Comscore Tracker

Bukan Introver, 5 Hewan Ini Memang Memegang Prinsip Antisosial

Mereka akan terlihat bersama saat kawin saja~

Pada umumnya, hewan memiliki hubungan saling ketergantungan satu sama lain. Mereka selalu bekerja sama dan saling membantu untuk membentuk ikatan sosial, mencari makanan dan lain-lain. Hal tersebut tidak berlaku bagi 5 hewan di bawah ini, mereka memiliki pola organisme soliter alias menyendiri. Lalu, hewan apa aja sih yang suka menyendiri tersebut?

1. Macan tutul salju

Bukan Introver, 5 Hewan Ini Memang Memegang Prinsip Antisosialaaronwilliamsmakeupportfolio.blogspot.com

Macan tutul salju (Panthera uncia) dapat ditemukan di pegunungan Asia Tengah, Afganistan hingga Tibet. Hewan ini adalah salah satu predator tertinggi di dunia. Mereka biasa memangsa kambing gunung, kelinci, dan hewan lainnya di sekitar wilayah cakupannya.

Hewan yang memiliki warna putih keabu-abuan ini adalah hewan golongan soliter. Mereka hidup dan berburu sendirian sepanjang hidupnya. Jantan dan betina hanya akan bersama dalam beberapa waktu saja untuk kawin, dan sang jantan jika betina sudah mengandung akan pergi kembali. Betina merawat anaknya sekitar 18 bulan, selebihnya anak tersebut akan di lepas liarkan.

2. Beruang

Bukan Introver, 5 Hewan Ini Memang Memegang Prinsip Antisosialdesicomments.com

Dilansir dari sciencing.com, hampir semua spesies beruang, meliputi beruang hitam, beruang grizzly, beruang kutub dan panda, adalah golongan hewan soliter. Jika bukan karena untuk mengurus anaknya, beruang betina akan pergi dan hidup mandiri. Terlebih beruang jantan. Beruang jantan akan berada dalam kerumunan semata-mata guna mempertahankan wilayah, makanan dan pasangan.

3. Tikus tanah

Bukan Introver, 5 Hewan Ini Memang Memegang Prinsip Antisosialknittingapp.info

Tikus tanah (Geomyidae) adalah satu dari sekian banyak spesies tikus yang biasa menjalani kehidupan seorang diri. Mamalia kecil ini memiliki kebiasaan membuat terowongan di bawah tanah untuk menyimpan cadangan makanan, bahkan cadangan makanan di masa depan.

Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam terowongan tersebut. Jika terowongan antara satu tikus dengan tikus lain tumpang tindih, meskipun memiliki ikatan saudara, mereka akan berkelahi untuk mempertahankan teritorialnya.

Baca Juga: Daftar Hewan-hewan Asal Tiongkok yang Dilarang Masuk Indonesia

4. Anjing laut Hawaii

Bukan Introver, 5 Hewan Ini Memang Memegang Prinsip Antisosialhawaiioceanproject.com

Anjing laut Hawaii memiliki kebiasaan yang berbeda dengan spesies anjing laut lain. Mereka sangat anti-sosial dan menjauhi yang namanya berkoloni. Sekalipun mereka memiliki cakupan wilayah yang berdekatan, sekadar kontak dan berinteraksi sejenak saja mereka sangat menghindarinya. Namun cukup disayangkan, mamalia endemik Kepulauan Hawaii ini dinyatakan terancam punah.

5. Hiu putih

Bukan Introver, 5 Hewan Ini Memang Memegang Prinsip Antisosialk.sina.cn

Hiu putih (Carcharodon carcharias) adalah sang predator yang keberadaannya ancaman besar bagi singa laut, anjing laut, penyu, paus dan lain-lain. Mamalia laut ini bisa tumbuh dengan panjang 6 meter, berat 2.268 kg dan gigi yang jumlahnya mencapai 300 buah. Sangat mengerikan bukan?

Mamalia laut ini adalah salah satu hewan soliter. Mereka akan terlihat bersama hanya ketika menemukan sumber santapan di wilayah yang sama. Tanpa istilah saling membantu pun hiu putih yang dikenal memiliki kekuatan super ini dijamin bisa hidup mandiri ya.

Itulah 5 hewan yang menyukai kesendirian (soliter) di dunia. Mungkin kalau manusia tidak akan ada yang bisa hidup seperti mereka, ya.

Baca Juga: Antimainstream, 9 Artis Ini Mendapat Hadiah Berupa Hewan Peliharaan

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya