Comscore Tracker

5 Perkembangan Digital Ini Gak Dirasakan Generasi Jadul

Perkembangan teknologi yang positif!

Pastinya kita semua sebagai bagian dari generasi milenial sadar betul soal berbagai perkembangan teknologi di era digital yang terjadi sekarang ini. Mulai dari yang terkecil sampai hal besar mengalami perubahan, termasuk beberapa cara dalam kehidupan sehari-hari. Gak dimungkiri juga, kalau berbagai elemen yang berkaitan dengan teknologi juga ikut mengalami peningkatan perkembangan.

Dan yap, masyarakat harus sadar bahwa perkembangan teknologi dan informasi di dunia digital berperan cukup penting untuk mendorong inovasi dan kreativitas generasi muda. Gak cuma itu, perkembangan teknologi pun ikut andil untuk menggali berbagai potensi anak muda dan mendorong lebih untuk mengembangkannya.

Omong-omong, berikut ini ada lima perkembangan gaya hidup yang bikin generasi zaman now gampang buat ngapa-ngapain, yuk keep scrolling!

1. Berbelanja secara online

5 Perkembangan Digital Ini Gak Dirasakan Generasi Jadulunsplash.com/freestocks

Di zaman dulu, kakek-nenek bahkan orang tua kita saat memerlukan sesuatu untuk dibeli, mereka pergi ke tempat jual-beli seperti pasar atau warung tetangga. Keluar dari rumah, mendatangi tempat belanja, barulah mendapatkan barang yang diinginkan setelah membayar belanjaan.

Berbeda dengan generasi kita para milenial dan juga Gen Z saat menginginkan sesuatu dapat langsung mengeksplorasi platform belanja online. Setelah checkout, bayar deh melalui virtual banking account. Segampang itu generasi milenial dan juga Gen Z saat berbelanja online.

2. Pesan makanan

5 Perkembangan Digital Ini Gak Dirasakan Generasi Jadulunsplash.com/Victor He

Dulu harus datang ke tempat warung makan saat ingin menyantap berbagai menu masakannya. Sekarang, hanya dengan rebahan di atas kasur sambil membuka platform digital yang menyediakan berbagai macam produk makanan atau minuman.

Melihat menu, memilih apa saja yang ingin dibeli, dan menunggu si abang pengantar makanan atau minuman sampai di depan rumah sembari kita membayar totalannya. Hayo siapa nih yang suka seperti ini?

3. Panggil tukang ojek

5 Perkembangan Digital Ini Gak Dirasakan Generasi Jadulunsplash.com/Egor Myznik

Berbagai layanan yang bakal didapetin kalau naik ojek online salah satunya adalah keterangan ketentuan yang jelas buat customer, termasuk soal berapa biayanya atau berapa lama estimasi sampai tujuannya. Informasi yang jelas dan terarah ini menjadi nilai tambah bagi para penyedia layanan itu.

Gak cuma itu, kita juga bisa mendapatkan si abang ojek melalui platform digital yang ada. Memilih tempat tujuan dan menentukan titik lokasi penjemputan, tinggal nunggu sampai aja nih!

Baca Juga: Perkembangan Digital Assistant dari Dulu hingga Kini

4. Bertukar kabar

5 Perkembangan Digital Ini Gak Dirasakan Generasi Jadulunsplash.com/Yannik Mika

Ada yang pernah coba kirim surat lewat Pak Pos gak nih? Dulu sih kalau pengin bertukar kabar dengan orang lain kirimnya lewat Pak Pos ya? Setelah semua surat terkumpul, Pak Pos bakal mengakomodir semua harapan pengirim agar suratnya selamat sampai tujuan.

Sekarang, sudah tersedia banyak sekali platform digital yang memudahkan akses orang-orang untuk bertukar pesan. Mulai dari pesan teks, bertelepon, mengirim gambar, hingga melakukan video call.

5. Mengabadikan momen

5 Perkembangan Digital Ini Gak Dirasakan Generasi Jadulunsplash.com/sarandy westfall

Kalau di zaman dulu, mencetak semua foto adalah hal yang biasa. Beda nih dengan generasi milenial yang bisa menyimpan di mana saja berbagai memori indah. Bisa di-upload di laman Instagram, Google Drive, dan sebagainya. Gak perlu bingung lagi deh!

So, tunggu apalagi? Sadar kan kalau perkembangan teknologi di dunia digital semakin memudahkan kita untuk melakukan berbagai kegiatan, hal itu juga berperan penting dalam menggali berbagai potensi generasi muda dan mendapatkan peluang untuk mengembangkannya. Nah, karena itu, yuk mulai sekarang kita kembangkan potensi untuk meningkatkan kualitas diri!

Baca Juga: 5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Dapat Mentor Oke untuk Perkembangan Karier

Indy Mabarroh Photo Verified Writer Indy Mabarroh

02

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya