Comscore Tracker

Gak Kalah Seru, Ini 10 Tradisi Natal Ala Keluarga Kerajaan Inggris

Kalau tradisi Natal di keluarga kamu seperti nih?

Natal menjadi salah satu hari yang istimewa bagi banyak orang. Sama seperti hari keagamaan lainnya, Natal juga memiliki beberapa tradisi seperti tukar kado atau menghias pohon natal.

Tapi lain cerita kalau kamu merupakan salah satu anggota kerajaan Inggris. Seperti yang dilansir dari marieclaire.com, berbeda dengan keluarga lainnya, keluarga kerajaan Inggris memiliki banyak tradisi unik dan seru yang mereka lakukan saat Natal. Penasaran?

1. Ratu Elizabeth II mengadakan jamuan makan siang untuk seluruh anggota keluarga

Gak Kalah Seru, Ini 10 Tradisi Natal Ala Keluarga Kerajaan Inggristheroyaluk.com

Jika biasanya perayaan Natal baru dimulai saat malam Natal, keluarga Kerajaan Inggris justru sudah memulainya seminggu sebelum Natal tiba. Ratu Elizabeth II akan mengundang seluruh anggota keluarga untuk makan siang di Istana Buckingham. Dan mengingat undangan ini berasal dari ratu, maka semua anggota kerajaan wajib menghadirinya.

2. Mengirim kartu ucapan ke seluruh dunia

Gak Kalah Seru, Ini 10 Tradisi Natal Ala Keluarga Kerajaan Inggrisiodonna.it

Sebagai salah satu pemimpin dunia yang terkenal, Ratu Elizabeth memiliki banyak penggemar. Dan Natal dianggap sebagai waktu yang pas untuk membalas surat dari penggemarnya di seluruh dunia. Setiap tahunnya, Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip mengirimkan sekitar 750 kartu Natal ke seluruh dunia. Dan hal yang sama dilakukan juga oleh Pangeran William dan Kate Middleton, serta Pangeran Harry dan Meghan Markle.

3. Menghabiskan malam Natal di Sandringham Estate

Gak Kalah Seru, Ini 10 Tradisi Natal Ala Keluarga Kerajaan Inggrissandringhamestate.co.uk

Meski setiap hari tinggal di istana yang mewah, namun rupanya Ratu Elizabeth II dan keluarganya lebih suka menghabiskan Natal yang tenang di pedesaan. Karena itu, alih-alih merayakan Istana Buckingham di pusat kota London, keluarga kerajaan memilih Sandringham sebagai tempat mereka merayakan Natal. Selain itu, disana terdapat Anmer Hall dan York Cottage yang merupakan rumah bagi Pangeran William dan Harry bersama keluarga kecilnya.

4. Ratu akan naik kereta ke Sandringham

Gak Kalah Seru, Ini 10 Tradisi Natal Ala Keluarga Kerajaan Inggrisrepublica.ro

Setelah mengadakan jamuan makan siang di Istana Buckingham, Ratu Elizabeth II akan pergi ke Sandringham Estate untuk merayakan Natal disana. Biasanya, Ratu Elizabeth II akan pergi seminggu sebelum Natal untuk menyiapkan acara Natal.

Uniknya, perjalanan menuju Sandringham tidak dilakukan dengan mobil melainkan kereta umum dan Ratu akan menyewa seluruh gerbong untuk dirinya, sang suami beserta semua staff khusus mereka.

5. Pertandingan sepak bola antara kedua pangeran

Gak Kalah Seru, Ini 10 Tradisi Natal Ala Keluarga Kerajaan Inggrischinadaily.com.cn

Ada satu tradisi unik yang dimiliki oleh keluarga kerajaan setiap Natal yaitu menonton pertandingan sepak bola. Pertandingan ini bukan pertandingan besar melainkan pertandingan antara Pangeran William melawan sang adik, Pangeran Harry.

Pertandingan biasanya dilangsungkan sebelum malam Natal. Pangeran William akan memakai seragam Aston Villa sedangkan Pangeran Harry akan memakai seragam Arsenal kesayangannya. Agar lebih seru, kedua pangeran ini akan mengajak semua pegawai untuk ambil bagian dalam pertandingan tersebut.

Baca Juga: 14 Posisi dengan Gaji Terbesar Jika Kamu Bekerja di Kerajaan Inggris

6. Makan malam bersama

Gak Kalah Seru, Ini 10 Tradisi Natal Ala Keluarga Kerajaan Inggrisbuzzyoo.com

Sama seperti keluarga lainnya, keluarga kerajaan juga memiliki tradisi makan saat malam Natal. Sayangnya untuk tradisi ini tidak semua anggota boleh hadir, hanya mereka yang sudah dewasa dan mengerti etiket makan-lah yang bisa hadir. Disaat para orang dewasa makan malam, anak-anak akan menghabiskan waktu untuk menghias pohon Natal di White Drawing Room.

7. Bertukar kado di malam Natal

Gak Kalah Seru, Ini 10 Tradisi Natal Ala Keluarga Kerajaan Inggrisunsplash.com/freestocks.org

Berbeda dengan keluarga lain yang membuka kado di hari Natal, keluarga kerajaan membuka kadonya pada malam Natal. Tradisi membuka kado Natal lebih cepat dilakukan oleh keluarga kerajaan untuk menjaga warisan kebudayaan Jerman dalam keluarga mereka.

Meski begitu, jangan membayangkan para anggota kerajaan akan mendapatkan kado mewah ya! Alih-alih kado seharga jutaan poundsterling, anggota kerajaan biasanya memberikan hadiah berupa barang-barang biasa. Pangeran Harry misalnya, pernah memberikan kado berupa topi mandi untuk Ratu Elizabeth II.

8. Mengikuti kebaktian dipagi hari

Gak Kalah Seru, Ini 10 Tradisi Natal Ala Keluarga Kerajaan Inggrisbusinessinsider.com

Beribadah menjadi kewajiban yang tidak boleh dilewatkan termasuk oleh keluarga kerajaan sekalipun. Sebelum merayakan Natal, seluruh anggota kerajaan akan mengikuti kebaktian di gereja St Mary Magdalene. Pertama mereka akan mengikuti pelayanan pribadi pada pukul 9 pagi bersam ratu. Kedua adalah ibadah umum yang berlangsung pukul 11 di gereja yang sama.

9. Bermain tebak-tebakan

Gak Kalah Seru, Ini 10 Tradisi Natal Ala Keluarga Kerajaan Inggrisibtimes.co.uk

Satu lagi tradisi unik yang dijalankan oleh keluarga kerajaan yaitu bermain tebak-tebakan. Kegiatan ini dilakukan setelah acara kebaktian dan makan siang bersama. Selain main tebak-tebakan kata, mereka juga bermain tebak gambar bahkan menonton film bersama keluarga lainnya. Sepertinya seru ya?

10. Menonton pidato Ratu Elizabeth II

Gak Kalah Seru, Ini 10 Tradisi Natal Ala Keluarga Kerajaan Inggristownandcountrymag.com

Setelah seru-seruan dengan permainan tebak gambar, anggota keluarga diwajibkan untuk berkumpul pada pukul 3 sore untuk menonton pidato Ratu Elizabeth II yang juga akan disiarkan ke seluruh dunia. Tradisi ini sendiri sudah berlangsung sejak 1952 dan masih berlangsung hingga sekarang.

Menarik sekali bukan tradisi Natal dari keluarga Kerajaan Inggris ini. Kalau keluarga kamu ada tradisi unik apa nih?

Baca Juga: Apa Sih Kerjaan Sehari-hari Keluarga Kerajaan Inggris? Ini Jawabannya!

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya