Comscore Tracker

Mengenal 8 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Tel-U

Hah? Tel-U? Iya, kamu nggak salah denger lho.

"Hah? Tel-U? Iya, kamu nggak salah denger lho."

Universitas Telkom (Telkom University) adalah universitas swasta di Bandung yang merupakan Yayasan Pendidikan Telkom dan gabungan dari beberapa Institut dan Politeknik Telkom. Mahasiswa di universitas ini harus mampu memenuhi IPK cumlaude serta aktif berorganisasi untuk pembentukan karakter.

Universitasku memiliki karakter atau ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh universitas lain. Baik itu dari sisi kegiatannya, tipe mahasiswanya, keunikan bangunannya, dan lain-lain yang telah melekat di sini. Yuk kita lihat satu demi satu uniknya universitasku, enjoy the article!

 

1.

Mengenal 8 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Tel-U

Biasanya, universitasku ini disingkat menjadi Tel-U (Telkom University). Cara penyebutannya unik, yaitu 'Tel-yu'. Nama ini pun ikut terbawa dalam kegiatan-kegiatan yang ada di sekitar universitas. Tel-U dilambangkan dengan warna merah dan almamater merah.

2.

Mengenal 8 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Tel-U

Ada danau di sekitar universitasku, namanya Danau Galau. Letaknya di dekat Fakultas Industri Kreatif (Gedung Sebatik) dan Fakultas Ilmu Terapan (Gedung Selaru). Asal usul nama danau ini karena kebiasaan mahasiswa yang sering duduk di sekitar danau untuk berteduh atau beristirahat bersama beban mereka masing-masing. Tak jarang juga danau ini menjadi tempat pertemuan dan sekaligus tempat perpisahan. Kini Danau Galau telah diresmikan dengan nama baru, yaitu Situ Techno.

3.

Mengenal 8 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Tel-U

Penamaan dari setiap gedung di Tel-U berdasarkan dari nama-nama pulau terluar di Indonesia. Pilihan nama pulau yang diambil mempertimbangkan sebaran wilayah dan batas dengan negara tetangga. Pada awalnya setiap gedung dilengkapi dengan simbol huruf A, B ataupun C. Disamping menambah kesan tersendiri, penggunaan nama pulau ini juga sebagai wujud pelestarian pulau-pulau di Indonesia agar dikenal namanya dan diakui keberadaannya.

4.

Mengenal 8 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Tel-U

Dua hal yang wajib dipenuhi oleh setiap mahasiswa sebagai syarat sebelum wisuda yaitu Skor TOEFL ITP/EPRT minimum (450-500) untuk masing-masing jenjang program studi dan TAK = 60. TAK ini bisa didapatkan melalui keikutsertaan dalam kepengurusan organisasi, kepanitiaan dalam suatu acara, seminar, dan lomba. Sedangkan, tes EPRT dilaksanakan beberapa kali oleh pihak kampus.

5.

Mengenal 8 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Tel-U

Dana usaha (danus) untuk kepanitiaan suatu acara adalah dari aneka jajanan dan gorengan. Jualan jajanan dan gorengan ini dianggap paling mudah dan efektif dalam pengumpulan dana suatu kegiatan. Bukan hanya mahasiswa, dosen pun menjadi sasaran untuk menawarkan danus tersebut. Sering terdengar dari mereka “Yang danus siapa?” atau “Ada danus apaan nih ?”

6.

Mengenal 8 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Tel-U

Pakaian mahasiswa Tel-U sudah diatur mulai dari hari Senin sampai Sabtu. Dengan adanya peraturan ini membuat mahasiswa tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk menentukan pakaian setiap harinya. Berikut adalah pakaian di Tel-U:

  • Senin : seragam Telkom
  • Selasa : kemeja putih
  • Rabu : kemeja putih
  • Kamis : kemeja bebas berkerah
  • Jumat : kemeja bebas berkerah
  • Sabtu : batik

7.

Mengenal 8 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Tel-U

Inilah gedung power ranger di Telkom University. Gedung ini dikenal dengan gedung power ranger karena dari bentuk bangunannya terlihat seperti robot power ranger. Ini merupakan tempatnya Learning Centre Telkom University, dimana di dalamnya terdapat perpustakaan. Berdasarkan nama pulau, gedung ini adalah Gedung Bangkit.

8.

Mengenal 8 Hal Unik yang Bisa Kamu Temukan di Tel-U

Tidak hanya di Paris, di Bandung pun ada Gedung Keong. Ya, gedung ini merupakan Convention Hall (aula umum) di Telkom University. Bentuknya yang menyerupai tempurung kepala keong menjadikan gedung ini salah satu gedung yang unik. Gedung ini juga merupakan saksi atas pelantikan para wisudawan dan wisudawati Telkom University.

 

Artikel ini ditulis oleh: Anna Paramita - Ekonomi & Bisnis, Telkom University

Topic:

Berita Terkini Lainnya