Comscore Tracker

5 Alasan Bernyanyi Dapat Meredakan Stres dan Gangguan Kecemasan

Ternyata banyak manfaatnya lho!

Stres maupun gangguan kecemasan dapat diderita siapa pun. Stres yang berkelanjutan juga dapat menyebabkan depresi. Maka dari itu, stres memang harus segera disembuhkan sebelum menimbulkan penyakit yang lebih serius lagi.

Salah satu cara untuk meredakan stres dan anxiety adalah dengan bernyanyi. Banyak sekali yang gak menyadari manfaat dari bernyanyi itu sendiri selain menaikkan suasana mood. Nah, berikut ini terdapat alasan logis mengapa bernyanyi bisa membantu redakan stres.

1. Bernyanyi dapat memperbaiki suasana hati seseorang

5 Alasan Bernyanyi Dapat Meredakan Stres dan Gangguan Kecemasanpixabay.com/698601

Menyanyi terutama di depan umum pasti mengharuskan kita untuk tersenyum di hadapan penonton. Tanpa disadari mood juga akan semakin membaik seiring lagu tersebut berakhir. Menyanyikan lagu ceria dapat membuat suasana hati kita juga ikut ceria.

Mereka yang memiliki gangguan kecemasan memang sulit untuk bernyanyi di depan umum. Menjadi pusat perhatian banyak orang bukan berada di daftar teratas keinginan mereka. Namun, sekali kamu memberanikan diri, kamu akan menikmati kegiatan tersebut. Sedikit demi sedikit kamu gak merasa cemas lagi ketika menjadi pusat perhatian.

2. Bernyanyi mengharuskanmu bernafas secara dalam

5 Alasan Bernyanyi Dapat Meredakan Stres dan Gangguan Kecemasanpixabay.com/PublicDomainPictures

Ketika menyanyi, kamu diharuskan untuk menghirup oksigen sebanyak-banyaknya. Apalagi jika lagu yang kamu pilih cenderung memiliki tingkat kesulitan tinggi. Pada akhirnya kamu melakukan deep breathing untuk dapat menyanyikan lagu tersebut dengan baik.

Deep breathing sendiri dapat membantu seseorang merasa lebih rileks. Ini yang membuatmu merasa lebih baik sehabis bernyanyi. 

3. Menyanyi setara dengan melakukan olahraga

5 Alasan Bernyanyi Dapat Meredakan Stres dan Gangguan Kecemasanpixabay.com/free-photos

Gak banyak yang tahu jika menyanyi juga membutuhkan kekuatan dan juga stamina. Menyanyi nyatanya juga setara dengan melakukan olahraga. Apalagi jika kamu juga bergerak atau menari saat bernyanyi. Tubuhmu sama seperti berolahraga.

Olahraga sendiri selain menyehatkan tubuh juga menjernihkan pikiran. Beberapa orang memilih kegiatan olahraga untuk menghilangkan stres. Sedangkan dengan bernyanyi, kamu juga mendapatkan manfaat sama seperti melakukan olahraga.

Baca Juga: Comeback Bernyanyi, 10 Potret Kece Mikha Tambayong yang Makin Glowing

4. Bernyanyi dapat menjadi media untuk berekspresi

5 Alasan Bernyanyi Dapat Meredakan Stres dan Gangguan Kecemasanpixabay.com/stocksnap

Ketika kamu sedih atau bahagia, kamu dapat mengekspresikannya dengan bernyanyi. Terdapat banyak sekali lagu yang mungkin relatable dengan keadaanmu. Lagu-lagu tersebut dapat menjadi soudtrack kehidupanmu. Misalnya ketika baru putus cinta, kamu menyanyikan lagu yang berhubungan dengan patah hati.

Dengan ini, bebanmu akan semakin terangkat karena kamu gak memendamnya sendiri. Bernyanyi dapat menjadi ajang untuk menunjukkan emosimu. Terutama buat kamu yang cukup tertutup dengan masalah personal life. Jadi, bernyanyi sama dengan curhat menggunkan lagu.

5. Bernyanyi membuatmu bertemu orang baru

5 Alasan Bernyanyi Dapat Meredakan Stres dan Gangguan Kecemasanpixabay.com/ronporter

Jika kamu memiliki kemampuan bernyanyi yang baik, ada baiknya kamu mengikuti kegiatan seperti paduan suara ataupun band. Gak hanya dapat menyalurkan bakat, kamu juga akan bertemu dengan orang-orang baru. Sangat penting untuk memiliki teman. Apalagi jika kamu sebenarnya stres karena merasa kesepian.

Gak ada salahnya juga untuk mengikuti audisi bernyanyi. Terlebih setiap tahunnya selalu saja ada kompetisi bernyanyi gratis yang diselenggarakan. Melalui kegiatan seperti ini, kesempatanmu untuk menjalin hubungan dengan orang baru semakin besar. Mungkin akhirnya kamu bisa bertemu orang yang akan menjadi bagian penting dari hidupmu dari kegiatan seperti ini.

Itulah lima alasan masuk akal mengapa bernyanyi dapat membantu meredakan stres. Kira-kira lagu apa nih yang paling sering kamu nyanyikan saat sedang stres?

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Bernyanyi di Kamar Mandi, Nggak Usah Malu!

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya