Comscore Tracker

5 Referensi Eichiiro Oda dalam Membuat Karakter Admiral di One Piece

Banyak karakternya terinspirasi dari tokoh nyata

Penulis seri One Piece, Eiichiro Oda, kerap terinspirasi dari tokoh di dunia nyata sebagai referensi karakter. Salah satunya adalah karakter laksamana admiral angkatan laut yang juga terinspirasi dari sederet aktor Jepang yang ia hormati. 

Mulai dari sosok Aokiji hingga Ryoguku, karakter-karakter admiral ini memiliki kemiripan wajah dengan aktor Jepang tertentu. Lalu, aktor siapa saja yang merupakan sumber referensi dan inspirasi dari Eiichiro Oda? Langsung intip ulasannya berikut, yuk!

1. Aokiji - Yusaku Matsuda

5 Referensi Eichiiro Oda dalam Membuat Karakter Admiral di One Piecekolase Aokiji dan Yusaku Matsuda (twitter.com/munetaro_)

Aokiji merupakan admiral yang pertama kali diperkenalkan di One Piece. Setelah kekalahannya dari Akainu, ia berhenti dari angkatan laut dan beralih menjadi bajak laut. Karakter Aokiji ini terinspirasi dari tokoh nyata, yaitu Yusaku Matsuda, yang merupakan seorang aktor laga Jepang era 1970-an.

Mereka memiliki perawakan yang mirip, mulai dari badannya yang tinggi besar hingga gaya rambut keritingnya. Bahkan, keduanya juga memiliki tanggal lahir yang sama, lho! Mereka berdua lahir di tanggal 21 September. 

2. Kizaru - Kunie Tanaka

5 Referensi Eichiiro Oda dalam Membuat Karakter Admiral di One Piecekolase Kizaru dan Kunie Tanaka (twitter.com/munetaro_)

Kalau melihat perbandingan fotonya pasti tampak jelas kemiripannya. Karakter Kizaru juga terinspirasi dari tokoh nyata, yaitu Kunie Tanaka. Hal ini dijelaskan langsung oleh Oda dalam SBS volume 70 yang mengatakan Kizaru terinspirasi dari aktor tersebut.

Kunie Tanaka merupakan aktor legendaris Jepang yang memulai debutnya pada tahun 1960. Dia dikenal dengan perannya sebagai mafia dalam film Battles Without Honor and Humanity. Maka dari itu, gak heran jika Kizaru juga punya vibes mirip mafia, ya!

Baca Juga: 5 Karakter One Piece Pernah Menjadi Bajak Laut dan Marinir

3. Akainu - Bunta Sugawara

5 Referensi Eichiiro Oda dalam Membuat Karakter Admiral di One Piecekolase Akainu dan Bunta Sugawara (twitter.com/munetaro_)

Akainu merupakan tokoh admiral antagonis di One Piece. Dia digambarkan sebagai sosok paling kuat dan brutal terhadap bajak laut. Ini karena dia memegang prinsip keadilan yang tinggi.

Karakter Akainu ini terinsipirasi dari aktor legendaris Jepang, Bunta Sugawara, saat membintangi film Sakazuki. Judul film ini juga yang menjadi nama keluarga Akainu. Selain itu, tanggal lahir keduanya pun sama.

4. Fujitora - Shintaro Katsu

5 Referensi Eichiiro Oda dalam Membuat Karakter Admiral di One Piecekolase Fujitora dan Shintaro Katsu (twitter.com/munetaro_)

Fujitora mungkin jadi admiral yang paling dihormati oleh pecinta One Piece. Dibanding dengan admiral lainnya, Fujitora punya keyakinan sendiri tentang mana hal yang baik dan yang buruk. Bahkan, dia mengakui kalau ada bajak laut yang baik.

Digambarkan sebagai sosok buta, namun, kuat dalam berpedang, Fujitora terinspirasi dari Shintaro Katsu saat membintangi film Zatoichi. Dalam film tersebut, Shintaro memerankan orang buta yang sangat ahli dalam pedang.

5. Ryogoku - Yoshio Harada

5 Referensi Eichiiro Oda dalam Membuat Karakter Admiral di One Piecekolase Ryogoku dan Yoshio Harada (twitter.com/munetaro_)

Ryogoku jadi admiral terakhir yang diperkenalkan di One Piece. Admiral yang satu ini digambarkan sebagai sosok yang serampangan dan rela melakukan apa saja demi dipuji oleh Akainu.

Ryogoku terinsipirasi dari karakter yang diperankan Yoshio Harada dalam film Ronin Gai sebagai Gennai Aramaki. Karakter ini memiliki gaya rambut gondrong sebahu dan punya vibes serampangan yang mirip dengan Ryogoku.

Dalam membangun ceritanya, Eiichiro Oda tentunya memang gak sembarangan membuat karakter. Contohnya terpapar nyata dari sederet tokoh admiral di atas yang terinspirasi dari tokoh di dunia nyata. 

Baca Juga: Bentuk Penghargaan Untuk Eiichiro Oda, Patung Luffy Kini Diresmikan

Essi Rosilawati Photo Verified Writer Essi Rosilawati

“If you're overthinking, write. If you're underthinking, read.” – Mike Crittenden.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya