Comscore Tracker

10 Tempat Paling Aman di Dunia, Gak Sembarangan Orang Bisa Masuk!

Dijamin anti penyusup!

Kalau ditanya, tempat apa yang paling aman, jawaban yang paling gampang mungkin kantor polisi. Kantor polisi dipenuhi oleh petugas terlatih yang siap menembak kapan saja saat diperlukan.

Tapi amannya kantor polisi ternyata sama sekali enggak ada apa-apanya lho  dibandingkan dengan tempat-tempat di bawah ini. Dilansir dari brightside.me, berikut ini 10 tempat paling aman di dunia!

1. Vatican Secret Archives 

10 Tempat Paling Aman di Dunia, Gak Sembarangan Orang Bisa Masuk!thelibrarycardmuseum.com

Meski ramah pada turis, enggak semua tempat di Vatikan bisa kamu akses, salah satunya adalah Vatican Secret Archives. Tempat ini adalah perpustakaan paling rahasia di dunia yang menyimpan banyak dokumen Paus dan artefak dari abad ke 7.

Karena semua hal yang disimpan di Vatican Secret Archives ini sangat berharga, penjagaannya sangatlah ketat. Hanya paus, pendeta, dan akademisi yang boleh masuk, itu pun setelah mendapatkan izin khusus.

2. Fort Knox 

10 Tempat Paling Aman di Dunia, Gak Sembarangan Orang Bisa Masuk!usmint.gov

Fort Knox sebenarnya adalah pos angkatan darat Amerika Serikat, sekaligus juga tempat penyimpanan ribuan ton emas batangan, beserta dokumen-dokumen rahasia. Tidak tanggung-tanggung, untuk memastikan tempat ini aman dari penyusup, Fort Knox memiliki tingkat keamanan super ketat.

Bukan hanya militer bersenjata, seperangkat alat keamanan berteknologi canggih, tapi juga pintu ledakan seberat 22 ton.

3. Tumen River 

10 Tempat Paling Aman di Dunia, Gak Sembarangan Orang Bisa Masuk!cntraveler.com

Tumen river bisa dibilang merupakan tempat yang sangat aman, sekaligus juga sangat berbahaya. Sungai sepanjang 521 km ini merupakan perbatasan antara Korea Utara, China, dan Rusia.

Karena lokasinya yang berbatasan dengan banyak negara, sungai ini sering dijadikan 'pintu masuk' bagi sejumlah pembelot Korea Utara yang ingin kabur ke China atau Rusia. Saking banyaknya pembelot, ketiga negara sampai menempatkan banyak prajurit militer di sepanjang perbatasan sungai.

4. The Mormon Church’s Secret Vaults 

10 Tempat Paling Aman di Dunia, Gak Sembarangan Orang Bisa Masuk!atlasobscura.com

Tidak kalah dari Vatican Secret Archives, The Mormon Church’s Secret Vaults juga merupakan salah satu tempat penyimpanan teraman di dunia. Di sini, terdapat lemari besi besar yang berisi dokumen penting yang dikumpulkan oleh Utah Mormon sejak tahun 1930.

Untuk melindungi semua data dan informasi dalam brankas ini, pemerintah Amerika Serikat bukan hanya menempatkan banyak penjaga terlatih, tapi juga sistem kontrol suhu, dan sensor panas dan gerak.

5. DX Florence Prison 

10 Tempat Paling Aman di Dunia, Gak Sembarangan Orang Bisa Masuk!5280.com

Yang namanya penjara, pastilah memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Tapi penjara satu ini bukanlah penjara biasa, melainkan penjara bagi para penjahat kelas kakap di Amerika Serikat. Mulai dari teroris, hingga maniak yang terlalu berbahaya jika dibiarkan lepas dipenjara di sini.

Nah karena penghuninya horor banget, makanya enggak heran kalau pengamanan penjara ini juga harus 'lebih istimewa' dari penjara lain. Selain penjaga dengan senjata yang siap siaga, penjara ini juga dijaga anjing penyerang, sinar laser pendeteksi gerakan, hingga pagar kawat silet super tinggi.

Baca Juga: 10 Tempat Angker di Sukabumi, Ada Pintu Gaib Kerajaan Nyi Roro Kidul

6. Bold Lane Car Park 

10 Tempat Paling Aman di Dunia, Gak Sembarangan Orang Bisa Masuk!meijielectric.ph

Kalau Amerika punya penjara super, Inggris punya tempat parkir paling aman di dunia, namanya Bold Lane Car Park. Sebelum memarkir mobilmu di sini, kamu terlebih dulu mendapatkan tiket dengan barcode khusus yang disingkronkan dengan tempat kamu parkir.

Bukan hanya itu, di setiap lahan parkir terdapat detektor gerakan yang akan berbunyi jika mobil kamu bergerak tanpa izin pemiliknya. Selain detektor gerakan, Bold Lane Car Park juga dilengkapi 190 kamera pengintai, dan seperangkat teknologi lainnya.

7. Haven Co 

10 Tempat Paling Aman di Dunia, Gak Sembarangan Orang Bisa Masuk!bbc.com

Haven Co sebenarnya adalah sebuah perusahaan, perusahaan perlindungan data lebih tepatnya. Yang unik, untuk melindungi data berharga para klien penting, Haven Co bukan hanya membentengi kantor mereka dengan fasilitas keamanan top tapi juga sengaja berkantor di Laut Utara yang membuatnya jadi sulit untuk diakses. Kalau pun bisa masuk, mereka adalah karyawan, bos, beberapa investor, dan anggota keluarga Kerajaan Inggris.

8. Swiss Vaults 

10 Tempat Paling Aman di Dunia, Gak Sembarangan Orang Bisa Masuk!bullionstar.com

Setipe dengan Fort Knox, Swiss Valuts adalah tempat penyimpanan emas terbesar di dunia. Selain milik pemerintah Swiss, emas-emas ini juga merupakan harta milik orang-orang terkaya dunia. Swiss Valuts sendiri terletak di salah satu sisi pegunungan Alpen yang hanya bisa diakses oleh helikopter atau pesawat pribadi.

Bukan hanya aksesnya yang sulit, tempat ini berada di dalam bunker dengan terowongan panjang yang membingungkan. Bahkan kalaupun kamu berhasil mencapai tempat yang tepat, emas-emas batangan itu berada di dalam brankas dengan tiga kunci, seperangkat teknologi, dan yang terpenting tentara terlatih lengkap dengan senjata dan rompi anti peluru.

9. RAF Menwith Hill 

10 Tempat Paling Aman di Dunia, Gak Sembarangan Orang Bisa Masuk!stripes.com

Dibangun tahun 1954, RAF Menwith Hill dulunya adalah tempat untuk menangkap sinyal selama Perang Dingin. Saat ini, RAF Menwith Hill beralih fungsi menjadi stasiun Bumi bagi satelit US National Reconnaissance Office sekaligus tempat penyimpanan data intelijen.

Karena fungsinya yang penting, statsiun yang terletak di Yorkshire ini terlarang bagi turis, maupun warga Inggris pada umumnya.

10. Doomsday Seed Vault 

10 Tempat Paling Aman di Dunia, Gak Sembarangan Orang Bisa Masuk!time.com

Terletak di Norwegia, Doomsday Seed Vault juga merupakan bunker penyimpanan. Uniknya, yang disimpan di sini bukanlah emas, melainkan 250 juta sampel benih tanaman dari seluruh dunia. Saking pentingnya, Doomsday Seed Vault sengaja dibangun di sebuah pulau lengkap dengan keamanan super.

Tapi tenang aja, meski enggak semua orang boleh masuk, Doomsday Seed Vault ini dibangun untuk tujuan yang cukup mulia, yaitu menyelamatkan tanaman dari kepunahan. Jadi jika ada satu tanaman punah, peneliti bisa menumbuhkannya lagi dengan menanam benih yang mereka punya.

Karena fungsinya sangat penting, enggak heran kalau 10 tempat ini sangat dilindungi hingga menyandang tempat paling aman di dunia.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Menakjubkan yang Ada di Tunisia, Memesona!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya