Comscore Tracker

Kebiasaan yang Harus Kamu Lenyapkan Agar Gak Ngorok Lagi Malam Ini!

Akhirnya semua orang bisa tidur nyenyak!

Suara ngorok bisa membuat malu seseorang. Apalagi kalau sedang tidur beramai-ramai dengan kawan-kawan. Ada indikasi juga bahwa ngorok ialah petanda tubuh yang tidak sehat. Karena itu, kamu harus mengetahui kebiasaan-kebiasaan tidak sehat yang menyebabkan tidur ngorok. Apa saja? berikut jawabannya!

1. Ngorok bisa disebabkan karena kamu sering makan sesuka hati dan tidak peduli pada berat badan.

Kebiasaan yang Harus Kamu Lenyapkan Agar Gak Ngorok Lagi Malam Ini!watchmefitness.com

Ngorok bisa menjadi tanda bahwa tubuh kamu mulai tidak sehat. Salah satunya karena berat badan yang berlebihan. Lemak di sekitar jalur pernapasan menekan aliran napas sehingga udara tidak bisa berjalan lancar. Jadi, hindari makan sesuka hati dan perhatikanlah berat badanmu agar terhindar dari tidur ngorok.

2. Sering tidur dalam posisi terlentang atau tengkurap bisa jadi penyebab ngorok.

Kebiasaan yang Harus Kamu Lenyapkan Agar Gak Ngorok Lagi Malam Ini!tumbnation.com

Dalam posisi tidur terlentang atau tengkurap, udara pernapasan terhalangi oleh lidah dan lemak di tubuh. Untuk mengakalinya, kamu bisa mencoba tidur menyamping. Lagipula, tidur menyamping malah lebih sehat karena bisa membantu perlancar aliran darah.

3. Salah satu penyebab ngorok adalah minum minuman keras sebelum tidur.

Kebiasaan yang Harus Kamu Lenyapkan Agar Gak Ngorok Lagi Malam Ini!bustle.com

Minuman beralkohol sering jadi obat yang manjur untuk tidur terlelap. Tetapi minuman alkohol jugalah yang membuat kamu ngorok saat tertidur. Ini terjadi karena yang menyangga jalur pernapasan menjadi terlalu rileks dan kendur setelah terpengaruh alkohol. Karena tidak ada penyangga, jalur pernapasan menjadi tidak stabil sehingga napas yang keluar-masuk terhalangi. Itulah yang menyebabkan kita ngorok.

Baca Juga: Karakter Seseorang dari Posisi Tidurnya

4. Merokok dengan intensitas tinggi jadi alasan kenapa tidurmu ngorok terus lho.

Kebiasaan yang Harus Kamu Lenyapkan Agar Gak Ngorok Lagi Malam Ini!genius.com

Asap rokok yang dihisap terlalu dalam, dapat membuat iritasi sepanjang jalur pernapasan. Akibatnya terkadang mampu memunculkan pembengkakan dan radang selaput lendir di hidung. Pembengkakan dan peradangan tersebut membuat aliran udara menjadi tidak lancar sehigga suara ngorok pun muncul.

5. Kamu merasa lebih sering bernapas lewat mulut daripada hidung? Kalau iya, inilah penyebab kamu ngorok.

Kebiasaan yang Harus Kamu Lenyapkan Agar Gak Ngorok Lagi Malam Ini!thewhy.com

Bernapas menggunakan mulut begitu berbahaya karena tidak ada alat penyaring udara. Kotoran bisa masuk begitu saja dan menyebabkan gangguan pernapasan. Karena itu, lebih baik bernapas menggunakan hidung.

6. Tapi tenang, untuk menghentikan ngorok, kamu bisa pakai alat bantu.

Kebiasaan yang Harus Kamu Lenyapkan Agar Gak Ngorok Lagi Malam Ini!youtube.com

Beberapa alat bantu tersebut prinsip dasarnya sama, yaitu membuka saluran pernapasan agar lebih lega. Semisal plester nasal, semprotan pelega tenggorokan, dan MAD (Mandibular Advancement Devices). MAD adalah alat yang mengatur letak rahang sehingga tidak mengganggu pernapasan.

7. Atau kamu juga bisa meminta pertolongan medis untuk menghentikan kebiasaan ngorok.

Kebiasaan yang Harus Kamu Lenyapkan Agar Gak Ngorok Lagi Malam Ini!arizonapain.com

Operasi kadang diperlukan bila penyebab ngorok adalah bentuk saluran pernapasan yang tidak normal. Semisal kelenjar gondok yang membesar atau amandel, maka diperlukan operasi pemotongan. Ada juga teknik “Radiofrequency Ablation” yang menggunakan energi panas untuk mengencangkan rongga pernapasan sehingga ngorok dapat terhenti. Caranya, energi panas tersebut disalurkan melalui jarum yang ditancapkan ke dalam tubuh.

Tips nomor satu sampai lima, sebenarnya sudah mampu mengatasi masalah tidur ngorok. Langkah nomor enam dan tujuh, biasanya diperlukan bila masalah ngorok yang terjadi padamu sudah begitu akut.

Mumpung masih muda, mari kita jaga kesehatan sebaik-baiknya ya!

Baca Juga: Cek Artikel Ini untuk Mengetahui Baik Tidaknya Posisi Tidur Favoritmu

Topic:

Berita Terkini Lainnya