Comscore Tracker

Alat Komunikasi Jadul, Ini 5 Kode Pager yang Menarik untuk Diketahui

Kode pager yang digunakan untuk komunikasi tempo lalu

Mungkin yang ada dalam pikiranmu saat membaca kata "pager" itu pembatas rumah yang terbuat dari besi yang biasa digunakan di depan rumah, bukan? Namun pager yang akan dibahas kali ini adalah alat komunikasi yang eksis di tahun 90-an.

Pager atau radio panggil merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan singkat dari seseorang yang memiliki kepentingan dengan kita. Memang terlihat seperti mengirim SMS, tapi terdapat jenis pager numerik yang hanya menunjukkan urutan kode berupa angka-angka saja.

Jika kita menerima kode tersebut, tentunya kita perlu paham arti dari kode tersebut agar tidak miskomunikasi. Pada umumnya, setelah seseorang mendapatkan kode yang berisikan angka tersebut, mereka akan segera menghubungi orang yang mengirim kode dengan menggunakan telepon rumah atau telepon umum. 

Bagi kamu yang penasaran apa saja kode pager yang umum digunakan tahun 90-an, yuk simak lima kode menariknya berikut ini.

1. 07734

Alat Komunikasi Jadul, Ini 5 Kode Pager yang Menarik untuk Diketahuiilustrasi tulisan hello (pexels.com/cottonbro)

Arti dari 07734 adalah hello atu halo. Mungkin ketika seseorang pemakai pager ingin menyapa seseorang, bisa menggunakan angka 07734. Nah, yang menariknya dari 07734, ternyata jika angka tersebut dibalik, kamu akan melihat tulisan hello dalam huruf kapital.

Jadi, angka 4=H, 3=E, 7=L, 7=L, 0= O. Menarik sekali, ya? Kamu bisa coba sapa temanmu dengan kode 07734, lho.

2. 477

Alat Komunikasi Jadul, Ini 5 Kode Pager yang Menarik untuk Diketahuiilustrasi persahabatan (pexels.com/Yuri Manei)

Selanjutnya, terdapat kode 477 yang bisa dikirim ke sahabat kita. Maksud dari kode 477 adalah best friends forever. Jadi, untuk kode yang satu ini diambil dari jumlah kata dari kalimat best friends forever.

Seperti best (4), friends (7), dan forever (7). Jika kamu ingin menyebut teman sebagai sahabat, tapi malu menyampaikan secara langsung, mungkin kamu bisa coba kasih kode 477 ini.

Baca Juga: 5 Obrolan Ini Ternyata Kode Pasanganmu Siap Naik Pelaminan, Senangnya!

3. 1365244

Alat Komunikasi Jadul, Ini 5 Kode Pager yang Menarik untuk Diketahuiilustrasi tulisan i love you (pexels.com/cottonbro)

Bagi penggemar BTS, pasti kamu pernah nonton RUN! BTS terutama episode 136. Nah, para anggota BTS membahas mengenai kode yang digunakan saat berkomunikasi dengan pager, lho. Mereka harus menebak kode pager dengan jawaban yang benar.

Salah satu kode pager yang dibahas oleh anggota BTS, yaitu 1365244. Apa arti dari kode tersebut? Maksud dari 1365244 adalah aku mencintaimu 365 hari dan 24 jam. Wah, kode yang satu ini sangat cocok untuk disampaikan ke gebetan atau pasangan kamu, nih!

4. 121

Alat Komunikasi Jadul, Ini 5 Kode Pager yang Menarik untuk Diketahuiilustrasi sedang berbincang (pexels.com/Christina Morillo)

Dikarenakan keterbatasan alat komunikasi yang digunakan, pengguna pager hanya bisa menyampaikan beberapa angka saja. Salah satunya lewat kode 121 yang dapat dikirimkan ke seseorang yang ingin kamu ajak berbicar. Maksud dari 121, yaitu I need to talk to you atau aku ingin berbicara denganmu. 

Kenapa bisa 121 menjadi kode untuk mengajak seseorang berbicara? Sebab, ketika ingin membicarakan hal yang serius ke sahabat atau sorang tertentu, pasti kamu ingin mengatakan hal tersebut berdua saja.

Jadi, maksudnya yaitu ingin berbicara berdua tanpa melibatkan orang lain atau dalam bahasa Inggris adalah one to one, di mana pengucapan angka dua terdengar seperti kata "to".

5. 143

Alat Komunikasi Jadul, Ini 5 Kode Pager yang Menarik untuk Diketahuiilustrasi tulisan i love you (pexels.com/Vie Studio)

Mungkin kebanyakan orang sudah mengetahui arti dari 143. Maksud dari kode pager 143 adalah I Love You atau aku cinta kamu. Mengapa bisa 143 diartikan sebagai aku cinta kamu? Sebab dihitung dari jumlah kata dari I love you ini.

Penjelasannya, seperti I (1), love (4), you (3). Kode pager ini juga bisa kamu sampaikan ke gebetan, pasangan, bahkan ke sahabat dan keluargamu juga.

Setelah mengetahui kode angka yang digunakan saat berkomunikasi melalui pager, kamu yang merupakan generasi 90-an pasti sangat merasakan perbedaan perangkat komunikasi dahulu dan sekarang. Selain cukup ribet, kode yang dikirimkan juga sangat terbatas.

Nah, kamu bisa juga gunakan kode yang telah disebutkan untuk ditujukan ke pasangan atau sahabatmu. Jadi cara penyampaiannya lebih unik dan menarik, deh!

Baca Juga: 9 Nama Benda Bahasa Indonesia Serapan dari Bahasa Belanda, Mau Tahu?

Fajrina Annisa Photo Verified Writer Fajrina Annisa

I write what I like and what I see.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya