Comscore Tracker

Waspada! Inilah 12 Tanda Saat Tubuhmu Penuh Racun

Bisa jadi kamu mengalami salah satunya

Merasa tubuhmu mudah lelah? Bisa jadi tubuhmu penuh racun. Racun yang IDNtimes maksud ialah adalah radikal yang tidak sehat di dalam tubuhmu. Racun-racun tersebut bisa berasal makanan tidak sehat yang kamu konsumsi, polusi udara di sekitar kamu serta bahan-bahan kimia seperti kosmetik dan bahan-bahan perawatan tubuh berbahan kimia yang kamu gunakan setiap harinya. Apa saja tanda-tanda ketika tubuh kita penuh racun?

1. Insomnia

Waspada! Inilah 12 Tanda Saat Tubuhmu Penuh RacunSumber Gambar: getridof.com

Insomnia disebabkan hormon kartisol (hormon yang mengelola stres) yang terganggu. Umumnya, kadar kortisol biasanya tinggi di pagi hari dan rendah di malam hari. Namun, saat racun di tubuh kamu menumpuk, kortisol bisa naik di malam hari sehingga membuat kamu mengalami insomnia.

2. Konstipasi

Waspada! Inilah 12 Tanda Saat Tubuhmu Penuh RacunSumber Gambar: inti-kesehatan.blogspot.com

Sisa metobolisme tubuh seharusnya dibuang setiap hari. saat kamu mengalami kesulitan untuk buang air besar maka racun di dalam tubuhmu tidak bisa keluar dan diserap kembali oleh aliran darah.

3. Berat badan yang selalu tetap.

Waspada! Inilah 12 Tanda Saat Tubuhmu Penuh RacunSumber Gambar: paramudi.com

Jika kamu merasa melakukan diet, namun berat badanmu tak kunjung menurun, kadar racun di tubuhmu bisa jadi semakin bertambah. Di dalam tubuh ada racun yang sifatnya lipofilik yang menempel pada lemak yang tersimpan dalam tubuh.

4. Masalah kulit.

Waspada! Inilah 12 Tanda Saat Tubuhmu Penuh RacunSumber Gambar: perawatankulitmu.com

Secara tiba-tiba wajahmu penuh dengan jerawat, bisul dan masalah kulit lainnya. Reaksi kulit yag seperti ini menandakan tubuhmu sudah tidak sehat lagi. Organ hati yang bertugas mengeluarkan racun dari tubuh sudah overload.

5. Sakit kepala tanpa sebab yang jelas.

Waspada! Inilah 12 Tanda Saat Tubuhmu Penuh RacunSumber Gambar: republika.co.id

Terlalu banyak mengkonsumsi MSG, aspartam serta bahan pengawet lainnya bisa menumpuk racun di dalam tubuhmu sehingga kamu mudah mengalami sakit kepala secara tiba-tiba.

Baca Juga: Ternyata, Ini yang Dilakukan Organ Tubuh Kita Saat Tidur!

6. Lelah tanpa sebab yang jelas.

Waspada! Inilah 12 Tanda Saat Tubuhmu Penuh RacunSumber gambar: maschun.blogdetik.com

Baru beberapa jam bekerja, kamu sudah lelah. Begitu juga dengan tidur. Meski tidur dengan porsi waktu yang cukup, namun kamu juga mengalami kelelahan yang luar biasa. Hal tersebut disebabkan mungkin itu disebabkan racun dalam tubuh yang menganggu kelenjar adrenal.

8. Mood swings.

Waspada! Inilah 12 Tanda Saat Tubuhmu Penuh RacunSumber Gambar: everdayhealth.com

Merasa mudah marah secara tiba-tiba tanpa ada penyebabnya? Bisa kamu tubuhmu sedang mengalami hormon yang tidak stabil.

9. Nafas tidak sedap.

Waspada! Inilah 12 Tanda Saat Tubuhmu Penuh RacunSumber Gambar: amazine.co

Bau mulut dan napas yang tidak sedap bukan hanya dipengaruhi makanan yang kita konsumsi. Melainkan bisa dari metabolisme tubuh yang tidak berjalan normal. Usus besar yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun tidak berjalan lancar, sehingga racun menumpuk di perut dan bisa menyebabkan nafas tidak sedap.

10. Nyeri otot.

Waspada! Inilah 12 Tanda Saat Tubuhmu Penuh RacunSumber Gambar; alodokter.com

Sering mengalami nyeri otot tanpa sebab yang jelas bisa disebabkan karena racun menumpuk yang menyerang reseptor nyeri pada otot. Sehingga kinerja otot tidak dapat berfungsi secara optimal.

11. Sensitif terhadap bau.

Waspada! Inilah 12 Tanda Saat Tubuhmu Penuh RacunSumber Gambar: jelashamil.blogspot.com

Hidung yang berfungsi sebagai indra penciuman juga bisa menjadi indikator tubuh yang sehat. ketika organ hati tidak bisa mengeluarkan racun yang berlebih, maka hidung akan lebih sensitif terhadap bau yang bisa menyebabkan mual dan sakit kepala.

12. Susah berpikir.

Waspada! Inilah 12 Tanda Saat Tubuhmu Penuh RacunSumber Gambar: kawaiibeautyjapan.com

Saat kamu menyadari harusnya inilah poin ke 11 dan tidak ada poin ke 7 disaat itulah tandanya otak kamu sedang mengalami penumpukan racun. Efek racun yang menyerang otak bisa membuat tubuh tidak bisa fokus.

Untuk mengatasi racun di dalam tubuhmu, perbanyak konsumsi air putih, olahraga secara teratur dan konsumsi makanan yang sehat.

Baca Juga: Tahukah Kamu Ada 10 Kebiasaan yang akan Merusak Otak Jika Dilakukan Setiap Hari?

Topic:

Berita Terkini Lainnya