Comscore Tracker

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kost

Kipas angin ternyata gak sekadar menyejukkan!

Kipas angin merupakan salah satu perangkat anti pengap dan gerah yang berguna buat anak-anak kos. Terutama jika kamar kosmu tidak menggunakan AC, maka kipas angin menjadi pilihan utama.

Namun, kamu yang sering menggunakan kipas angin di kamar kos, harus tahu 15 fakta ini terlebih dahulu.

1. Jangan gunakan kipas angin saat ruanganmu lembab.

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kostpresencepro.com

Misalkan saja kamar kosmu baru saja mengalami kebocoran. Kamu akan mengira bahwa menyalakan kipas angin akan membantu proses mengeringkan ruangan. Ternyata salah lho! Kamu malah membuat kipas anginmu menyerap uap air yang dihasilkan oleh ruangan yang lembab. Hal tersebut akan membuat mesin kipas anginmu cepat panas dan mempercepat penyebaran karat.

2. Jaga kipas anginmu dari cairan kimia.

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kostcybermodeler.com

Cairan kimia yang dimaksud adalah thinner dan alkohol. Keduanya dapat membuat bahan metal dalam kipas anginmu lebih cepat berkarat.

3. Dalam kamar kosmu ada televisi? Jangan tempatkan kipas angin di sampingnya.

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kostkaskus.co.id

Mengapa? Karena, dikutip dari mahrudinda.blogspot.co.id, jika kamu menaruh kipas angin berdekat atau tepat di samping tv, akan merusak layar televisimu. Hal tersebut diakibatkan oleh daya elektromagnetik dari kipas yang sudah berputar terlalu lama. Kemudian, daya tersebut ditarik oleh daya listrik dari televisi. Kerusakan paling sederhana adalah kinerja televisi yang kurang baik sampai kerusakan total pada layar.

4. Jaga kondisi barang elektronik lain dengan kipas angin.

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kostdhapu.com

Jika kamu punya kipas angin ukuran mini, akan sangat berguna untuk menjaga kondisi laptop atau modemmu lho! Kipas angin dapat di arahkan ke perangkat-perangkat tersebut saat dipakai agar tidak mengalami panas yang berlebihan.

5. Kipas angin bisa menjadi beban listrik paling besar lho!

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kostselipan.com

Hal itu terjadi akibat dari penggunaan kipas angin yang tidak pernah dimatikan. Seperti dilansir listrikdirumah.com, kipas angin akan mengonsumsi daya listrik semakin besar dalam waktu pemakaian yang lama. Terlebih kalau kamu yang memang menggunakan kipas di kamar kos, terkadang ada rasa malas untuk mematikannya bukan? Itulah faktor yang membuat konsumsi daya listrik semakin besar. Untuk mengatasinya, kamu harus bisa mengatur waktu menyalakan dan mematikan kipas angin.

6. Jangan arahkan kipasmu langsung ke tubuh! Cairan tubuh akan berkurang.

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kostpitzersonehour.com

Tubuh kita membutuhkan asupan air atau cairan. Jika cairan yang ada di dalam tubuh berkurang, maka akan membahayakan tubuh. Seperti dilansir halosehat.com, dr. Wendra Ali, ahli syaraf mengatakan ruangan dingin bisa membuat tubuh kita kekurangan air. Dengan kata lain jika kipas angin di arahkan langsung ke bagian tubuh kita makan akan menurunkan suhu tubuh. Hal itu akan menyebabkan berkurangnya cairan tubuh.

7. Setelah cairan tubuh berkurang, kulitmu akan mengering.

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kostmyazac.com

Ternyata masalah ini bukan hanya terjadi di ruangan ber-AC, tapi juga bila kamu memakai kipas angin. Saat tubuhmu diterpa oleh angin dari kipas secara terus menerus dan dari arah yang sama akan menyebabkan kulitmu kering. Hal tersebut terjadi karena kulit sejatinya membutuhkan kandungan air dalam darah yang terus mengalir di tubuh.

8. Debu yang beterbangan akibat hembusan angin dari kipas dapat menyebabkan masalah pernapasan.

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kostthinkstockphotos.com

Siapa tahu kamar kos dan kipas anginmu jarang kamu bersihkan. Maka sejumlah bakteri, kuman dan debu pasti akan beterbangan dalam ruangan. Nah, kipas angin yang bergerak akan membuat sirkulasi udara kamarmu di situ-situ saja (hanya dalam ruangan). Dikutip dari halosehat.com, wajah kita yang mendapat terpaan angin dari kipas bisa menghirup debu atau bakteri di dalam ruangan. Akibatnya akan terjadi masalah pada saluran pernapasanmu, seperti asma.

Baca Juga: 9 Tipe Anak Kos, Kamu Termasuk yang Mana?​

9. Terkena hembusan angin terlalu lama, ototmu akan kaku dan nyeri.

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kostyoubeauty.com

Memang enak sih tidur sambil diterpa angin sepoi dari kipas. Namun, jika kamu terkena hembusannya terlalu lama akan membuat ototmu kaku dan nyeri. Bagaimana bisa? Berdasarkan artikel kesehatan halosehat.com, suhu yang dingin akan menurunkan jumlah produksi cairan lubrikasi yag berguna dalam memperkuat otot dan persendian tubuh kita.

10. Wajah yang terus menerus diterpa angin akan membuat syaraf menegang.

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kosthuffingtonpost.co.uk

Hal tersebut diakibatkan oleh suhu dingin dari hembusan angin. Wajahmu secara sederhana akan mengalami kelumpuhan ringan. Kamu akan merasa sulit dalam menggerakkan wajah ketika mau berekspresi, seperti tertawa. Selain itu, diperparah dengan pembengkakan di bagian wajah yang syarafnya sudah terlalu tegang.

11. Angin yang menerpa tubuh akan membuat suhu tubuhmu menurun.

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kostblogangeloni.com

Dikutip dari halosehat.com, suhu tubuh menurun diakibatkan oleh pori-pori kulit yang mengecil. Hal tersebut akhirnya membuat proses pengeluaran keringat akan terganggu, kemudian akan mengganggu proses metabolisme tubuh pada saat kita tidur.

12. Kipas angin harus dibersihkan minimal dua minggu sekali.

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kosteddysaputra93.blogspot.sg

Kipas angin harus dibersihkan agar debu dan kotoran yang menempel di penutup dan baling-baling kipas terlepas. Ingat! Buka semua bagian kipas angin, seperti penutup depan, belakang, dan baling-baling, jangan lakukan pembersihan di mesin karena akan menyebabkan kerusakan. Maka, secara minimal pembersihannya dilakukan satu kali dalam dua minggu. Namun, lebih baik lagi kalau dibersihkan satu minggu sekali agar kualitas kipas anginmu terjaga.

13. Kipas anginmu kadang mengeluarkan suara aneh? Ini akibat kurang pelumas.

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kostsigitservices.blogspot.sg

Pelumas yang digunakan bisa oli. Penggunaannya diperuntukkan agar poros baling-baling tidak kesulitan berputar. Kesulitan berputar diakibatkan oleh gesekan antar logam yang membantu mesin memutar baling-baling. Dengan tambahan sedikit oli, maka putaran kipasmu akan tetap kencang dan tidak berbunyi.

14. Kualitas adalah ketahanan kipas angin.

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kostthedailybeast.com

Kualitas kipas anginmu akan lebih baik, dari putaran baling-baling yang lebih kencang, mesin yang lebih enteng dan tidak cepat panas. Kamu jadinya akan merasakan kamar kos yang nyaman dengan kipas anginmu!

15. Ada sarung khusus untuk menutup kipas angin jika tidak digunakan

15 Fakta Kipas Angin yang Belum Banyak Diketahui Anak Kostbukalapak.com

Tentunya dengan sarung khusus kipas angin maka debu dan kotoran tidak akan mudah masuk. Apalagi jika kamu lagi pulang kampung, kondisi kamarmu yang tak ada sirkulasi udara akan membuat debu dengan mudah menempel pada mesin, poros, penutup, dan baling-baling kipasmu.

Pada akhirnya jangan mengarahkan kipas anginmu di satu arah saja. Dengan kemampuan kipas anign untuk bergerak ke kiri dan kanan, maka kosmu juga bisa mendapat sirkulasi udara di seluruh bagian. Selain itu membersihkan juga akan menjaga kondisi kipas anginmu!

Baca Juga: Kamu Tahu Kalau Kamu Anak Kos yang Berantakan Karena 13 Hal Ini

Topic:

Just For You