Foundation.

Baca Juga: 11 Fakta Tersembunyi di Balik Reputasi Buruk Boneka Barbie

5. Boneka barbie terlaris

9 Fakta Mencengangkan Boneka Barbie yang Jarang Diketahui Publikflickr.com

Selain termahal, Mattel juga punya boneka barbie yang memegang rekor sebagai seri terlaris sepanjang penjualan Mattel. Boneka tersebut adalah Barbie seri 'totally hair'. Barbie seri ini dirilis pada tahun 1992 dan didesain dengan rambut yang tergerai panjang sampai ke kaki. Desain rambut yang panjang ini dimaksudkan agar anak-anak bisa mendadani rambut Barbie tersebut sesuka hati.

6. Pernah terkena kontoversi

9 Fakta Mencengangkan Boneka Barbie yang Jarang Diketahui Publikuk.finance.yahoo.com

Terdapat beberapa boneka barbie yang menuai kontroversi dalam perilisannya. Salah satu kontroversi boneka barbie paling ramai adalah kontroversi yang menyertai perilisan seri Oreo Barbie.

Oreo Barbie merupakan boneka yang diproduksi dari kerjasama antara Mattel dengan Nabisco Oreo Cookies. Untuk seri Barbie yang satu ini, Mattel merilis dua versi boneka, yaitu seri hitam dan juga putih lengkap dengan aksesori berbau oreo.

Awalnya perilisan boneka ini dimaksudkan untuk menghargai keberagaman ras. Namun setelah dirilis, Oreo Barbie justru dikecam karena dianggap rasis dan menghina gadis berkulit hitam. Setelah mendapat banyak kecaman, Mattel akhirnya resmi menarik Oreo Barbie dari peredaran.

7. Pernah ke luar angkasa

9 Fakta Mencengangkan Boneka Barbie yang Jarang Diketahui Publikpurdue.edu

Jika ditanya siapa yang pernah pergi ke luar angkasa, kamu pasti akan otomatis menyebut nama Neil Armstrong, seorang astronot yang dikenal karena telah menginjakkan kaki ke bulan. Nah, ternyata Barbie juga pernah melakukan perjalanan ke luar angkasa, lho! Barbie melakukan perjalanan ke luar angkasa sebagai objek uji coba pada tahun 1965. 

8. Boneka barbie berhijab pertama

9 Fakta Mencengangkan Boneka Barbie yang Jarang Diketahui Publikhurriyetdailynews.com

Selama ini Barbie dikenal sebagai boneka yang memiliki proporsi tubuh yang langsing, berambut blonde serta selalu tampil stylist. Tapi di tahun 2018, Mattel membuat sebuah gebrakan baru dengan merilis boneka barbie berhijab yang pertama.

Boneka barbie tersebut sebenarnya masuk kedalam seri 'Inspirational dolls', yang dibuat sebagai bentuk penghargaan dari Mattel kepada seorang pemain anggar Amerika bernama Ibtihaj Muhammad. Ibtihaj adalah perempuan muslim pertama yang berhasil berkompetisi di olimpiade dengan menggunakan hijab. 

9. Memiliki label untuk klasifikasi

9 Fakta Mencengangkan Boneka Barbie yang Jarang Diketahui Publikworthpoint.com

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Mattel memiliki label color tersendiri untuk mengklasifikasi boneka barbie. Klasifikasi tersebut terdiri dari 5 warna.

Pertama, pink label yang diperuntukkan bagi boneka barbie yang harganya tidak terlalu mahal dan biasanya tersedia di toko-toko. Kemudian silver label untuk boneka barbie yang diproduksi dengan jumlah kurang dari 50.000 unit di seluruh dunia, gold label untuk boneka barbie yang berjumlah terbatas dan hanya diproduksi kurang dari 25.000 unit, platinum label untuk boneka barbie eksklusif yang diproduksi kurang dari 1000 unit serta black label untuk boneka barbie yang hanya diproduksi untuk kolektor.

Itulah 9 fakta boneka barbie yang jarang diketahui publik. Kamu termasuk yang sudah tahu atau baru tahu nih?

Baca Juga: Total Banget, Seniman Ini Makeover Boneka Barbie Jadi Lebih Realistis

Dwi Kurniawati Lestari Photo Verified Writer Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya