Comscore Tracker

Terbongkar! Ternyata Ada 8 Aksi yang Akan Membuatmu Dikagumi Banyak Orang!

Siapkah kamu jadi idola?

Akhir-akhir ini isu tentang pemanasan global semakin mencuat karena peningkatan suhu yang dirasakan oleh sebagian besar manusia di muka bumi ini. Beban yang ditanggung bumi juga meningkat karena manusia bertambah banyak.

Dengan begitu banyaknya orang di dunia ini, apakah kamu nggak berniat jadi salah satu yang bisa berdampak dan membawa perubahan? Coba lakukan hal-hal di bawah ini deh, guys!

1. Daripada membeli lalu membuang botol air minum kemasan, kamu membawa tumbler ke kampus atau tempat kerja.

Terbongkar! Ternyata Ada 8 Aksi yang Akan Membuatmu Dikagumi Banyak Orang!Sumber Gambar: logopremiums.com

Membawa tumbler ketika beraktivitas itu keren, lho! Selain bisa ngirit uang jajan kamu karena nggak harus beli minuman setiap saat, kamu juga berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Tapi kalau terpaksa membeli, jangan lupa remas botol bekas minumnya agar tidak dipakai lagi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Minimalisir penggunaan tissue dengan menggunakan sapu tangan.

Terbongkar! Ternyata Ada 8 Aksi yang Akan Membuatmu Dikagumi Banyak Orang!Sumber Gambar: gendies.com

Tissue merupakan salah satu elemen yang sulit dihancurkan secara alami. Jadi, daripada sekali pakai langsung buang, jauh lebih baik jika memakai sapu tangan, kan?

3. Alih-alih memakai kantong plastik saat berbelanja, kamu membawa bag sendiri.

Terbongkar! Ternyata Ada 8 Aksi yang Akan Membuatmu Dikagumi Banyak Orang!Sumber Gambar: plasticfreetuesday.com

Buat kamu yang suka belanja memakai plastik, yuk, mulai ubah kebiasaan buruk tersebut. Sama seperti tissue, plastik juga sulit diurai secara alami. Nggak ada salahnya kan kalau membawa tas sendiri yang bisa dipakai berkali-kali saat berbelanja?

4. Bersepeda saat ke kampus atau ke kantor.

Terbongkar! Ternyata Ada 8 Aksi yang Akan Membuatmu Dikagumi Banyak Orang!Sumber Gambar : rinaldimunir.wordpress.com

Buat kamu yang tempat tinggal atau kos nya tidak terlalu jauh dari kampus atau kantor tempat kamu bekerja, lebih baik naik sepeda atau berjalan kaki bukan? Selain ikut menjaga bumi, olahraga ringan di pagi hari tentu menyehatkan.

5. Kalau terlalu jauh, naik transportasi publik aja!

Terbongkar! Ternyata Ada 8 Aksi yang Akan Membuatmu Dikagumi Banyak Orang!Sumber Gamba: all-about-buses.blogspot.com

Tapi buat yang tempat tinggalnya jauh, naik transportasi publik, yuk! Jakarta dan kota besar lainnya sudah terlalu sumpek karena dibuat macet oleh mobil pribadi yang makin banyak setiap harinya. Jadi, daripada memaki kemacetan itu tiap hari, lebih baik menjadi salah satu solusinya, kan.

6. Gabung dengan berbagai organisasi lingkungan.

Terbongkar! Ternyata Ada 8 Aksi yang Akan Membuatmu Dikagumi Banyak Orang!Sumber Gambar: bandung.bisnis.com

Ada banyak sekali organisasi lingkungan yang tersebar di Indonesia seperti Greenpeace, HiLo Green Ambassador, hingga WWF. Kita bisa join dengan mereka untuk ningkatin kesadaran kita atas isu lingkungan serta bertemu banyak orang baru yang memiliki concern yang sama atas lingkungan. Bisa juga, lho ketemu jodoh saat kita ada di satu komunitas karena memiliki tujuan dan pandangan yang sama #eh.

7. Gunakan kertas seminimalisir mungkin.

Terbongkar! Ternyata Ada 8 Aksi yang Akan Membuatmu Dikagumi Banyak Orang!Sumber Gambar: hummingbird.com

Kita bisa minimalisir penggunaan kertas dengan mencatat segala keperluan atau tugas di gadget, tablet, atau laptop kita. Maksimalkan juga ya penggunaan kertas di bagian depan dan belakangnya agar tidak ada yang terbuang sia-sia.

8. Setelah membuang sampah pada tempatnya, terus?

Terbongkar! Ternyata Ada 8 Aksi yang Akan Membuatmu Dikagumi Banyak Orang!Sumber Gambar: billishare99.blogspot.com

Salah satu hal yang luput dari kita adalah sustainability atau keberlanjutan. Maksudnya, sebagian besar dari kita tahu bahwa buang sampah memang harus di tempat sampah. Setelah itu, apa yang harus dilakukan pada sampah tersebut kalau sudah menumpuk? Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tentu juga ada batasannya kan. Hal yang harus dipikirkan adalah bagaimana memaksimalkan penggunaan sampah tersebut agar menjadi lebih berguna seperti yang dilakukan oleh negara maju.

Bumi sudah semakin tua, lho. Jadi, ayo mulai cintai bumi dengan beraksi dari diri sendiri karena tulisan ini sama sekali nggak bermanfaat kalau cuma dibaca tapi tidak dilakukan.

Topic:

Berita Terkini Lainnya