Comscore Tracker

7 Fakta Dibalik Uniknya Tiga Suku Kata Nama Orang-orang Korea

Penggemar drakor dan KPop wajib tahu

Berbeda dengan nama orang-orang Indonesia kekinian yang panjangnya bisa mencapai 25 huruf, nama orang-orang Korea justru lebih pendek dan hanya punya tiga suku kata. Bahkan beberapa orang terlahir dengan hanya dua suku kata.

Lalu, pernah gak sih kamu bertanya-tanya, kenapa orang Korea sangat unik dalam membuat suatu nama? Berikut ini adalah fakta menariknya.

1. Orang Korea memberi nama sesuai dengan marganya

7 Fakta Dibalik Uniknya Tiga Suku Kata Nama Orang-orang Koreadramabeans.com

Rakyat Korea memiliki sistem kekerabatan yang dikenal dengan tongjok atau kelompok asal marga. Tongjok inilah yang menjadi asal mula marga-marga yang ada di Korea. Marga ini sudah diwariskan secara turun temurun sejak awal sejarah dinasti Korea.

2. Di Korea terdapat kurang lebih 250 nama marga

7 Fakta Dibalik Uniknya Tiga Suku Kata Nama Orang-orang Koreadramabeans.com

Percaya gak kalau Korea punya lebih dari 250 nama marga? Namun, karena panjangnya sejarah dalam penggunaan nama marga, menyebabkan banyak nama marga yang punah.

3. Marga yang paling dominan dipakai adalah Kim, Lee, dan Park

7 Fakta Dibalik Uniknya Tiga Suku Kata Nama Orang-orang Koreakoreaboo.com

Kini, dari sekitar 250 nama warga yang tersisa, hanya 3 nama warga yang dominan dipakai, yaitu Kim, Lee, dan Park. Ketiga marga tersebut mencakup hampir setengah populasi masyarakat Korea, lho.

Baca Juga: 18 Seleb Korea Ini Susah Ditemukan di Google Karena Nama Panggungnya

4. Nama marga orang Korea diletakkan di depan

7 Fakta Dibalik Uniknya Tiga Suku Kata Nama Orang-orang Koreatheasian.asia

Berbeda dengan orang Batak yang meletakkan nama marga mereka di belakang, orang-orang Korea menyimpan nama marganya justru di awal nama mereka. Seperti Kim Tae Yon, Lee Min Ho, dan Park Bo Gum.

5. Setiap marga memiliki artinya masing-masing

7 Fakta Dibalik Uniknya Tiga Suku Kata Nama Orang-orang Koreachannel-korea.com

Nah, meski cuma terdiri dari tiga sampai empat huruf, nama marga di Korea ini tetap punya makna, lho. Masing-masing marga punya arti sendiri-sendiri, seperti Kim yang berarti emas, Lee artinya keberuntungan, dan Park yang artinya bersinar.

6. Perempuan Korea biasanya akan mempertahankan nama asli mereka ketika sudah menikah

7 Fakta Dibalik Uniknya Tiga Suku Kata Nama Orang-orang Koreainstagram.com/kyo1122

Menyadari betapa pentingnya identitas keluarga sendiri, perempuan Korea biasanya akan tetap menggunakan nama asli mereka saat sudah menikah. Alasan lainnya adalah untuk tetap bisa mendapat warisan dari orang tua atau nenek moyang.

7. Tiga suku kata nama orang-orang Korea terdiri dari nama marga (di depan) yang diikuti nama pemberian orang tua

7 Fakta Dibalik Uniknya Tiga Suku Kata Nama Orang-orang Koreathecelebscloset.com

Seperti dibahas pada poin nomor 4, nama marga orang Korea diletakkan di awal nama mereka, kemudian diikuti dengan nama tengah dan nama akhir yang diberikan oleh orang tua. Konon, pemberian nama tengah dan nama akhir oleh orang tua ini gak boleh asal. Mereka sudah punya rumus atau racikannya sendiri.

Nah, itu tadi 7 fakta dibalik keunikan nama orang-orang Korea yang sebaiknya kamu tahu. Penggemar drakor dan KPop jangan sampai bingung jawab lagi ya kalau ditanya kenapa nama orang-orang Korea cuma punya tiga suku kata.

Baca Juga: Paling Ditunggu, 7 Drama Korea di Bulan Maret Ini Wajib Kamu Tonton

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya