Comscore Tracker

Jarang Dilirik, Ini 6 Fakta Kucing Calico yang Akan Menambah Wawasanmu

Calico tidak kalah menarik dari kucing ras, lho

Kucing adalah salah satu hewan karnivora yang banyak dijadikan sebagai peliharaan karena kelucuannya. Calico atau biasa disebut kembang telon adalah julukan dari kucing domestik yang memiliki perpaduan tiga warna pada bulunya. Tidak seperti kucing ras yang banyak diminati, kucing calico biasanya dibiarkan liar dan jarang dipelihara. Padahal sebenarnya kucing calico memiliki banyak keunikan loh. Mau tau apa saja? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

1. Calico bukan nama ras

Jarang Dilirik, Ini 6 Fakta Kucing Calico yang Akan Menambah Wawasanmuen.wikipedia.org

Sebenarnya calico bukanlah nama dari ras kucing, melainkan hanya nama julukan yang diberikan kepada kucing dengan perpaduan tiga warna yang berbeda. Perpaduan warna yang paling umum dari kucing calico adalah putih, hitam dan orange.

2. Kebanyakan berjenis kelamin betina

Jarang Dilirik, Ini 6 Fakta Kucing Calico yang Akan Menambah Wawasanmuanimal-jam-clans.wikia.com

Kita sering mendengar bahwa kucing yang memiliki tiga warna alias calico pasti berjenis kelamin betina. Nyatanya walaupun kemungkinannya kecil, seekor kucing calico bisa melahirkan calico berjenis kelamin jantan walaupun calico jantan tersebut memiliki usia hidup yang biasanya tidak lama

3. Memiliki genetik yang misterius

Jarang Dilirik, Ini 6 Fakta Kucing Calico yang Akan Menambah Wawasanmushutterstock.com

Kucing calico sudah sejak lama menjadi bahan penelitian para ilmuwan dikarenakan genetiknya yang unik. Layaknya manusia, kromosom X dimiliki oleh betina dan kromosom Y dimiliki oleh jantan. Kucing betina memiliki dua kromosom XX sedangkan kucing jantan memiliki kromosom XY. Warna hitam dan jingga berada pada kromosom X, sedangkan warna putih hanya akan muncul jika genetika kromosomnya berbeda.

Karena memiliki kromosom XX, maka seharusnya kucing jantan hanya bisa memiliki dua campuran warna hitam dengan jingga atau putih. Karena itulah kucing jantan dengan tiga warna jarang ditemukan. Jika ada, maka kucing tersebut sebenarnya mengalami cacat kromosom karena memiliki kromosom XXY dalam tubuhnya. Selain itu pola warna kucing calico selalu acak dan tidak pernah sama.

Baca Juga: Kucing Bakal Tunjukkan 6 Tanda Ini Kalau Hendak Melahirkan

4. Dianggap sebagai simbol keberuntungan

Jarang Dilirik, Ini 6 Fakta Kucing Calico yang Akan Menambah Wawasanmuallabout-japan.com

Ketika sedang berjalan-jalan di daerah pertokoan, pernahkah kalian melihat patung kucing yang tangannya bergerak keatas dan kebawah? Patung tersebut bernama manekineko. Manekineko merupakan patung kucing dengan tiga warna yang dipercaya dapat mengundang orang untuk masuk ke tempat yang memajangnya. Hal ini diyakini karena kucing calico jantan sangat jarang ditemukan sehingga dianggap sebagai simbol keberuntungan.

5. Kucing calico tidak bisa berumur panjang

Jarang Dilirik, Ini 6 Fakta Kucing Calico yang Akan Menambah Wawasanmuanimals.mom.me

Tidak semua, tetapi kucing calico jantan lah yang dipercaya sulit berumur panjang. Ini dikarenakan kucing calico jantan terlahir dengan kelainan kromosom. Kelainan ini dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan pada kucing, kematangan organ yang tidak sempurna dan infertilitas. Hal inilah yang menyebabkan kucing calico jantan sulit untuk berumur panjang. Selain itu induk kucing dipercaya akan memakan anaknya yang memiliki tiga warna dan berjenis kelamin jantan karena sudah mengetahui bahwa anaknya tidak akan bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama.

6. Tidak bisa dikawinkan silang dengan sengaja

Jarang Dilirik, Ini 6 Fakta Kucing Calico yang Akan Menambah Wawasanmupinterest

Kamu tidak bisa mendapatkan kucing calico dengan mengawinkannya secara silang dengan sengaja. Karena kucing yang berbeda tiga warna hanya akan terlahir berdasarkan genetika kromosomnya saja.

Nah itu dia fakta kucing calico yang berguna untuk menambah wawasanmu. Apakah kamu tertarik untuk memeliharanya?

Baca Juga: Bikin Gemas! 11 Potret Menggemaskan Kang Daniel Bersama Kucing

Dwi Kurniawati Lestari Photo Community Writer Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You