Comscore Tracker

Manfaat Posisi Tidur Miring ke Kiri yang Jarang Diketahui Orang

Apa kamu sudah tahu?

Tidur yang cukup adalah kunci untuk menjaga kesehatan mental dan badan. Namun ternyata, masih ada faktor lain yang mempengaruhinya, yaitu kualitas tidur. Kualitas tidur sendiri dipengaruhi oleh posisi tidur: apakah badan menghadap ke kiri dan bagian tubuh sebelah kiri menjadi tumpuan?

Cara tidur ini ternyata pernah dikaji secara ilmiah dengan metode Ayuverda. Ayuverda sendiri adalah pendekatan menyeluruh untuk kesehatan dan obat-obatan yang berasal dari India. Berikut enam keuntungan utama yang bisa kamu dapatkan dari cara tidur ini.

1. Tidur menghadap ke kiri bisa memperkuat sistem limfatik.

Manfaat Posisi Tidur Miring ke Kiri yang Jarang Diketahui Orangthesun.co.uk

Pengobatan Ayuverda mengatakan, memiringkan tubuh ke sisi kiri membantu kelenjar limfa menyaring cairan dan limbah getah bening secara lebih baik. Penelitian barat juga mengatakan kelenjar limfa atau getah bening sebelah kiri adalah yang paling dominan dan kuat untuk menyaring cairan.

2. Tidur menghadap ke kiri bisa memperlancar pencernaan.

Manfaat Posisi Tidur Miring ke Kiri yang Jarang Diketahui Orangthesun.co.uk

Tidur di sisi kiri membuat limbah makanan lebih mudah turun dari usus besar karena ditarik gaya gravitasi. Cara ini juga membantu pankreas dan lambung yang tergantung di sisi kiri untuk bekerja lebih santai dan optimal.

3. Diam-diam, tidur menghadap ke sisi kiri juga bagus untuk jantung.

Manfaat Posisi Tidur Miring ke Kiri yang Jarang Diketahui Orangpostoast.com

Dokter merekomendasikan agar tidur di sebelah kiri. Tujuannya agar sirkulasi darah tetap terjaga. Ini dikarenakan gaya gravitasi dapat membantu jantung untuk memompa darah. Namun beberapa dokter masih melakukan perdebatan, apakah tidur di sisi kanan atau kiri yang bagus untuk kesehatan.

Baca Juga: Kamu Merasa Sudah Tidur Cukup Tapi Masih Capek Setengah Mati? Ini Penyebabnya!

4. Posisi tidur ideal untuk ibu hamil adalah menghadap ke sisi kiri.

Manfaat Posisi Tidur Miring ke Kiri yang Jarang Diketahui Orangbabycenter.com

Ternyata posisi tidur di sebelah kiri juga ideal untuk ibu hamil. Ideal karena membantu mengurangi tekanan pada punggung, memberi celah antara rahim dan jantung. Termasuk juga mendorong aliran darah ke rahim, ginjal, juga janin. Bahkan dokter juga menganjurkan wanita hamil untuk memperbanyak tidur dengan memosisikan badan di sebelah kiri.

5. Tidur menghadap ke sisi kiri mampu membantu menyembuhkan rasa mulas.

Manfaat Posisi Tidur Miring ke Kiri yang Jarang Diketahui Oranghoustonheartburn.com

Studi yang dilakukan oleh Journal of Clinical Gastroenterology mengungkapkan berbaring di sisi kiri tubuh dapat membantu mengurangi gejala refluks asam lambung. Bila sakit maag misalnya, berbaringlah di sisi kiri tubuh selama 10 menit untuk meredakan sakit. Tentu saja akan semakin baik bila dibarengi dengan pertolongan obat-obatan yang sesuai.

6. Tidur menghadap ke sisi kiri juga bisa mengurangi derita sakit punggung.

Manfaat Posisi Tidur Miring ke Kiri yang Jarang Diketahui Orangthebrunettediaries.com

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, tulang punggung adalah tumpuan seluruh badan. Maka sakit punggung disebabkan karena terlalu banyak beban. Untuk mengurangi derita sakit punggung, usahakan agar tidurmu menghadap ke sebelah kiri. Dengan demikian tulang punggungmu tidak tergencet oleh beban tubuh.

Membiasakan tidur menghadap ke kiri memang susah. Kalau belum terbiasa, membutuhkan usaha ekstra. Tetapi santai saja, hasilnya sepadan dengan peningkatan kesehatan serta kebugaran tubuh yang akan kita terima.

Baca Juga: Ternyata, Ini yang Dilakukan Organ Tubuh Kita Saat Tidur

Topic:

Berita Terkini Lainnya