Comscore Tracker

Tajir Melintir, 5 Orang Ini Justru Terkenal Pelit Sepanjang Masa

#IDNTimesHype Boleh hemat, tapi jangan sampai pelit

Di pikiran kebanyakan orang, orang kaya dengan harta berlimpah identik dengan gaya hidupnya yang mewah dan bebas menghamburkan uang. Namun, tak selamanya orang kaya hobi menghabiskan uang. Bahkan, ada beberapa orang terkaya di dunia yang justru sangat ketat dalam hal keuangan.

Bukan sekadar berhemat, ada orang dengan harta berlimpah yang sangat enggan mengeluarkan uang, bahkan untuk kebutuhan dirinya sendiri. Kamu pasti penasaran, siapa sajakah orang yang dimaksud ini? Yuk, simak kisahnya berikut ini yang dirangkum dari laman Money dan Love Money.

1. Hetty Green

Tajir Melintir, 5 Orang Ini Justru Terkenal Pelit Sepanjang MasaHetty Green (curioushistorian.com)

Hetty Green merupakan pengusaha yang diperkirakan memiliki kekayaan antara 100-200 juta dolar di tahun 90-an atau sekitar Rp1,43 triliun (kurs Rp14.319) namun dikenal karena sikapnya yang kejam. Sebelum menikah dengan Edward Henry Green, mereka membuat perjanjian pranikah yang isinya adalah mereka akan memisahkan harta mereka. Namun, ketika Edward menghamburkan uangnya untuk kemewahan, Hetty meninggalkan suaminya tersebut.

Sikapnya yang kikir telah menjadi legenda. Karena paranoid jika hartanya diambil, Hetty selalu tidur dengan rantai kunci deposito bank diikat ke pinggangnya dan pistol diikat ke tangannya. Bahkan, dia diduga pernah mencoba mengobati hernia yang ia alami dengan memasukkan tongkat di perutnya. Lalu, saat putranya mengalami luka di kakinya, dia mencoba membawanya ke rumah sakit amal untuk orang miskin karena enggan membayar biaya rumah sakit.

2. Cary Grant

Tajir Melintir, 5 Orang Ini Justru Terkenal Pelit Sepanjang MasaCary Grant (thegentlemansjournal.com)

Cary Grant tumbuh dalam kehidupan sederhana di Inggris sebelum pergi ke Amerika Serikat di masa remajanya. Pada tahun 1930-an, Cary Grant menjadi salah satu aktor dengan bayaran tertinggi di Hollywood dan menikah dengan salah satu perempuan terkaya di dunia, Barbara Hutton, yang merupakan ahli waris perusahaan Woolworth.

Ada beberapa kisah yang terkenal mengenai sifat pelit Grant. Misalnya, dia diduga menandai botol susu di lemari es, menagih tamu yang datang ke rumahnya untuk cucian dan biaya lainnya, dan meminta 25 sen untuk setiap tanda tangannya. Grant juga mengakui bahwa dia suka memotong dan menyimpan kancing dari kemejanya yang sudah usang.

Baca Juga: 5 Fakta Menyedihkan H.C. Andersen, Pendongeng Dunia yang Melegenda

3. Daniel Dancer

Tajir Melintir, 5 Orang Ini Justru Terkenal Pelit Sepanjang MasaDaniel Dancer (headstonemanor.org)

Daniel Dancer lahir pada tahun 1716 dari keluarga agraris yang kaya, Dancer mengurus sekitar 80 hektar padang rumput dan tanah pertanian mereka setelah kematian ayahnya pada tahun 1735. Setelah kematiannya, total kekayaan Daniel berjumlah 1,66 miliar dolar atau sekitar Rp22,9 triliun. Namun, dia terkenal pelit dalam hal pengeluaran sehari-hari dengan hanya makan tulang tua yang sudah dimasak dan pangsit rebus, jarang mencuci, dan tidak pernah menggunakan sabun.

Diduga, dia juga pernah menolak memanggil dokter ketika saudara perempuannya sakit parah karena enggan membayar jasa dokter, hingga akhirnya saudara perempuannya meninggal pada tahun 1766. Selain itu, kekayaannya juga membuat Dancer menjadi paranoid dan dia mulai menyembunyikan uangnya di rumahnya, ia bahkan mengunci pintu kamar tidurnya dan masuk melalui jendela.

4. Leona Helmsley

Tajir Melintir, 5 Orang Ini Justru Terkenal Pelit Sepanjang MasaLeona Helmsley (nypost.com)

Maestro real estate, Leona Helmsley, dikenal karena sikapnya yang curang dan sering enggan membayar karyawan. Lahir pada tahun 1920, Helmsley merupakan pengembang real estat sebelum menikahi Harry Helmsley, yang kemudian membantu Harry Helmsley membawa bisnis Hotel Helmsley memiliki kekayaan bersih 5 miliar dolar atau sekitar Rp71,6 triliun. Tapi, Leona Helmsley begitu dibenci oleh karyawan karena pernah menolak membayar biaya pembangun sebesar 88 ribu dolar atau Rp1,26 miliar dan berulang kali menahan pembayaran dari kontraktor.

Ia juga menolak keras membayar pajak. Lalu, ketika terungkap bahwa pasangan itu telah menggunakan 4 juta dolar atau Rp57,3 miliar dari dana perusahaan untuk merenovasi rumah mereka sendiri, Helmsley dijatuhi hukuman empat tahun penjara pada tahun 1989. Sementara itu, suaminya tidak ikut serta dalam persidangan karena mengalami stroke dan kehilangan ingatan.

5. J. Paul Getty

Tajir Melintir, 5 Orang Ini Justru Terkenal Pelit Sepanjang MasaJ. Paul Getty (abcnews.go.com)

Semasa hidupnya, J. Paul Getty merupakan orang terkaya di dunia, namun ternyata ia adalah laki-laki yang cukup pelit. Lahir pada tahun 1892, Getty mengambil alih bisnis minyak ayahnya pada tahun 1930 dan mengubahnya menjadi perusahaan bernilai miliaran dolar. Namun dia terkenal karena cara-caranya yang kikir, dia diduga memasang telepon umum di rumahnya karena ia enggan membayar tagihan telepon untuk para tamu yang datang ke rumahnya. Tapi momen paling kejamnya terlihat pada tahun 1973, ketika cucunya diculik.

Cucu J. Paul Getty, yaitu J. Paul Getty III diculik di Roma oleh sebuah geng yang menuntut Getty untuk membayar 17 juta dolar atau Rp243,4 miliar, sebagai tebusan untuk sang cucu. Meskipun memiliki kekayaan yang luar biasa, namun permintaan itu ditolak oleh Getty. Akhirnya, remaja 16 tahun itu disandera selama tiga bulan. Ketika anggota geng memotong telinga sang cucu dan mengirimkannya kepada Getty, Getty akhirnya setuju untuk membayar 3 juta dolar atau sekitar Rp42,8 miliar, jauh lebih sedikit dari yang diminta si penculik. Dari jumlah tersebut, ia meminta sang cucu untuk membayar 800 ribu dolar atau Rp11,4 miliar saat pembebasannya dengan bunga 4 persen.

Gak habis pikir, meskipun dikelilingi dengan harta, orang-orang tersebut justru memilih untuk tidak hidup layaknya orang kaya. Bahkan, ada yang sampai tidak tenang karena takut kehilangan hartanya. Kita mungkin perlu berhemat, namun jangan sampai niat untuk berhemat ini berubah menjadi sikap pelit yang justru merugikan diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: 8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya