Comscore Tracker

5 Istilah Khas Boyolali dan Sekitarnya yang Perlu Kamu Tahu

Gak perlu malu pakai bahasa Boyolali !

Boyolali merupakan kota di Jawa Tengah yang masih kental dengan nuansa bahasa daerahnya. Masyarakat Boyolali biasa menggunakan bahasa jawa dalam berkomunikasi setiap harinya. Namun, ada beberapa istilah khusus yang belum pernah kita dengar. Dimana istilah tersebut bisa dikatakan khas atau asli dari Boyolali dan kota sekitarnya seperti Klaten. Uniknya bahasa ini hanya bisa dipahami oleh penduduk setempat.

Penasaran kan? Inilah beberapa istilah yang menjadi identitas khas gaya bicara orang Boyolali:

1. Oglangan

5 Istilah Khas Boyolali dan Sekitarnya yang Perlu Kamu Tahuriaurealita.com

Mendengar kata oglangan mesti kita bingung untuk menentukan arti kata tersebut. Mungkin yang terbayang dalam pikiran kita oglangan adalah istilah jalan yang berlubang. Namun itu salah. Di Boyolali oglangan merupakan istilah yang merujuk pada suatu keadaan dimana dalam satu wilayah terjadi mati lampu atau mati listrik. Sedangkan istilah mati listrik karena konslet atau mati listrik hanya satu rumah biasa disebut njeglek atau anjlok.

2. Horo to gage

5 Istilah Khas Boyolali dan Sekitarnya yang Perlu Kamu Tahuthewondrous.com

Dilihat dari kata katanya sepertinya kata ini merupakan bahasa keren. Namun ternyata istilah horo to gage memiliki makna terkejut atau heran. Terkadang ada juga masyarakat Boyolali yang menyebutnya dengan istilah horog. Istilah tersebut sudah menjadi logat atau kebiasaan yang menunjukkan ciri khas masyarakat Boyolali dan sekitarnya.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 7 Perilaku Psikologi Ini Memiliki Istilah yang Unik

3. Tus

5 Istilah Khas Boyolali dan Sekitarnya yang Perlu Kamu Tahuextranewsfeed.com

Cuma satu kata dan membuat banyak orang heran. Sebenarnya istilah Tus merupakan logat yang biasa terucap oleh masyarakat Boyolali untuk menantang seseorang berkelahi. Misal ada yang mau menantang seseorang berkelahi biasanya dia bilang "Tus, wani piye!"

Kalau lawan menjawab "Tus". Maka mereka jadi berkelahi. Memang aneh ya? Tapi sepertinya istilah ini sudah jarang digunakan. Namun, masih ada beberapa anak yang sering menggunakan istilah tersebut jika mau menantang temannya

4. Merkengkong

5 Istilah Khas Boyolali dan Sekitarnya yang Perlu Kamu Tahurogerebert.com

Menurut istilah Boyolali Merkengkong diartikan tanggung atau nanggung. Misal ada orang yang mengerjakan tugas. Jika tugasnya tinggal satu soal tapi ia sudah lelah maka pekerjaannya tersebut disebut pekerjaan merkengkong. Lebih mudahnya bisa dikatakan sebagai sesuatu yang dikerjakan setengah-setengah atau tidak tuntas.

5. Gambar Corek

5 Istilah Khas Boyolali dan Sekitarnya yang Perlu Kamu Tahuyoutube.com/Happy Drawings

Di Boyolali ternyata masyarakatnya menyebut film kartun dengan sebutan Gambar Corek. Istilah ini biasa dipakai orang tua yang menasihati anaknya agar tidak terus terusan menonton TV. Jadi setiap menyebut film kartun orang tua di Boyolali biasa menyebutnya dengan istilah gambar corek.

Gimana, asik kan belajar bahasa Boyolali? Kelima istilah di atas tak hanya digunakan di Boyolali saja, tapi juga di daerah-daerah sekitarnya. Jadi kalau kamu berkunjung ke Boyolali dan sekitarnya, jangan kaget jika mereka menggunakan istilah yang sama dalam berbahasa.

Baca Juga: Takut Berhubungan Serius Ternyata Ada Istilahnya, Yaitu Gamophobia

Muhammad Ainul Afif Photo Community Writer Muhammad Ainul Afif

Lahir di Pati, 30 Desember 1999 Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You