Comscore Tracker

5 Maskot Jepang yang Desainnya Berdasarkan Tokoh Terkenal Era Sengoku

Bentuk desainnya seperti apa ya? 

Bukan hal yang mengherankan lagi kalau Jepang punya banyak karakter lucu dan unik. Selain dari manga dan anime, Jepang juga punya ribuan maskot yang tak kalah menarik. Para maskot inilah yang akan mewakili masing-masing prefektur, kota kecil dan instansi di Jepang untuk mempromosikan kepada wisatawan. 

Agar para wisatawan lebih mudah mengenal suatu daerah, tentu saja desain maskot biasanya diambil berdasarkan ciri khas tempat masing-masing. Mulai dari makanan, tumbuhan, hewan hingga tokoh terkenal, seperti tokoh dari era Sengoku (1467-1615). Beberapa maskot di bawah ini merupakan contoh dari maskot yang desainnya berdasarkan tokoh terkenal di era Sengoku. Apa saja ya? Yuk, disimak. 

1. Musubimaru (Miyagi)

5 Maskot Jepang yang Desainnya Berdasarkan Tokoh Terkenal Era SengokuMusubimaru (ana-cooljapan.com)

Musubimaru merupakan maskot dari prefektur Miyagi. Bentuk wajahnya yang seperti onigiri untuk menggambarkan keragaman budaya dan makanan di Miyagi. Tidak hanya memiliki kekhasan dari bentuk wajahnya saja, musubimaru juga punya ciri khas lainnya, yaitu baju dan topi perang dengan hiasan lambang bulan sabit. 

Baju dan topi perang yang dikenakan Musubimaru bukan sekadar pakaian loh. Penampilannya itu diambil dari ciri khas Date Masamune, seorang Daimyou dan panglima perang terkenal di era Sengoku.

2. Nekomasamune (Sendai)

5 Maskot Jepang yang Desainnya Berdasarkan Tokoh Terkenal Era SengokuNekomasamune (twitter.com/nekomasamunecom)

Sama seperti Musubimaru, desain Nekomasamune juga berdasarkan dari Date Masamune. Nekomasamune merupakan maskot resmi dari kota Sendai, kota yang pernah dipimpin oleh Date Masamune. Kota Sendai sendiri merupakan ibu kota prefektur Miyagi, hal tersebut bisa menjadi alasan kedua maskot ini memiliki kesamaan.

Maskot berbentuk kucing ini tidak hanya mengenakan helm perang dengan hiasan bulan sabit saja, ia juga menggunakan eye patch di mata kanannya. Ini merupakan ciri khas lainnya dari Date Masamune yang kehilangan mata kanannya sejak kecil disebabkan cacar. 

Baca Juga: 5 Makanan Jepang yang Ternyata Bukan Berasal dari Jepang

3. Hikonyan (Hikone)

5 Maskot Jepang yang Desainnya Berdasarkan Tokoh Terkenal Era SengokuHikonyan (twitter.com/TheRealJapan1)

Nama Hikonyan berasal dari gabungan kata "Hiko" yang merujuk kota Hikone, asal maskot ini berasal, dan "Nyan" onomatopoeia dari bunyi kucing. Maskot Hikonyan dibuat untuk merayakan 400 tahun berdirinya kastil Hikone. 

Asal usul desain Hikonyan diambil dari Ii Naotaka, daimyou kota Hikone. Bahkan, bentuk helm yang digunakan Hikonyan sama seperti helm perang yang digunakan oleh Ii Naotaka. Selain itu, Hikonyan juga diambil dari cerita yang konon dikatakan Ii Naotaka diselamatkan dari sambaran petir oleh Maneki neko, pajangan berbentuk kucing. Pantas saja ya maskot ini berbentuk kucing.

4. Otakkii (Otaki)

5 Maskot Jepang yang Desainnya Berdasarkan Tokoh Terkenal Era SengokuOtakkii (town.otaki.chiba.jp)

Otakkii merupakan maskot dari kota Otaki, prefektur Chiba. Desain Otakkii berasal dari Honda Tadakatsu, prajurit samurai terkemuka di era Sengoku yang mengabdi kepada Tokugawa Ieyasu.

Helm yang digunakan Otakkii memiliki bentuk yang mirip dengan helm perang milik Honda Tadakatsu. Namun bedanya, helm yang digunakan Otakkii memiliki hiasan kastil otaki di atasnya. Lalu, baju yang dikenakan Otakkii menggambarkan produk lokal dan tempat terkenal dari kota Otaki.

5. Fukuoka Kanbee Kun (Fukuoka)

5 Maskot Jepang yang Desainnya Berdasarkan Tokoh Terkenal Era SengokuFukuoka Kanbee Kun (city.fukuoka.lg.jp)

Seperti namanya, Fukuoka Kanbei Kun merupakan maskot resmi dari Fukuoka. Layaknya seorang prajurit, desain Fukuoka Kanbei Kun berdasarkan dari Kuroda Kanbei, Daimyou sekaligus samurai yang terkenal sebagai ahli strategi. Selain itu, ia juga lah yang membangun kastil Fukuoka. 

Menariknya lagi, Fukuoka Kanbei Kun diciptakan di tahun yang sama dengan tayangnya taiga drama berjudul Strategist Kanbei pada tahun 2014. Drama ini menceritakan kisah hidup dari Kuroda Kanbei. 

Itulah kelima maskot di Jepang yang desainnya berdasarkan tokoh terkenal di era Sengoku. Tidak hanya bentuk desainnya yang lucu, dengan adanya maskot tersebut kita jadi mengenal para tokoh di zaman dulu. Menurut kamu, di Indonesia, desain maskot apa yang berdasarkan tokoh terkenal?

Baca Juga: Ada Ronald McDonald, 7 Maskot Paling Kontroversial dalam Sejarah

Khansa Photo Writer Khansa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya