Comscore Tracker

Ternyata, Ini yang Dilakukan Organ Tubuh Kita Saat Tidur!

Tidur yang cukup ya!

Semua orang di dunia ini pasti tidur. Di saat kita sedang tidur, sebenarnya kita tidak tahu sama sekali apa yang dilakukan oleh sel-sel di dalam tubuh. Hmm... rasanya penasaran dan pengen tahu gak sih, sebenarnya organ dalam tubuh kita ini berbuat apa saja ya saat kita tidur? Apakah mereka turut serta merasakan istirahat yang nyaman?

1. Otak memiliki lima tahap tidur.

Ternyata, Ini yang Dilakukan Organ Tubuh Kita Saat Tidur! Sumber Gambar : ddmcdn.com

Ternyata, ada beberapa tahap saat kita tidur. Tahap pertama adalah di saat tubuh kita mulai merilekskan seluruh otot dalam tubuh. Tahap kedua dilanjutkan dengan proses pernapasan lebih rileks dan temperatur tubuh mulai berkurang. Tahap ketiga, di mana tubuh mulai memasuki tidur lelap. Tahap empat, di mana seluruh tubuh kita benar-benar sangat rileks dan beristirahat. Tahap lima, di mana kamu biasanya mengalami mimpi. Setiap tahap ini umumnya memakan waktu 90 menit hingga lengkap sempurna.

2. Mata kita bergerak sangat cepat.

Ternyata, Ini yang Dilakukan Organ Tubuh Kita Saat Tidur! Sumber Gambar : newapproachesme.com

Ini terjadi di tahap lima dalam tidur kita, dan biasanya terjadi 70-90 menit sekali setiap kali kita tidur. Disaat itu, mata akan berbalik-balik ke depan dan ke belakang. Biasanya, pada pergerakan tersebut, kita mengalami mimpi.

3. Hormon pertumbuhan kita bereproduksi.

Ternyata, Ini yang Dilakukan Organ Tubuh Kita Saat Tidur! Sumber Gambar : wikimedia.org

Saat masih remaja dulu, sering gak sih kamu mengalami sakit tulang? Hal itu dikarenakan tubuh kita memproduksi hormon pertumbuhan untuk tulang. Selain itu, hormon tersebut bisa menyembuhkan otot sekaligus memperbaiki tulang.

4. Suhu atau temperatur tubuh kita menjadi rendah.

Ternyata, Ini yang Dilakukan Organ Tubuh Kita Saat Tidur! Sumber Gambar : dailyleak.org

Umumnya, di saat malam hari temperatur dari badan kita berkurang bersamaan dengan adrenalin yang juga berkurang. Turunnya suhu tubuh kita tersebut bisa membantu untuk tidur lebih nyenyak.

5. Sistem kekebalan tubuh kita bereproduksi cepat.

Ternyata, Ini yang Dilakukan Organ Tubuh Kita Saat Tidur! Sumber Gambar :pinterest.com

Sistem kekebalan ini berperang dengan bakteri, sel jahat dan aneka sumber penyakit lainnya di malam hari. Justru, pada saat kita sedang bangun, sel-sel ini beristirahat dan lama dalam memproduksi sistem kekebalan tubuh tersebut.

Baca Juga: Kamu Bisa Mengetahui Karakter Seseorang dari Posisi Tidurnya

6. Sel kulit pun juga turut bereproduksi.

Ternyata, Ini yang Dilakukan Organ Tubuh Kita Saat Tidur! Sumber Gambar : stanford.edu

Kulit pun juga memperbaiki sel-sel kulit yang telah mati dan menggantinya dengan yang baru. Oleh karena itulah kulit kita senantiasa terjaga kelembabannya dan selalu tampak baik.

7. Aliran air liur berkurang, dan ada beberapa orang yang mulutnya menjadi sangat aktif.

Ternyata, Ini yang Dilakukan Organ Tubuh Kita Saat Tidur! Sumber Gambar : cloudfront.net

Inilah sebabnya mengapa mulut kita selalu kering di pagi hari. Namun, bagi beberapa orang, atau 1 dari 20 orang dewasa mengalami pergerakan mulut yang aktif. Jadi, tak heran jika kamu pernah mempunyai teman ataupun keluarga yang terus membunyikan giginya di malam hari saat mereka tidur.

8. Otot tubuh rileks.

Ternyata, Ini yang Dilakukan Organ Tubuh Kita Saat Tidur! Sumber Gambar : omidoo.com

Meskipun posisi berubah saat tidur, namun otot-otot bekerja begitu minim dan tetap beristirahat. Di saat inilah kita bisa memulihkan tenaga dalam tubuh.

9. Kinerja ginjal lebih ringan dan pelan.

Ternyata, Ini yang Dilakukan Organ Tubuh Kita Saat Tidur! Sumber Gambar :medicinenet.com

Ginjal yang sudah bekerja sangat keras seharian untuk menyaring segala macam racun dan zat berbahaya bekerja begitu pelan di saat kamu tidur.

10. Pencernaan pun turut pelan.

Ternyata, Ini yang Dilakukan Organ Tubuh Kita Saat Tidur! Sumber Gambar :digestionresource.com

Ini lho, mengapa kamu tidak boleh makan di malam hari. Selain bisa membuat cepat gendut, kamu juga memperberat kinerja perutmu sendiri dengan makan malam.

Wah, ternyata tubuh kita ini unik sekali, bukan? Siapa sangka, ternyata semakin sering kita bergerak di dalam tidur, tandanya kita sangat lelah. Lalu, kalau kamu sangat cepat tidur, bahkan belum lima menit merebahkan tubuh sudah tidur, artinya kamu mengalami sindrom sleep deprived atau kekurangan tidur yang berlebihan.

Baca Juga: Ini 7 Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Tidur

Topic:

Just For You