Comscore Tracker

7 Benda Ini Pernah Dilarang Presiden Amerika Berada di Gedung Putih

Mulai sayuran hingga hewan #IDNTimesHype

White House atau Gedung Putih merupakan tempat Presiden Amerika Serikat menjalankan tugas. Di Indonesia sendiri dinamakan Istana Merdeka. Biasanya tempat-tempat seperti ini identik dengan peraturan yang ketat. Tidak sembarang orang bisa masuk dan memiliki aturan tersendiri yang harus dipatuhi.

Di Gedung Putih sendiri, presiden yang bertugas dapat membuat peraturan yang berlaku. Mereka juga bisa membuat larangan terhadap benda-benda tertentu. Bahkan tidak jarang larangan tersebut terbilang aneh. Seperti ketujuh benda berikut ini yang sempat dilarang berada di Gedung Putih. Apa saja ya?

1. Brokoli

7 Benda Ini Pernah Dilarang Presiden Amerika Berada di Gedung PutihPixabay.com/shutterbook75

Brokoli termasuk jenis sayuran yang banyak dibenci anak-anak. Ternyata George W. Bush yang merupakan mantan Presiden Amerika juga salah satu orang yang tidak menyukai brokoli. Ia sampai melarang koki Gedung Putih untuk memasak brokoli.

George Bush mengaku ketika masih kecil ibunya sering memaksanya makan brokoli padahal dirinya tidak suka sayuran itu. Saat sudah dewasa dan menjadi presiden, ia tidak akan memakan brokoli lagi.

2. Balon

7 Benda Ini Pernah Dilarang Presiden Amerika Berada di Gedung PutihPixabay.com/karosieben

Ketika Gedung Putih mulai dibuka untuk umum pada tahun 2017 lalu, terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi pengunjung. Di antaranya yaitu tidak boleh membawa pistol, kembang api, senjata tajam, dan yang paling mengejutkan adalah balon. Masih menjadi misteri sampai sekarang mengapa pengunjung tidak boleh membawa balon di Gedung Putih.

3. Tupai

7 Benda Ini Pernah Dilarang Presiden Amerika Berada di Gedung PutihPixabay.com/631672

Pada tahun 1955, Dwight D. Eisenhowes berniat memasang lapangan golf di area Gedung Putih. Sayangnya malah dirusak oleh sekawanan tupai. Oleh karena itu, mantan presiden tersebut melarang adanya tupai di kawasan White House. Ia bahkan menyuruh pengawal untuk menembak tupai yang masuk. Hal ini membuat Dwight dikritik oleh aktivis hewan.

Baca Juga: 5 Alasan Joe Biden Menang dan Mencapai Gedung Putih

4. Jeans

7 Benda Ini Pernah Dilarang Presiden Amerika Berada di Gedung PutihPixabay.com/michaegaida

Ketika menjadi presiden, hal pertama yang dilakukan oleh George W. Bush adalah membenahi dress code para staff gedung putih. Ia berkeinginan para pegawai menggunakan pakaian formal. Hal ini membuat ia melarang semuanya untuk memakai jeans di kawasan Gedung Putih, baik itu celana atau jaket. Staff pria juga diwajibkan memakai dasi.

5. Kamera

7 Benda Ini Pernah Dilarang Presiden Amerika Berada di Gedung PutihPixabay.com/free-photos

Kamera sempat dilarang dibawa di Gedung Putih selama 40 tahun lamanya. Larangan ini berakhir pada tahun 2015 atas perintah Michelle Obama. Pengunjung tidak dibolehkan mengambil gambar sejak tahun 1970 karena flash kamera dulu dapat merusak bangunan. Untungnya kamera sekarang sudah canggih-canggih, nih.

6. Pohon Natal

7 Benda Ini Pernah Dilarang Presiden Amerika Berada di Gedung PutihPixabay.com/stroganova

Presiden Theodore Roosevelt dikenal sangat peduli terhadap lingkungan. Dirinya mendirikan sebanyak 150 hutan nasional ketika menjadi presiden. Oleh karena itu, Theodore sangat melarang adanya pohon natal di Gedung Putih. Ia tidak ingin hutan semakin gundul karena tradisi natal yang identik dengan pohon tersebut.

7. HP

7 Benda Ini Pernah Dilarang Presiden Amerika Berada di Gedung PutihPixabay.com/jetshoots.com

Selama Donald Trump menjabat sebagai presiden, ia melarang penggunaan HP pribadi di area West Wing. Para staff harus menggunakan telepon khusus yang bahkan tidak bisa untuk mengirim pesan. Peraturan ini dibuat untuk membatasi HP yang menyambung pada WiFi gedung.

Ada pula yang berpendapat bahwa aturan ini untuk mencegah bocornya informasi rahasia pada media. Tentunya peraturan ini cukup mengganggu karena banyak staff yang tidak bisa mengabari keluarganya yang di rumah.

Aneh ya peraturan yang sempat dibuat oleh Presiden Amerika Serikat untuk melarang benda-benda tertentu berada di Gedung Putih. Menurutmu nomor berapa aja nih yang kurang masuk akal?

Baca Juga: George W. Bush: Rusia Intervensi Pilpres Amerika Serikat 2016

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya