Comscore Tracker

6 Alasan Mengapa Gak Ikut Bukber Bukan Merupakan Kesalahan Fatal

#RamadanMasaKini Jangan dikit-dikit bilang sombong ya?

Momen bulan puasa biasanya banyak dimanfaatkan oleh komunitas tertentu untuk mengadakan acara bukber alias buka puasa bersama. Tak hanya satu perkumpulan, ajakan acara bukber biasanya datang dari pelbagai lingkungan pertemanan; alumni sekolah, komunitas, hobi bersama, hingga grup arisan. Namun, di antara sekian banyak anggotanya, pasti akan ada saja 1-2 orang yang sulit sekali di ajak bukber dengan berbagai alasan.

Jangan dulu menyebut mereka sombong ya, karena bisa jadi alasan-alasan di bawah ini menjadi penyebab mereka tak bisa ikut acara bukber;

1. Potensi ghibah terbuka lebar

6 Alasan Mengapa Gak Ikut Bukber Bukan Merupakan Kesalahan FatalPixabay.com/Free-Photos

Alih-alih bersilaturahmi dengan berkumpul dan makan bersama saat buka puasa, yang terjadi malah pembicaraan yang tak efektif di antara anggotanya. Tak jarang saat bersama, mereka malah sibuk membahas orang-orang dan hal-hal yang sama sekali tak mendatangkan manfaat. Malah, potensi terjadi ghibah saat berkumpul bersama sangat terbuka lebar meski diawali dari sebuah niat baik berbuka puasa.

2. Momen makan bersama tak harus saat bulan Ramadan

6 Alasan Mengapa Gak Ikut Bukber Bukan Merupakan Kesalahan Fatalnfppeople.com.au

Apalagi jika buka puasa dilakukan di antara teman-teman yang bisa kamu temui sehari-hari, momen buka puasa tentu bukan menjadi hal yang istimewa. Tak harus bulan puasa, momen makan bersama bisa dilakukan di hari-hari biasa jika ingin lebih melekatkan tali silaturahmi. Bukankah hakikat dari buka bersama itu nilai silaturahmi dan bukan pada acara makan bersamanya kan?

3. Mengurangi jumlah manusia di jalan raya sehingga menekan kemacetan

6 Alasan Mengapa Gak Ikut Bukber Bukan Merupakan Kesalahan Fatalsmartcitiesworld.net

Apalagi menjelang Lebaran, kemacetan di jalan raya sudah pasti tidak bisa terhindarkan saat kamu keluar rumah saat Maghrib tiba. Dengan tidak ikutnya kamu di acara bukber, tentu saja bisa mengurangi arus kemacetan yang terjadi di jalan raya. Kamu bisa memberikan kesempatan kepada orang-orang di jalan raya yang lebih memiliki urusan penting dari acara bukber.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Resto All You Can Eat di Bandung, Cocok untuk Bukber

4. Larut dalam obrolan biasanya mengesampingkan ibadah wajib

6 Alasan Mengapa Gak Ikut Bukber Bukan Merupakan Kesalahan Fatalaleteia.org

Saat kumpul-kumpul bersama teman-teman, terkadang mereka biasanya akan larut dalam obrolan seru dan panjang yang membuat mereka lupa segala-galanya. Termasuk saat waktu ibadah tiba, mereka biasanya akan menunda dengan alasan ‘nanggung lagi seru’. Jika acara bukber mengalihkan urusan kamu dalam hal ibadah seperti salat Maghrib dan tarawih, lebih baik jangan ikutan acara tersebut deh!

5. Buka puasa bersama keluarga lebih afdol

6 Alasan Mengapa Gak Ikut Bukber Bukan Merupakan Kesalahan Fatalcountry-guide.ca

Kamu tentu tahu bahwa buka puasa bersama keluarga jauh lebih menyenangkan daripada buka puasa di luar rumah. Kamu bisa membantu memasak dan menyiapkan takjil bersama ibu, bercanda dengan adik dan kakak, mendapat petuah dari ayah, dan kebahagiaan kecil lain bersama keluarga. Meski bukber di luar juga bukan merupakan yang salah, kamu pasti pernah merasakan bagaimana kebahagiaan hadir saat acara buka puasa di rumah bersama keluarga kan?

6. Hakikat kebersamaan pudar seketika saat semua sibuk dengan gadget masing-masing

6 Alasan Mengapa Gak Ikut Bukber Bukan Merupakan Kesalahan FatalPixabay.com/rawpixel

Di era serba digital seperti sekarang ini, bukber tak lagi memiliki tujuan sebagai ajang silaturahmi dan menjalin kebersamaan. Pada kenyataannya, ketika bukber, para anggotanya biasanya akan sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Bukannya sibuk bersilaturahmi dengan membahas hal-hal bermanfaat, mereka biasanya lebih sibuk update status, posting foto Instagram, curhat makanan mahal namun gak enak, dan hal-hal remeh temeh lainnya.

Ingat ya, setiap orang memiliki skala prioritas masing-masing dalam kehidupannya. Jangan mudah langsung beranggapan mereka sombong karena bisa jadi mereka lebih memiliki semangat kebersamaan (tak hanya dari mengiyakan ajakan berbuka puasa) yang lebih tinggi daripada kamu.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You