Comscore Tracker

7 Tren Fashion Paling Konyol Sepanjang Sejarah, Mau Kece Malah Geje!

Mungkin keren di mata mereka tapi...

Fashion merupakan hal penting dalam keperluan gaya hidup manusia. Karena fashion merupakan penunjang nomor satu untuk membuat dirimu menarik dilihat orang lain di sekitarmu. Karena itu sering muncul gaya berpakaian baru yang kemudian menjadi tren dan ditiru oleh mayarakat dari berbagai kalangan dan usia demi menunjang penampilan dan rasa percaya diri mereka.

Perubahan selera berpakaian sepertinya berubah drastis sepanjang awal abad pertengahan sampai ke abad 21 ini. Sebagian besar tren fashion dari era-era masa lalu terkesan konyol jika kita bandingkan dengan apa yang kita kenakan di masa sekarang.

Berikut ini 7 tren fashion paling konyol yang pernah tercacat dalam sejarah.

1. Macaroni

7 Tren Fashion Paling Konyol Sepanjang Sejarah, Mau Kece Malah Geje!independent.co.uk

Tren fashion yang dinamai berdasarkan nama pasta populer dari Italia ini pernah populer di kalangan bangsawan Inggris pada sekitar tahun 1760an. Tren ini dikenal dengan pemakaian wig besar yang bahkan kadang dua kali ukuran kepala pemakainya.

Belum cukup aneh, kadang para bangsawan senang memadukannya dengan memakai topi kecil atau bulu burung sebagai aksesori tambahan untuk menambah kesan elegan.

Mungkin orang-orang di kala itu memiliki selera fashion yang sangat berbeda dengan saat ini, yang jelas tidak ada yang keren dari wig yang membuatmu nampak seperti alien dengan kepalanya yang oversized.

2. Stiff strached collars

7 Tren Fashion Paling Konyol Sepanjang Sejarah, Mau Kece Malah Geje!id.pinterest.com

Pertama kali dipopulerkan oleh Hannah Montague dan jadi tren di abad 19, kerah yang bisa dicopot dan dipasang sesuka hati ini sebenarnya membahayakan pemakainya. Kerah yang kaku dan tidak bisa ditekuk dipadukan dengan ukurannya yang sangat press ke leher akan mencekik pemakainya secara perlahan.

Pada saat tidur atau makan kerah portable ini akan sangat membahayakan dan bahkan bisa berdampak kematian. Kenapa harus tren fashion yang berbahaya seperti ini diminati banyak orang? 

3. Bliauts

7 Tren Fashion Paling Konyol Sepanjang Sejarah, Mau Kece Malah Geje!adamselindisdress.blog

Bliauts merupakan pakaian yang dikenakan oleh bangsawan-bangsawan abad pertengahan. Bliauts sendiri merupakan pakaian dengan ukuran lengan yang sangat panjang bahkan sampai menyentuh lantai. Membuat siapa pun yang mengenakan pakaian ini tidak bisa melakukan aktivitas yang memerlukan kecekatan tangan.

Usut punya usut, ternyata memang itulah maksud dari pakaian royal ini. Karena dikenakan oleh bangsawan pakaian ini menegaskan bahwa sang pemilik tidak perlu melakukan aktivitas seperti kegiatan rumah tangga dan berkebun karena itu adalah kegiatan commoner.

Baca Juga: Personal Style Diprediksi Akan Jadi Tren Fashion 2020

4. Panniers

7 Tren Fashion Paling Konyol Sepanjang Sejarah, Mau Kece Malah Geje!www.thevintagenews.com

Merupakan gaun yang populer di kalangan wanita bangsawan pada abad 17 sampai abad 18. Bagian pinggang gaun ini dibuat selebar mungkin dengan bantuan besi, kayu dan kawat. Semakin lebar gaun ini semakin tinggi pula status sosial sang pemakai.

Gaun ini sepertinya tidak dirancang untuk kenyamanan pemakai. Siapa pun yang memakai gaun ini pasti akan kesulitan melakukan aktivitas, bahkan untuk duduk sekalipun. Mungkin pria zaman dahulu menilai wanita yang mengenakan gaun ini terlihat anggun dan menawan. Tapi jika kamu pakai gaun ini saat ini, sekarang bukanya dipuja kamu malah akan dicemooh.

5. Foot Binding

7 Tren Fashion Paling Konyol Sepanjang Sejarah, Mau Kece Malah Geje!thedailybeast.com

Tidak hanya konyol tapi tren fashion ini sangat menyiksa. Berasal dari negeri tirai bambu, Tiongkok dan khusus diberlakukan oleh kaum hawa. Sesuai namanya foot bending adalah sebuah tren fashion di mana kaki wanita dibekuk sehingga menyerupai tapak kaki kuda. Biasanya proses foot bending ini sudah dilakukan dari masa anak-anak, walaupun menyakitkan dan sempat dilarang praktik foot bending ini tetap dilakukan hingga abad 20.

Foot bending memberikan makna baru dari pepatah 'mau cantik harus berani sakit'. Membayangkannya saja sudah ngilu banget rasanya kaki.

6. Crakows

7 Tren Fashion Paling Konyol Sepanjang Sejarah, Mau Kece Malah Geje!historyhustle.com

Jika saat masih kecil pernah menonton kartun Peterpan kamu pasti pernah melihat sepatu dengan ujung lancip yang menjulur panjang. Sepatu unik ini sudah ada sejak abad ke 14. Diperkenalkan oleh bangsawan Polandia ke Inggris. Seperti kebanyakan fashion konyol di daftar ini semakin panjang ujung sepatu ini semakin tinggi pula status sosial pemakainya.

Dilihat dari bentuknya saja sepatu ini sudah sangat tidak praktis dikenakan sehari-hari, bayangkan jika saat kamu jalan-jalan menggunakan sepatu ini kamu tidak sengaja menusuk kaki orang atau malah tersandung.

7. Chopines

7 Tren Fashion Paling Konyol Sepanjang Sejarah, Mau Kece Malah Geje!thevintagenews.com

Mungkin dapat disebut nenek moyang sepatu high heels ya, sepatu ini dibuat dari pahatan kayu yang kemudian dilapisi kulit ataupun kain. Sepatu ini dibuat dengan hak yang sangat tinggi yang diposisikan di tengah sepatu. Sepatu ini sulit digunakan berjalan sehingga banyak pemakianya harus digandeng dan dituntun oleh pelayan ataupun pasangan.

Siapa pun yang pertama kali merancang dan membuat sepatu ini pasti awalnya iseng ingin membuat siapapun yang memakainya kehilangan keseimbangan dan jatuh. Memakai sepatu ini kamu bisa bayangkan seperti berdiri di atas egrang.

Kayaknya sepatu ini juga jadi cikal bakal armadillo shoes yang sempat dipopulerkan oleh penyanyi Lady Gaga.

Kalau disuruh pakai setidaknya satu dari tujuh fashion aneh di atas, apakah kamu mau? Untuk tampil keren kayaknya gak perlu menyiksa bukan?

Baca Juga: 7 Tren Fashion 90an yang Kembali Hits Sekarang Ini

Mito Rudito Photo Verified Writer Mito Rudito

Menulis tentang hobi sambil meminum secangkir kopi perlahan menjadi rutinitas yang menyenangkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya