Comscore Tracker

Mengapa Terdapat Tonjolan Pada Huruf F dan J di Keyboard Kamu? Ini Alasannya

Selama kamu gak pernah memperhatikannya, kan?

Komputer kini bukan hal yang baru lagi. Mulai anak usia sekolah hingga dewasa pasti sering menggunakan barang temuan Charles Babbage satu ini. Yups, satu hal yang menarik perhatian dari penemuan komputer adalah keberadaan alat ketiknya alias keyboard.

Banyak hal unik dalam penyusunan keyboard, mulai dari susunan hurufnya yang tak sesuai alfabet, hingga keberadaan desain khusus seperti tonjolan yang terdapat pada huruf J dan F. 

Kamu tahu gak apa fungsi tonjolan tersebut, dan mengapa hanya pada kedua huruf itu saja? Kamu mungkin baru menyadarinya jika tonjolan tersebut sangat membantu.

Dilansir dari Scoopwoop.com, keberadaan tonjolan tersebut untuk memudahkan penguna komputer dalam mengetik, tanpa harus melihat keyboard.

Barisan tengah ini terdiri dari huruf A, S, D, F, G, H, J, K, L, : (titikdua) , ; (titik koma) , " (kutip dua), dan ' (kutip).

Nah, jika pernah mendapatkan pelajaran mengetik 10 jari, maka kamu akan diinstruksikan untuk meletakkan jemari tanganmu di barisan kedua tersebut. Letak huruf F dan J sendiri, masing-masing berada di telunjuk kiri dan kanan.

Dengan adanya pembeda, maka akan memudahkan pengguna untuk menghafalkan letak huruf, sehingga sangat membantu dalam kecepatan mengetik. Tonjolan yang dipatenkan oleh June E Botich ini, biasanya disebut Home Row. Sebab dapat memberikan akses cepat ke huruf lainnya, dengan gerakan yang minimum.

Setelah resmi dipatenkan sejak tahun 2002, hampir seluruh perusahaan komputer telah menggunakan konsep Home Row tersebut. Kamu masih belum percaya dengan fungsi tonjolan huruf F dan J tersebut?

Wah, kamu harus membuktikannya sendiri. Dijamin bakal membuat kemampuan mengetikmu jadi lebih cepat jika dimanfaatkan secara optimal.

Novia Fuji Nurmala Photo Community Writer Novia Fuji Nurmala

The Fools who dream

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You