Comscore Tracker

7 Gangguan Kepribadian yang Secara Gak Sadar, Ternyata Udah Kamu Miliki

Jangn-jangan kamu mengidapnya?

Dengan berbagai rutinitas dan kesibukan yang kita lalui setiap harinya, ternyata secara tidak langsung dan sangat bertahap mengarahkan kita kepada kondisi mental yang maladaptif. Cara berfikir, cara pandang, serta cara menyikapi kondisi untuk berhubungan dengan dunia disikapi dengan respon yang dianggap wajar, namun ternyata secara psikologi hal tersebut dianggap menyimpang. Dalam beberapa kasus, kita tidak menyadari memiliki gangguan kepribadian karena berperilaku wajar dan alami. Berikut beberapa gangguan kepribadian yang secara gak sadar ternyata udah kamu miliki.

 

1. Schizoid

7 Gangguan Kepribadian yang Secara Gak Sadar, Ternyata Udah Kamu Milikiaddict-help.com

Seseorang yang memiliki gangguan schizoid sering kali disebut “penyendiri”. Schizoid kerap menghindari kontak social dengan orang lain, dan bahkan memilih jenis pekerjaan yang tidak memerlukan kotak social dengan orang banyak. Terkesan dingin, tidak akrab dan tidak ramah merupakan ciri khas dari si Schizoid ini.

 

2. Narcissistic

7 Gangguan Kepribadian yang Secara Gak Sadar, Ternyata Udah Kamu Milikimedium.com

Narcissistic senang mencari perhatian dan pujian. Melakukan berbagai cara untuk mendapatkan perhatian dari orang lain dan mengharapkan orang lain akan menganggapnya sebagai orang yang dikagumi. Narcissistic sangat protektif dalam memilih teman, karena buat Narcissitic tidak sembarang orang yang dapat menjadi teman mereka. Narcissistic sangat peka terhadap penilaian orang lain akan dirinya.

 

3. Borderline

7 Gangguan Kepribadian yang Secara Gak Sadar, Ternyata Udah Kamu Milikialodokter.com

Seseorang yang memiliki gangguan Borderline, rentan dengan perubahan suasana hati, perubahan mood dan rasa marah jika keinginannya tidak terpenuhi. Seringkali menyalahkan dirinya sendiri dan hal ini membuat mereka kerap melukai dirinya.

 

4. Paranoid

7 Gangguan Kepribadian yang Secara Gak Sadar, Ternyata Udah Kamu Milikijiankian.com

Paranoid ditandai oleh ketidakpercayaan terhadap orang lain dan kecurigaan yang terus-menerus bahwa orang di sekitar Anda memiliki motif jahat serta cenderung memiliki kepercayaan yang berlebihan pada pengetahuan dan kemampuan mereka sendiri dan biasanya menghindari hubungan dekat.

 

5. Kompulsif

7 Gangguan Kepribadian yang Secara Gak Sadar, Ternyata Udah Kamu Milikitruestressmanagement.com

Kompulsif adalah seseorang yang sangat menuntut kesempuranaan. Kompulsif memiliki perhatian yang berlebihan pada aturan-aturan, ketertiban dan efisien untuk setiap yang mereka kerjakan. Menginginkan semua orang bekerja seperti dirinya, sangat perasa. Sisi positif dari Kompulsif adalah bahwa mereka sangat rajin.

 

6. Agresif - Pasif

7 Gangguan Kepribadian yang Secara Gak Sadar, Ternyata Udah Kamu Milikisitederencontreserieux.info

Agresif tapi Pasif? hal ini lebih dimaksudkan pada sikap bermusuhan atau cara seseorang menyikapi orang-orang yang tidak mereka sukai melalui cara-cara yang tidak menggunakan kekerasan. Agresif-pasif tidak suka terhadap figur otoritas tetapi takut untuk mengungkapkannya.

 

7. Histrionic

7 Gangguan Kepribadian yang Secara Gak Sadar, Ternyata Udah Kamu Milikiflickr.com

Orang dengan gangguan kepribadian histrionik adalah pencari perhatian konstan, sering menginterupsi orang lain untuk mendominasi pembicaraan. Menggunakan bahasa yang hiperbola untuk menjelaskan sesuatu yang sebenarnya biasa – biasa saja dengan harapan untuk memperoleh pujian.

 

Nah…kebiasaan yang selama ini kita anggap wajar wajar saja , ternyata tanpa kita sadari adalah sebuah kelakuan yang tidak etis. Dan parahnya (semoga nggak deh) kita telah memiliki gangguan kerpibadian. So be kindness and be care people.

 

 

Ella Nurtaqwa Photo Writer Ella Nurtaqwa

Dreams - Commitment - Consistency,

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya