Comscore Tracker

7 Fakta Kucing Norwegian Forest, Si Manis yang Akan Mencuri Hatimu

Lebih besar dari kucing biasa!

Anggun dengan bulu lebat nan panjang, kucing ras Norwegian Forest akan membuat pecinta kucing manapun jatuh hati. Kamu punya kucing peliharaan ras ini? Atau berpikiran untuk mengadopsi? Apa kamu tahu kalau kucing ras ini memiliki sejarah panjang dan nyaris punah pada perang dunia kedua?

Disimak, yuk, semua faktanya!

1. Lebih besar dari kucing biasa

7 Fakta Kucing Norwegian Forest, Si Manis yang Akan Mencuri HatimuInstagram.com/kiro_and_todi

Rata-rata kucing biasa pada umumnya memiliki panjang 46 sentimeter (tanpa ekor) dan berbobot 3,6 sampai 4,2 kilogram. Sementara kucing Norwegian Forest bisa tumbuh mencapai panjang 100 sentimeter, dan berbobot 8 kilogram untuk betina dan 9 kilogram untuk jantan.

2. Bulu tebal dan panjang untuk melawan cuaca dingin ekstrim

7 Fakta Kucing Norwegian Forest, Si Manis yang Akan Mencuri HatimuInstagram.com/catlord_dracula

Kucing Norwegian Forest berasal dari tanah Eropa Utara yang dekat dengan daerah kutub dan telah beradaptasi dengan cuaca dingin. Bulu tebal dan panjangnya membuat mereka mampu bertahan hidung di tengah-tengah musim dingin. Mereka juga memiliki lapisan lemak yang menutupi tubuh untuk perlindungan ekstra dari cuaca ekstrim.

3. Sejarah panjang kucing Norwegian Forest

7 Fakta Kucing Norwegian Forest, Si Manis yang Akan Mencuri HatimuInstagram.com/sonjasorta_photography

Meski baru populer akhir-akhir ini, Perhimpunan Penyayang Kucing (Cat Fanciers' Association) menyebutkan dalam situsnya bahwa kucing ras ini sudah ada sejak dulu. Orang-orang Norwegia yakin kucing ini sudah ada sejak lama, bahkan muncul di beberapa mitologi dan cerita rakyat.

Kemungkinan kucing ras ini dibawa oleh para Viking ke kapal-kapal mereka untuk melenyapkan hewan-hewan pengerat.

Baca Juga: 5 Fakta Maine Coon, Kucing Rumahan yang Berbadan Raksasa

4. Hampir punah saat perang dunia kedua

7 Fakta Kucing Norwegian Forest, Si Manis yang Akan Mencuri HatimuInstagram.com/aslantheforestcat

Perhimpunan Penyayang Kucing (CFA) menjelaskan bahwa kucing Norwegian Forest nyaris punah akibat perkawinan silang dengan kucing domestik berbulu pendek di Norwegia. Usaha penyayang kucing untuk mempertahankan ras ini terhalang oleh situasi perang dunia kedua.

Baru setelah perang, mereka berhasil menyelamatkan ras ini dari kepunahan. Kucing Norwegian Forest mulai dikenalkan ke seluruh dunia, bahkan Raja Olaf Kelima menetapkan kucing ras ini sebagai kucing nasional negara Norwegia.

5. Berkerabat dengan kucing Maine Coon

7 Fakta Kucing Norwegian Forest, Si Manis yang Akan Mencuri HatimuInstagram.com/winsneswilda

Beberapa orang yakin bahwa kucing Norwegian Forest adalah leluhur dari kucing ras Maine Coon. Hal ini dapat terlihat dari betapa miripnya dua ras kucing ini. Orang awam akan sulit membedakan mereka. Mereka sama-sama berbulu panjang nan lebat, dan termasuk ras-ras kucing terbesar di dunia. 

6. Hewan yang sabar dan ramah pada siapapun

7 Fakta Kucing Norwegian Forest, Si Manis yang Akan Mencuri HatimuInstagram.com/rossi.senna

Kucing ras ini dikenal senang menghabiskan waktunya dengan siapapun, termasuk anak kecil dan hewan peliharaan lain seperti anjing. Mereka hewan yang sangat sabar dan tidak mudah stres. Mereka biasa menyapa tamu yang datang ke rumah dengan duduk di pangkuan mereka.

7. Hobi memanjat

7 Fakta Kucing Norwegian Forest, Si Manis yang Akan Mencuri HatimuInstagram.com/hanselthecatto

Bagi kamu pemilik atau siapapun yang berencana untuk mengadopsi kucing ras ini, CFA menyarankan untuk menyediakan lingkungan di mana kucing ini bisa bebas memanjat. Mereka senang sekali memanjat dan mengawasi sekelilingnya dari tempat tinggi.

Nah, itu tadi adalah fakta-fakta kucing Norwegian Forest. Apa kamu berencana untuk mengadopsi kucing ras ini? Pelajari lebih dalam tentang mereka, ya, sebelum mengadopsi.

Baca Juga: 8 Potret Kucing Langka dan Berbulu Indah, Mana yang Jadi Favoritmu? 

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

"And the servants of the Most Merciful are those who walk upon the earth gently, and when the ignorant address them [harshly], they say [words of] peace," Quran (25:63)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You