Comscore Tracker

5 Fakta Jack O'Lantern, Maskot Perayaan Hallowen yang Legendaris

Si paman labu seram!

Saat perayaan Holloween datang, kita pasti sering menemukan berbagai penampakan labu kuning yang diukir membentuk wajah-wajah seram. Labu-labu kuning itu dinamakan Jack O'Lantern. Ternyata ukiran labu ini memyimpan banyak sekali cerita lho. Kenalan yuk dengan si paman Jack, lewat beberapa fakta berikut ini:

1. Berasal dari cerita rakyat Irlandia

5 Fakta Jack O'Lantern, Maskot Perayaan Hallowen yang LegendarisInstagram/poupeerousse

Dalam cerita rakyat yang beredar di Irlandia, asal usul labu ini berawal dari kisah seorang petani malas bernama Jack. Pada suatu ketika Jack si pemalas ingin menjahili setan dengan sebilah tongkat salib. Setan yang ketakutan ini akhirnya membuat kesepakatan dengan Jack, agar ia tak akan memasukan Jack ke neraka.

Perjanjiannya dengan setan ini, membuat Jack terlena dan banyak melakukan kejahatan. Ia merasa tak apa karena ia dijamin tak akan masuk neraka. Namun seusai dia meninggal, Jack juga tak diterima di surga karena terlalu banyak melakukan kejahatan.

2. Jelmaan arwah penasaran

5 Fakta Jack O'Lantern, Maskot Perayaan Hallowen yang LegendarisInstagram/tamas.tuzeskatai

Dikarenakan arwahnya yang tak diterima dimana-mana, arwah Jack pun menjadi gentayangan. Arwah gentayangan Jack ini sering terlihat menyerupai seorang manusia berkepala labu dengan wajah menyeramkan. Ia akan berkeliling ke segala tempat untuk mencari tempat peristirahatan terakhir.

3. Tradisi memasang labu di depan pintu

5 Fakta Jack O'Lantern, Maskot Perayaan Hallowen yang LegendarisInstagram/theecarolinareaper

Saat Halloween tiba, masyarakat Irlandia akan banyak menggantung labu kuning di depan pintu mereka. Tradisi ini dilakukan untuk menghalau kedatangan arwah Jack O'Lantern agar tak mengganggu rumah mereka di malam Halloween.

Tak lupa, di labu-labu tersebut pun akan diukir berbagai macam wajah seram dengan ekspresi yang menyeringai. Di dalamnya, akan diisi lilin agar terlihat tampak hidup.

Baca Juga: 7 Kostum Halloween Paling Simpel, Bisa Modal Sprei sampai Kaus Polos

4. Kepercayaan agar selalu baik

5 Fakta Jack O'Lantern, Maskot Perayaan Hallowen yang LegendarisInstagram/Ifioridelmare

Cerita dari Jack O Lentern ini merupakan sebuah cerita yang dapat mengajarkan kepada anak-anak untuk selalu berbuat baik. Perbuatan baik tersebut juga tidak boleh dipilih-pilih, harus selalu dilakukan kepada siapa saja bahkan setan sekalipun.Tak perduli sejahat apa dunia kepadamu, menjadi orang baik adalah yang terbaik. 

5. Pergeseran budaya

5 Fakta Jack O'Lantern, Maskot Perayaan Hallowen yang LegendarisInstagram/tinytangerines

Di masyarakat modern saat ini, pemasangan lampu labu kuning ini bukan didasarkan akan ketakutan terhadap arwah dari Jack O'Lentern. Melainkan, hanya sekedar penghias di malam pesta Halloween. Sebelum pesta Halloween dimulai, para anggota keluarga akan mengambil beberapa labu kuning besar untuk dikerok isinya dan dijadikan jus atau bahan panekuk. Sedangkan kulitnya akan diukir, membentuk wajah.

Bentuk wajah pada labu pun kini beragam. Tak selalu seram, labu kuning tersebut juga diukir membentuk wajah-wajah konyol ataupun wajah superhero sesuai keinginan.

Wah seru sekali ya mengetahui beberapa fakta tentang si paman labu ini. Tips untuk kamu yang ingin membuat labu ini sebagai hiasan Halloween, pilihlah labu kuning yang besar dan matang agar mudah untuk diukir dan rasanya pun lebih manis.

Baca Juga: Unik, 5 Kelainan Medis Ini Mirip Karakter Legendaris Halloween

Maya Andita Photo Verified Writer Maya Andita

Trust me! I am not muggle || IG: @anditamaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya