Comscore Tracker

5 Tips Belanja saat Puasa untuk Lebaran, Anti Ketipu Diskon Gede

#RamadanMasaKini Wuih, siapa nih yang udah dapet THR?

Meski Lebaran masih beberapa minggu lagi, namun beberapa mall sudah menawarkan banyak diskon untuk pernak-pernik keperluan Lebaran. Bagi yang memiliki uang lebih, mungkin akan memilih belanja jauh-jauh hari untuk menghindari membludaknya konsumen di hari-hari terakhir puasa. Seolah sudah menjadi tradisi, mall-mall dan pasar akan penuh sesak ketika Lebaran sudah berada di depan mata.

Bagi kamu belanja di pertengahan puasa untuk keperluan Lebaran, tak ada salahnya mengikuti tips sederhana di bawah ini agar terhindar dari segala bentuk kejahatan;

1. Jangan belanja sendiran, bawa teman atau saudara minimal satu orang

5 Tips Belanja saat Puasa untuk Lebaran, Anti Ketipu Diskon GedePixabay.com/rawpixel

Ingat ya, jangan coba-coba belanja sendiri saat akan membeli barang-barang keperluan Lebaran di mall atau pasar. Setidaknya, ajak satu teman atau saudara agar bisa saling mengingatkan satu sama lain jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Kamu tentu tidak ingin jadi sasaran empuk para penjahat kan jika nekat belanja seorang diri?

2. Fokus dan tetap waspada saat berada di perjalanan hingga tempat belanja

5 Tips Belanja saat Puasa untuk Lebaran, Anti Ketipu Diskon GedePixabay.com/StockSnap

Selain jangan berangkat sendiri, usahakan tetap fokus pada barang bawaan dan waspada terhadap orang-orang asing serta lingkungan sekitar. Meski sedang puasa, jangan sampai konsentrasi kamu buyar di tengah jalan hanya karena terpukau dengan barang-barang yang dipajang di mall. Jangan juga cepat akrab dengan orang asing karena bisa jadi mereka adalah pelaku kejahatan hipnotis yang sekarang merajalela melakukan aksi tak terpujinya.

Baca Juga: Ini 5 Cara yang Perlu Kamu Coba Agar Hemat Belanja Kue Lebaran

3. Belanja kebutuhan yang lebih penting dan jangan tergiur membeli barang menarik lainnya

5 Tips Belanja saat Puasa untuk Lebaran, Anti Ketipu Diskon GedePixabay.com/kaboompics

Saat sudah berada di mall, kamu biasanya akan tergiur dengan beberapa barang menarik yang membuat hasrat belanjamu semakin mencuat. Buat daftar list barang-barang yang diperlukan dan penting agar ‘lapar mata’ kamu tidak menguasai pikiranmu. Sesuatu yang kamu inginkan tentu saja tidak semuanya kamu butuhkan kan?

4. Jangan terpukau dengan diskon tak masuk akal

5 Tips Belanja saat Puasa untuk Lebaran, Anti Ketipu Diskon GedePixabay.com/PublicDomainPictures

Diskon tak masuk akal yang ditawarkan pihak mall biasanya akan dipromosikan besar-besaran untuk memikat konsumen sebanyak-banyaknya. Ingat kembali hukum diskon yang berlaku di mall: ‘diskon adalah harga asli yang dinaikkan sekian persen sehingga terkesan lebih murah, meski harganya normal’. Jangan mau dibodoh-bodohi para pebisnis ya, jadilah konsumen yang cerdas!

5. Bawa uang seperlunya dan pisahkan menurut kebutuhan

5 Tips Belanja saat Puasa untuk Lebaran, Anti Ketipu Diskon GedePixabay.com/jarmoluk

Karena keinginan membeli barang-barang biasanya hadir secara spontan, maka kamu perlu mengatur keuangan menjadi lebih bijak. Bawalah uang seperlunya dan pisahkan menurut kebutuhannya masing-masing. Dengan mengatur keuangan, kamu akan lebih bijak mengatur pengeluaranmu dan tidak kaget saat mengetahui tiba-tiba saldo ATM kamu ludes tak bersisa untuk hal-hal tak berguna.

Meski sederhana, tips di atas sepatutnya kamu terapkan saat akan berbelanja keperluan Lebaran di mall. Tetap waspada dan hati-hati di bulan puasa ini ya, gengs?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Belanja Online

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You