Comscore Tracker

Turunkan Tekanan Darah Manusia, Ini Dia 8 Fakta Unik Tentang Kucing

Fakta mana nih, yang sudah kamu tahu?

Siapa yang tidak suka kucing, tingkah lucu nan menggemaskannya menjadikan hampir setiap orang menyukainya. Selain itu, kucing juga termasuk hewan yang amat memerhatikan kebersihan tubuhnya lho. Ingin tahu 8 fakta tentang kucing yang jarang diketahui banyak orang? Langsung saja geser ke bawah.

1. Mengelus kucing bisa turunkan tekanan darah

Turunkan Tekanan Darah Manusia, Ini Dia 8 Fakta Unik Tentang KucingPixabay.com/Free-Photos

Memiliki hewan peliharaan yang menggemaskan seperti kucing memang baik sebagai peredam stres, bulunya yang halus dan nyaman bila dielus, tingkahnya yang lucu dan menyenangkan menjadi penghibur bagi pemeliharanya.

Mengelus kucing dapat menurunkan tekanan darah karena saat seseorang mengelus-elusnya, maka ia akan menjadi rileks dan merasakan ketenangan. Bahkan menurut penelitian, mengelus-elus kucing mampu turunkan risiko terkena penyakit kronis sebanyak 30%. Wow luar biasa bukan.

2. Jumlah jari kaki yang berbeda

Turunkan Tekanan Darah Manusia, Ini Dia 8 Fakta Unik Tentang KucingPixabay.com/Alexas_Fotos

Barangkali tidak banyak yang tahu jika jari kaki kucing bagian depan dan belakang tidaklah sama. Kucing memiliki lima jari pada kaki bagian depan, sedangkan kaki bagian belakang hanya memiliki empat jari.

3. Lebih baik dalam merespon suara wanita

Turunkan Tekanan Darah Manusia, Ini Dia 8 Fakta Unik Tentang KucingPixabay.com/Ana_J

Jika kamu perempuan pemelihara kucing, kamu bisa buktikan dengan memanggil kucing kesayanganmu. Bandingkan dengan seorang laki-laki yang memanggilnya, manakah yang lebih cepat direspon oleh kucing? Tentu saja si perempuan.

Itu karena suara perempuan dinilai lebih tinggi daripada suara laki-laki, sehingga pendengaran kucing lebih baik dalam merespon suara perempuan daripada suara laki-laki.

4. Mata yang dapat bersinar

Turunkan Tekanan Darah Manusia, Ini Dia 8 Fakta Unik Tentang KucingPixabay.com/Mihail_hukuna

Terkadang pada malam hari saat berkendara, kita sering menemui kucing yang bersinar matanya saat tersorot lampu kendaraan di jalan.

Itu karena pada mata kucing terdapat lapisan reflektif yang disebut tapetum lucidum, lapisan ini berfungsi seperti retina pada mata manusia dan membantunya melihat lebih jelas walau di area minim cahaya.

Baca Juga: 8 Fakta Kucing Munchkin, Si Mungil Penuh Kontroversi

5. Tidur selama 16 sampai 18 jam perhari

Turunkan Tekanan Darah Manusia, Ini Dia 8 Fakta Unik Tentang KucingPixabay.com/DanaTentis

Selama sehari, kucing lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Sebab itu pula yang menjadikan kita menganggapnya sebagai hewan pemalas.

Bila dihitung-hitung, seandainya tujuh tahun umur kucing, maka sekitar lima tahun adalah digunakan sebagai jam tidurnya. Sedangkan dua tahun sisanya adalah waktu saat bangun atau melakukan aktifitas selain tidur.

6. Dapat meloncat lima kali tinggi badannya

Turunkan Tekanan Darah Manusia, Ini Dia 8 Fakta Unik Tentang KucingPixabay.com/sipa

Kita sering sekali mendapati kucing yang berkeliaran di sekitar rumah, meloncat dari satu atap rumah ke atap rumah lainnya. Tak jarang pula kita terganggu karena berisiknya mereka berlarian di atas atap.

Kelihaian luar biasa kucing salah satunya ialah dapat meloncat hingga mencapai lima kali tinggi badannya. Bayangkan jika manusia bisa meloncat seperti itu, bagaimana jadinya ya.

7. Mampu berlari secepat 50 kilo meter perjam

Turunkan Tekanan Darah Manusia, Ini Dia 8 Fakta Unik Tentang KucingPixabay.com/rihaij

Untuk hewan seukuran kucing, berlari dengan kecepatan 50 kilo meter perjam adalah sangat cepat. Andai saja kucing berukuran besar seperti hewan buas, tentu kita cenderung menghindarinya karena takut dikejar.

8. Takut dengan air

Turunkan Tekanan Darah Manusia, Ini Dia 8 Fakta Unik Tentang KucingPixabay.com/rihaij

Mungkin yang ada di benak kita soal kucing adalah hewan yang takut dengan air, akan tetapi mengapa seperti itu ya.

Ternyata kucing tahu jika air adalah tempat yang subur bagi pertumbuhan bermacam-macam kuman dan bakteri, sehingga kucing akan menghindar karena tak ingin tubuhnya dihinggapi kuman maupun bakteri.

Itu tadi delapan fakta unik tentang kucing yang sebenarnya masih banyak lagi, bagaimana? Luar biasa sekali ya. Untuk kamu si pencinta kucing, selamat bersenang-senang dengan kucingmu ya.

Baca Juga: 7 Fakta Kucing Norwegian Forest, Si Manis yang Akan Mencuri Hatimu

Jihan Syehar Photo Community Writer Jihan Syehar

jihansyehar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You