Comscore Tracker

Jangan Dibiarkan, Ini Alasan Kenapa Kucingmu Mendadak Malas Makan

Bisa karena penyakit, lho

Kucing terkenal memiliki selera makan yang pilih-pilih. Mereka biasa mogok makan karena masalah sepele seperti makanan terlalu dingin, tak lagi renyah, hambar, itu-itu saja, sampai tempat makanan kotor ataupun berubah. Namun jangan abaikan perubahan perilaku ini. Hilang selera makan juga merupakan tanda-tanda penyakit yang perlu kamu waspadai.

Sebelum buru-buru berasumsi kalau kucingmu super manja, kamu perlu mengenali alasan-alasan mengapa kucing peliharaan bisa kehilangan selera makan. Berikut alasan-alasannya!

1. Bosan dengan makanan

Jangan Dibiarkan, Ini Alasan Kenapa Kucingmu Mendadak Malas MakanUnsplash/kerber

Kalau kamu memberi makanan itu-itu saja, wajar kalau kucingmu akan bosan. Coba berikan makanan bervariasi yang bisa menggugah makanan selera mereka. Selingi makanan rutin dengan suguhan-suguhan tertentu. Apabila kamu terbiasa memberi mereka makanan kering, coba selingi dengan makanan kucing basah.

2. Vaksinasi

Jangan Dibiarkan, Ini Alasan Kenapa Kucingmu Mendadak Malas MakanUnsplash/ejleusink

Apabila kucingmu tiba-tiba mogok makan setelah mendapatkan vaksinasi, bisa jadi vaksinasi adalah penyebabnya. Hilangnya selera makan merupakan salah satu efek samping dari vaksinasi yang tak perlu kamu khawatirkan. Namun kamu perlu berkonsultasi dengan dokter hewan kalau mereka mogok makan terlalu lama setelah vaksinasi.

3. Perubahan lingkungan sekitar

Jangan Dibiarkan, Ini Alasan Kenapa Kucingmu Mendadak Malas MakanUnsplash/paul_

Kucing merupakan makhluk yang sensitif. Mengubah kebiasaan akan mengganggu selera makan mereka. Pindah ke tempat baru dan asing akan membuat mereka resah dan malas makan. Perubahan-perubahan kecil seperti jenis makanan, posisi wadah makanan, hingga kehadiran orang atau hewan peliharaan baru dalam rumah juga akan menjadi pemicu.

Baca Juga: 9 Pesan yang Disampaikan Kucing Melalui Kelakuannya, Ada Bawa Bangkai

4. Masalah psikologis

Jangan Dibiarkan, Ini Alasan Kenapa Kucingmu Mendadak Malas MakanUnsplash/wx1993

Tak hanya manusia, hewan seperti kucing pun juga bisa mengalami masalah psikologis. Stres, kecemasan, hingga depresi bisa menjadi dalang hilangnya selera makan si kucing. Kamu perlu mencari tahu sumber tekanan dan menghilangkannya, atau membantu mereka terbiasa dengan hal tersebut.

5. Penyakit

Jangan Dibiarkan, Ini Alasan Kenapa Kucingmu Mendadak Malas MakanUnsplash/izandphil

Perhatikan kalau kucingmu mendadak mogok makan. Apakah ia tampak kesakitan ketika makan atau malah tidak makan sama sekali? Hilangnya selera makan bisa jadi tanda berbagai macam penyakit.

Gangguan seperti sakit gigi, masalah gusi, dan gangguan dalam mulut lain akan membuat mereka tampak kesusahan dan kesakitan ketika makan. Penyakit-penyakit serius seperti gangguan ginjal, masalah pencernaan, dan lain-lain juga perlu diwaspadai. Terutama bila hilang selera makan diikuti dengan tanda-tanda lain seperti perubahan perilaku, tak bertenaga, muntah, diare, dan lain-lain.

6. Kurang minum atau dehidrasi

Jangan Dibiarkan, Ini Alasan Kenapa Kucingmu Mendadak Malas MakanUnsplash/chrispanas

Kucing termasuk hewan yang malas minum. Kamu perlu menyediakan tempat minum sendiri untuknya atau memiliki sumber air seperti kolam di mana kucing bisa minum darinya. Selain itu, kamu juga bisa memberikan makanan yang memiliki kadar air cukup supaya kebutuhan air kucingmu terpenuhi.

Bila kucing peliharaanmu tidak makan dalam kurun waktu dua puluh empat jam atau lebih, kamu harus mulai bertindak. Tidak mendapatkan asupan nutrisi akan mengganggu kesehatan mereka lebih serius lagi. Segera bawa mereka ke klinik hewan bila kamu tidak dapat menemukan penyebabnya.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat mereka tinggal, beri makanan yang bergizi secara rutin, dan hindarkan mereka dari stres.

Baca Juga: Hai Pencinta Kucing! 5 Channel YouTube yang Wajib Kamu Tonton

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya