Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Jamaah Tarawih Semakin Menyusut Jelang Lebaran

#RamadanMasaKini Jangan-jangan tergoda diskon besar di mall?

Selain menahan lapar dan haus, ada ibadah lain untuk menambah pahala yang khusus dijalankan saat bulan Ramadan yaitu salat tarawih. Ada berbagai kebaikan dan manfaat yang didapat saat seseorang melakukan tarawih dengan sungguh-sungguh. Jika pada malam pertama tarawih jamaah membludak hingga halaman masjid, maka pada hari-hari selanjutnya jamaah akan menyusut drastis. Seolah sudah menjadi tradisi, penyusutan jamaah tarawih biasa terjadi di berbagai penjuru daerah di Nusantara.

Nah, berikut ini beberapa alasan singkat mengapa jamaah tarawih semakin menyusut dari hari ke hari seiring dengan makin dekatnya Hari Lebaran;

1. Jadwal acara buka bersama semakin banyak

5 Alasan Mengapa Jamaah Tarawih Semakin Menyusut Jelang Lebarannfppeople.com.au

Seiring dengan luasnya pertemanan sosial kamu, maka ajakan berbuka puasa biasanya datang dari berbagai komunitas. Bagi yang menganggap acara buka bersama alias bukber lebih penting dari ibadah, mereka biasanya akan mengiyakan ajakan tersebut tanpa mikir panjang. Boleh saja ikutan bukber, namun jangan sampai acara tersebut melalaikan kamu dari kewajiban utama sebagai seorang muslim seperti salat Maghrib dan Isya, serta salat sunah tarawih.

2. Tubuh sudah terasa mulai lelah

5 Alasan Mengapa Jamaah Tarawih Semakin Menyusut Jelang Lebaranruntastic.com

Terutama bagi yang bekerja keras, mereka biasanya akan merasa lelah saat jam tarawih tiba. Karena kondisi tubuh yang mulai terasa lelah, biasanya mereka akan melewatkan tarawih dan menjadi salah satu penyebab jamaah tarawih menyusut. Namun, selama niat ibadah sudah tertanam dalam jiwa, lelah atau tidak bukan menjadi alasan untuk meninggalkan salat tarawih bukan?

3. Mulai sibuk dengan urusan-urusan keduniawian

5 Alasan Mengapa Jamaah Tarawih Semakin Menyusut Jelang Lebarangenerationgranny.com

Kesibukan duniawi memang terkadang membuat orang lupa dengan ibadah, termasuk melupakan salat tarawih. Karena kebutuhan manusia sangat kompleks, maka segala urusan-urusan duniawi bisa mengalihkan manusia dari ibadah. Kamu yang terlalu disibukkan dengan urusan dunia, jangan sekali-kali melupakan ibadah utama sebagai seorang Muslim ya?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ibadah Tarawih

4. Sikap malas mulai menguasai pikiran

5 Alasan Mengapa Jamaah Tarawih Semakin Menyusut Jelang Lebarannypost.com

Rasa malas dalam diri manusia memang terkadang sulit dihindari, terutama ketika berurusan dengan ibadah. Terkadang, kebanyakan manusia memang biasanya lebih tertarik bermalas-malasan dengan gadget daripada melakukan ibadah. Alasannya sangat beragam, bisa karena lelah, malas, kekenyangan, mager, dan hal-hal lain yang mereka anggap sebagai pembenaran.

5. Tergoda diskon gila-gilaan di mall, tapi tidak tergoda diskon ibadah

5 Alasan Mengapa Jamaah Tarawih Semakin Menyusut Jelang Lebaranmitofago.com.mx

Nah, ini nih yang menjadi alasan utama mengapa masjid sepi saat tarawih menjelang Lebaran. Orang-orang biasanya akan lebih tertarik dengan diskon fantastis di mall daripada diskon ibadah berkali-kali lipat di masjid. Atas dasar kebutuhan, mereka rela meninggalkan salat tarawih demi hasrat memiliki barang-barang mewah di mall. Kapan lagi coba ada diskon hingga 90% selain momen menjelang Lebaran? Iya, kapan lagi kamu dibodoh-bodohi diskon palsu oleh para pelaku ekonomi dengan jeratnya yang ‘memabukkan’!

Ingat ya, salat tarawih sejatinya hanya ada sebulan dalam setahun. Masa kamu gak sayang sih melewatkan momen penting beribadah salat tarawih yang pahalanya berkali-kali lipat? Yuk, mumpung Ramadan masih menyisakan banyak hari, perbanyak ibadah salah satunya dengan rajin melaksanakan salat tarawih!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You