Comscore Tracker

5 Hari Raya Paling Unik di Dunia, Ada yang Bikin Emosi

Gak pernah ada di Indonesia

Hari raya merupakan momen yang sering kita tunggu-tunggu. Karena segala aktivitas biasanya diliburkan pada hari tersebut.

Hari raya diperingati karena alasan tertentu dan biasanya sesuatu yang bermakna. Tapi, di dunia ini ada beragam hari raya yang terdengar aneh untuk kita dan sudah ada secara turun temurun. Mau tahu selengkapanya?

1. Hari Pembuahan Nasional, Rusia

5 Hari Raya Paling Unik di Dunia, Ada yang Bikin EmosiKekasih(pexels.com/Uriel Mont)

Negara dengan wilayah terluas di dunia ini ternyata jumlah penduduknya sedikit. Berbeda dengan Indonesia yang jumlah penduduknya ratusan juta.

Karena alasan inilah Rusia berusaha untuk menambah jumlah penduduknya. Caranya adalah dengan membuat hari raya khusus yaitu tanggal 12 September. Semua warganya diliburkan pada hari tersebut agar bisa bercinta.

2. Festival Jamuan Monyet, Thailand

5 Hari Raya Paling Unik di Dunia, Ada yang Bikin EmosiFestival jamuan monyet, Thailand(pexels.com/Mehmet Turgut Kirkgoz)

Kalau di Indonesia jamuan makanan biasanya dilakukan pada hari raya Idulfitri. Ini dilakukan untuk menghormati para tamu yang hadir untuk bermaaf-maafan.

Berbeda dengan yang ada di Thailand. Setelah pesta panen, penduduk Thailand biasanya mengadakan jamuan makan besar-besaran untuk monyet. Mulai dari buah-buahan sampai sayuran. Ini dilakukan karena mayoritas penduduk yang beragama Hindu mempercayai bahwa monyet adalah titisan dari dewa Hanuman.

Baca Juga: 12 Hari Perayaan Unik Sedunia yang Hanya Ada di Bulan Juni

3. Hari Memukul Tetangga

5 Hari Raya Paling Unik di Dunia, Ada yang Bikin EmosiMemukul9unsplash.com/Andrew Le)

Dalam kehidupan bermasyarakat kita harus saling menghormati. Agar tercipta lingkungan yang harmonis.

Lain halnya dengan negara yang satu ini. Di Bolivia ada satu hari raya unik yang terkesan ekstrem, yaitu hari memukul tetangga. Sebelum acara dimulai, penduduk Bolivia akan minum alkohol terlebih dulu. Acara ini dilakukan di tengah kota.

4. Hari Tetangga yang Baik

5 Hari Raya Paling Unik di Dunia, Ada yang Bikin EmosiTetangga yang baik(pexels.com/William Fortunato)

Berbeda dari sebelumnya, kali ini ada perayaan yang lebih humanis, hari tetangga yang baik namanya. Ini terjadi di Amerika Serikat setiap tanggal 28 September.

Pada hari itu, masyarakat akan ramai-ramai bertegur sapa dengan tetangganya. Karena warga yang terbiasa bekerja jarang untuk bersosial dengan lingkungan.

5. Perang Tomat

5 Hari Raya Paling Unik di Dunia, Ada yang Bikin EmosiFestival perang tomat di Spanyol(commons.wikipedia.org/Djuli Pamungkas)

Kalau kamu berwisata ke Spanyol, kamu akan menyaksikan hal yang terkesan aneh, yaitu festival perang tomat. Perayaan ini dilakukan pada bulan Agustus.

Bagi kita, akan terkesan mubazir. Tapi itu sudah dilakukan turun temurun dan menjadi ciri khas negara tersebut.

Dari hari raya di atas mana yang paling unik menurut kamu? Keunikan hari raya tersebut telah menjadi bagian dari tradisi yang memang sudah ada sejak dulu.

Baca Juga: Mengenal Upacara Adat Garebeg, Perayaan Keagamaan Islam di Yogyakarta

Muhamad Supendi Photo Writer Muhamad Supendi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya