Comscore Tracker

5 Bumbu Dapur yang Dapat Mengatasi Sakit Gigi

Bumbu ini mudah sekali ditemukan di sekitar kita. Cobalah...

Siapa di antara kita yang pernah merasakan nyeri sakit gigi? Rasa nyeri pada sakit gigi bisa disebabkan banyak faktor. Di antaranya kerusakan pada pulpa. Yaitu lapisan inti terdalam pada gigi hingga berlubang.

Penyebabnya bisa bermacam-macam karena keretakan pada gigi, atau bakteri yang menyerang gusi, tambalan gigi yang pecah dan lainnya. Nah, berikut ini ada tips sederhana untuk mengatasinya.

1. Bawang Putih

5 Bumbu Dapur yang Dapat Mengatasi Sakit Gigimerdeka.com

Bawang putih memiliki kandungan minyak atsiri yang bermanfaat untuk antiseptic dan anti bakteri. Sehingga dapat membantu menghilangkan rasa nyeri saat sakit gigi.

Caranya, tumbuk halus bawang putih, lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Tunggu hingga rasa nyerinya berkurang.

2. Bawang Merah

5 Bumbu Dapur yang Dapat Mengatasi Sakit Gigipixabay.com

Bbawang merah juga dikenal dapat menghilangkan rasa nyeri sakit gigi. Bahkan bawang merah lebih unggul dari bawang putih. Sebab bawang merah memiliki kandungan anti septik dan anti microba.

Selain dapat menghilangkan nyeri, bawang merah juga dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi tersebut. Cara menggunakannya sama seperti bawang putih.

3. Biji Asam Jawa

5 Bumbu Dapur yang Dapat Mengatasi Sakit Gigitipssehatonline

Biji asam jawa juga dapat digunakan sebagai penghilang rasa nyeri. Namun cara penggunaannya sedikit merepotkan. Yaitu sangrai biji asam jawa hingga kering, lalu ditumbuk halus. Kemudian dicampur sedikit air dan jadikan sebagai pasta gigi.

Hal ini sangat baik untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi, sekaligus dapat memutihkan gigi.

4. Lada

5 Bumbu Dapur yang Dapat Mengatasi Sakit Gigirumahmesin

Cara menggunakan lada yakni dengan cara menumbuknya hingga halus. Lalu campur bersama sedikit air hingga menjadi seperti pasta.

Tempelkan pada gigi yang sakit. Hal ini juga bisa digunakan saat gigi sedang tidak sakit untuk mencegah kembalinya sakit.

5. Daun Jambu Biji

5 Bumbu Dapur yang Dapat Mengatasi Sakit Gigitipsterkini

Daun jambu biji terkenal bisa mengatasi masalah sakit perut yaitu diare. Namun daun ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan sakit gigi.

Caranya, ambil beberapa helai daun jambu biji, lalu diremas hingga mendapatkan cairan kentalnya. Lalu cairan tersebut dicampur air hangat dan pakai untuk berkumur. Lakukan saat pagi dan malam hari, maka Anda bisa ucapkan selamat tinggal pada sakit gigi.

Bagaimana pun "Menjaga itu lebih baik dari pada mengobati". Jadi jagalah kebersihan mulut kita dengan cara sikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur.

Hamza Photo Writer Hamza

berusaha jadi lebih baik.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya