Comscore Tracker

5 Leader Grup KPop Terbaik Sepanjang Masa, Idola Sejuta Umat!

Siapa leader favorit kamu?

Kalau kamu fans KPop, kamu pasti mengenal beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia KPop, salah satunya adalah leader atau pemimpin.
Yup, sama seperti kelompok lainnya, grup KPop juga memiliki leader yang tugasnya menjaga agar para anggotanya tetap solid bahkan disaat tersulit.

Mengingat grup KPop memiliki banyak member, tugas leader  tidaklah mudah. Tapi diantara banyak leader grup saat ini, lima leader ini berhasil menjalankan tugasnya dengan sangat baik dan layak mendapatkan predikat sebagai leader KPop terbaik lho dilansir dari Koreaboo dan Channel Korea!

1. Leeteuk Super Junior

5 Leader Grup KPop Terbaik Sepanjang Masa, Idola Sejuta Umat!instagram.com/superjunior

Predikat super leader layak disematkan kepada leader Super Junior, Leeteuk. Bagaimana tidak, Leeteuk sudah menjadi leader Super Junior dalam waktu 15 tahun.

Dalam jangka waktu itu, Leeteuk dan Super Junior sudah melewati banyak hal mulai dari skandal, perselisihan, kekurangan anggota karena wajib militer, kepergian beberapa member, hingga yang terberat adalah tahun 2014 ketika ayahnya sendiri meninggal secara tragis.

Namun, cobaan itu toh tidak membuat Leeteuk mundur. Sebaliknya, Leeteuk justru berhasil mempertahankan grup dan membuatnya semakin kompak dari hari ke hari.

2. Taeyeon Girls Generation

5 Leader Grup KPop Terbaik Sepanjang Masa, Idola Sejuta Umat!instagram.com/taeyeon_ss

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa Taeyeon menjadi satu-satunya leader perempuan yang masuk dalam daftar ini? Well, ada banyak girl group di luar sana dengan leader yang baik.

Tapi Taeyeon jelas berbeda. Debut di tahun 2007, Taeyeon sukses menjadikan Girls Generation sebagai satu-satunya girl group dari generasi kedua yang masih bertahan hingga sekarang. Group ini sempat diterpa beberapa cobaan, salah satunya kepergian Jessica di tahun 2014 lalu.

Meski sempat sedih, Taeyeon tetap bisa menjaga keutuhan kedelapan membernya.

Baca Juga: Terlibat Skandal, Deretan Leader KPop Ini Putuskan Hengkang dari Grup

3. JR NU'EST

5 Leader Grup KPop Terbaik Sepanjang Masa, Idola Sejuta Umat!instagram.com/onibugijr1

Menurut para member dan fans, JR NUEST adalah leader yang luar biasa. Bukan hanya menjaga anggotanya, JR juga merupakan penghafal koreografi yang cepat. Tidak hanya diam, JR tidak ragu membantu member lain untuk menguasai kreografi lagu yang sulit agar nantinya semua member bisa memberikan penampilan terbaik dihadapan para fans yang mendukungnya.

4. G-Dragon Big Bang

5 Leader Grup KPop Terbaik Sepanjang Masa, Idola Sejuta Umat!instagram.com/wagbig

Selain Super Junior, Big Bang juga menjadi salah satu grup yang mendapatkan predikat sebagai King of KPop. Atas prestasi tersebut, sebagian pujian jelas harus diberikan kepada sang leader, G-Dragon. Terlepas dari nama Big Bang, G-Dragon memiliki karir solo yang cemerlang.

Tapi itu tidak membuatnya melupakan para member, termasuk disaat Big Bang berjuang dengan banyak skandal sulit yang berujung pada keluarnya Seungri tahun lalu. Idol bernama asli Kwon Ji Yong ini tetap berdiri bersama Big Bang dan kini sedang mempersiapkan comeback tahun ini.

5. RM BTS

5 Leader Grup KPop Terbaik Sepanjang Masa, Idola Sejuta Umat!instagram.com/namjooni.bts

Baca Juga: Bikin Kagum, 10 Potret RM Leader BTS yang Karismatik Abis!

RM BTS bukan hanya dikenal jenius, tapi juga pekerja keras. Bersama para member, RM memproduksi banyak lagu keren dan membawa BTS sukses seperti sekarang. Seperti yang kita tahu, BTS mengalami banyak kesulitan di awal karir mereka.

Berasal dari agensi kecil, group asal Big Hit Entertainment ini seringkali mendapatkan perlakuan yang tidak adil dari banyak pihak. Dengan semua kesulitan itu, RM tetap berhasil menjaga grupnya tetap utuh.

Itu dia lima leader grup KPop terbaik di industri musik Korea Selatan. Leader favorit kamu salah satunya bukan sih?

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya