Comscore Tracker

Punya Nyali? Ini 9 Kuburan Paling Terkenal di Indonesia yang Wajib Kunjungi Sekali!

Apa kamu berani?

Makam yang selama ini identik dengan nuansa seram, yang membuat bulu kuduk berdiri, ternyata menyimpan beragam kisah, bahkan pesona tersembunyi. Setidaknya, ada sembilan makam di Indonesia yang paling terkenal dengan misterinya.

Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Taman Pemakaman Umum Jeruk Purut

Punya Nyali? Ini 9 Kuburan Paling Terkenal di Indonesia yang Wajib Kunjungi Sekali!terseram.com

Namanya tenar lewat cerita-cerita seram yang beredar. Kisah mistisnya pun pernah diangkat menjadi sebuah film. Kabarnya, di TPU Jeruk Purut, gentayangan pastor yang kepalanya dipenggal. Kepercayaan terhadap kisah mistis ini sudah muncul berpuluh-puluh tahun lalu. Banyak orang penasaran dan mendatangi makam ini kala malam hari. Orang-orang yang datang ini berjumlah ganjil. Sebab, menurut cerita, hantu ini muncul saat kelompok berjumlah ganjil.

2. Taman Makam Pahlawan Kalibata

Punya Nyali? Ini 9 Kuburan Paling Terkenal di Indonesia yang Wajib Kunjungi Sekali!Dok.Pribadi/Francisca Christy Rosana

Makam yang terletak di Jakarta Selatan ini tampak sangat rapi dan indah. Ada tembok-tembok besar yang ditulisi nama-nama pahlawan dan kapan dia meninggal. Setidaknya ada 7.000 lebih nama-nama pahlawan yang dimakamkan di taman makam pahlawan ini. TMP tersebut begitu terkenal. Sebab, arsitekturnya memang boleh diakui sangat cantik.

3. Makam Gusdur

Punya Nyali? Ini 9 Kuburan Paling Terkenal di Indonesia yang Wajib Kunjungi Sekali!timesindonesia.co.id

Makam mantan Presiden Indonesia ini memang selalu ramai dikunjungi warga. Berlokasi di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur, makam tersebut menjadi tujuan ziarah orang dari beragam latar belakang. Maklum, semasa hidupnya, Gusdur banyak memperjuangkan kehidupan horizontal warga Indonesia.

4. Makam Bung Karno

Punya Nyali? Ini 9 Kuburan Paling Terkenal di Indonesia yang Wajib Kunjungi Sekali!id.wikipedia.org

Makam milik presiden pertama di Indonesia ini juga banyak dikunjungi masyarakat. Banyak warga berziarah di sana. Makam yang berlokasi di Blitar, Jawa Timur, itu berbentuk joglo dan bernuansa Jawa. Ada juga perpustakaan dan museum di dalamnya. Tiap tahun, Megawati Sukarno Putri—putri Bung Karno yang juga mantan Presiden RI—berziarah di makam pahlawan kemerdekaan itu.

Baca Juga: Hingga Kini Kuburan Masal Korban Tragedi PKI 1965 Masih Jadi Misteri

5. Makam Tanah Kusir

Punya Nyali? Ini 9 Kuburan Paling Terkenal di Indonesia yang Wajib Kunjungi Sekali!weeklyline.net

Di Jakarta, selain TPU Jeruk Purut dan Tanah Kusir, ada sebuah makam yang kerap riuh diperbincangkan. Namanya TPU Tanah Kusir. Selain karena banyak orang terkenal dimakamkan di sana, TPU ini kesohor karena cerita mistisnya. Menurut warga sekitar makam, sering ada kejadian-kejadian seram di situ. Kabarnya, pernah ada misteri jenazah menangis hingga pocong terbang. Percaya atau tidak, nyatanya cerita-cerita itu membuat TPU Tanah Kusir begitu terkenal.

6. Makam Raja-raja Mataram

Punya Nyali? Ini 9 Kuburan Paling Terkenal di Indonesia yang Wajib Kunjungi Sekali!yogyakarta.panduanwisata.id

Tempat ini disebbut juga Makam Imogiri. Keberadaannya dianggap keramat karena di dalamnya teradapat sejumlah raja yang dimakamkan di tempat itu. Makam ini berlokasi di bukit yang masuk gugusan Pegunungan Seribu. Banyak orang berkunjung untuk wisata sejarah dan spiritual. Makam ini dibangun pada 1632 oleh Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo, keturunan dari Panembahan Senopati Raja.

7. Makam Kyai Langgeng

Punya Nyali? Ini 9 Kuburan Paling Terkenal di Indonesia yang Wajib Kunjungi Sekali!kyailanggeng.com

Tempatnya berada di Magelang, Jawa Tengah. Kyai Langgeng merupakan ulama kesohor pada masa penjajahan Belanda. Kyai Langgeng diceritakan sebagai penasihat Pangeran Diponegoro. Banyak orang berbondong-bondong datang untuk berziarah di makam ini, baik dari luar maupun dalam negeri. Kompleks pemakamannya pun didesain sebagai lokasi wisata.

8. Kuburan Wangi Desa Trunyan

Punya Nyali? Ini 9 Kuburan Paling Terkenal di Indonesia yang Wajib Kunjungi Sekali!wonderfulbali.com

Ada sebuah desa yang sangat unik di Pulau Dewata, Bali. Namanya Desa Trunyan. Di desa ini, ada pohon yang menjadi lokasi ditempatkannya orang meninggal di sana. Orang yang meninggal itu tak dikubur. Penduduk setempat menyebutnya hanya meletakkan di situ. Namun tak ada bau busuk. Yang keluar justru wewangian.

9. Pemakaman Tana Toraja

Punya Nyali? Ini 9 Kuburan Paling Terkenal di Indonesia yang Wajib Kunjungi Sekali!lifestyle.liputan6.com

Tradisi memakamkan orang Toraja terkenal sangat unik. Nama upacaranya Rambu Solo. Ada tata cara pemakaman untuk pemakaman ini, yakni dilakukan berdasarkan tingkatannya. Kemudian, orang yang meninggal kabarnya dibawa ke tebing khusus. Tebing inilah yang sangat terkenal di sana. Sama kayak di Trunyan, jenazah yang diletakkan di sana tak bau busuk sama sekali.

Ternyata cerita makam-makam yang terkenal itu beberapa sudah sampai luar negeri loh. Contohnya Makam Raja-raja Mataram, Pemakaman Tana Toraja, dan Pemakaman di Desa Trunyan. Siap mengunjungi makam-makam itu?

Baca Juga: Para Penemu Kuburan Massal 1965 Mengaku Terima Ancaman dan Teror

Topic:

Berita Terkini Lainnya